Cara Berkendara di Tanjakan dan Turunan Pakai Mobil Manual
Berkendara di jalan yang berliku dengan tanjakan dan turunan seringkali menjadi tantangan tersendiri, terutama jika Anda mengemudikan mobil manual.
Keterampilan mengendalikan kopling, rem, dan transmisi sangat penting dalam menjaga kendaraan tetap aman dan kendali tetap terjaga.
Yuk, simak tips berkendara di tanjakan dan turunan menggunakan mobil manual melalui artikel berikut!
Baca juga:Wajib Tahu! Inilah Arti dan Fungsi Marka Jalan di Tol
Tips Gak Mundur Saat di Tanjakan Pakai Mobil Manual
Nah, biasanya tanjakan menjadi tantangan tersendiri bagi mobil manual karena harus gonta ganti gigi dan biasanya menyebabkan mobil mundur. Sebenarnya Sahabat Daihatsu bisa tidak mundur di tanjakan meskipun pakai mobil manual, lho! Yuk, simak tips berikut!
Jangan khawatir
Menjadi pengemudi yang matang membutuhkan ketenangan saat menghadapi situasi tak terduga di jalan, seperti saat mendapat sorotan dari kendaraan lain atau saat berada di tanjakan yang curam.
Langkah pertama yang sebaiknya diambil adalah menjaga ketenangan agar Anda tidak panik.
Dengan demikian, Anda dapat merencanakan langkah-langkah yang tepat untuk menghentikan kendaraan tanpa membahayakan kendaraan di belakang Anda.
Baca juga: Hati-Hati Microsleep Dapat Sebabkan Kecelakaan, Cegah Lebih Awal!
Tarik tuas rem tangan
Selanjutnya, segera tarik tuas rem tangan untuk menghentikan kendaraan secara cepat.
Menggunakan rem kaki dan kopling dapat mengakibatkan pegal pada kaki Anda. Teknik ini juga bermanfaat ketika menghadapi kemacetan panjang di jalanan yang naik. Menggunakan rem tangan akan lebih efektif daripada rem kaki.
Persiapkan untuk bergerak maju
Langkah berikutnya adalah memasukkan kendaraan ke dalam gigi 1, kemudian dengan hati-hati lepaskan pedal kopling sambil menambahkan sedikit gas agar kendaraan mulai bergerak perlahan. Perlu diingat bahwa kendaraan mungkin terasa agak berat karena rem tangan masih aktif.
Lanjutkan Perjalanan Maju
Selanjutnya, injak pedal gas dan lepaskan rem tangan secara perlahan. Jika tanjakan tidak terlalu curam, Anda dapat menggunakan gigi yang lebih tinggi, tetapi jika tanjakan curam, sebaiknya gunakan gigi yang lebih rendah.
Cara Berhenti di Tanjakan Pakai Mobil manual
Tidak jarang macet juga terjadi di tanjakan, bukan? Saat terjadi macet seperti ini di tanjakan, pastikan Sahabat Daihatsu mengetahui tips berikut!
Gunakan Metode "separuh kopling"
Dalam mengendarai mobil manual di tanjakan, Anda dapat menggunakan metode yang disebut "separuh kopling."
Ini melibatkan menginjak pedal kopling setengah jalan dengan kaki kiri dan menginjak pedal gas dengan kaki kanan. Hal ini akan membuat mobil berhenti dalam posisi standby.
Namun, disarankan untuk tidak menghabiskan terlalu banyak waktu dalam posisi ini, karena hal ini dapat mengakibatkan pemborosan bahan bakar dan pengecapan cepat pada kampas kopling.
Manfaatkan rem kaki saat berhenti sesaat
Menekan pedal kopling untuk waktu yang lama dapat mengakibatkan keausan pada kopling. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan rem kaki dengan cepat saat berhenti sebentar, sambil menggabungkannya dengan permainan pedal gas dan kopling.
Ketika Anda bergerak perlahan dalam lalu lintas padat tanpa berhenti total, Anda perlu mahir dalam mengatur bukaan dan penutupan gas agar tidak menghalangi kendaraan di belakang Anda.
Baca juga: Hati-Hati di Jalan, Simak 6 Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas
Pertahankan jarak aman dengan kendaraan lain
Untuk meningkatkan keamanan, bijaklah dalam menjaga jarak aman antara kendaraan Anda dengan kendaraan di depan dan di belakang Anda. Ini akan berguna jika kendaraan yang Anda kendarai atau kendaraan di sekitar Anda tiba-tiba bergerak mundur secara mendadak.
Dengan menjaga jarak yang cukup, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk merespons situasi yang tak terduga.
Strategi penggunaan rem tangan
Pengendalian mobil manual di tanjakan juga memerlukan penguasaan strategi penggunaan rem tangan. Ini melibatkan posisi kaki kiri Anda pada pedal kopling yang diinjak sepenuhnya, dengan kaki kanan Anda tetap siap di pedal gas, sementara tangan kiri Anda siap untuk menarik tuas rem tangan.
Tips Nyetir di Turunan
Selain menguasai kemampuan mengemudi mobil manual di tanjakan, penting juga untuk memiliki keterampilan dalam mengemudi di jalan menurun.
Ketika kita pergi ke tempat yang terletak di daerah berbukit, kita akan melewati jalan menanjak, dan perjalanan pulang biasanya melibatkan jalur menurun.
Meskipun mengemudi di jalur menurun tidak seberat mengemudi di jalur menanjak, tetapi tetap harus berhati-hati agar kendaraan tidak melaju terlalu cepat.
Gunakan gigi rendah
Saat melewati jalan menurun, disarankan untuk menggunakan gigi rendah, seperti gigi 3 untuk turunan yang landai, dan gigi 2 untuk turunan yang curam.
Hal ini bertujuan untuk mengontrol kecepatan kendaraan dengan menggunakan engine brake, sehingga putaran mesin tidak terlalu tinggi. Penting untuk menghindari penggunaan gigi tinggi seperti gigi empat atau lima agar kendaraan tidak melaju terlalu kencang.
Penggunaan rem kendaraan
Strategi menggunakan rem kendaraan adalah untuk mencegah kendaraan dari overheating dan mengalami kehilangan efisiensi pengereman.
Kondisi ini dapat mengakibatkan kecelakaan saat berkendara di jalur menurun, yang juga dapat membahayakan pengendara lain di sekitar Anda.
Namun, jika Sahabat Daihatsu menggunakan mobil Daihatsu Rocky terbaru yang sudah dilengkapi rem ABS dan EBD, penggunaan transmisi manual di jalanan tanjakan dan turunan akan jauh lebih aman, lho, Sahabat Daihatsu!
Itulah informasi seputar tips berkendara pada tanjakan dan turunan untuk Anda ketahui. Tetap berkendara dengan aman dan nyaman, yaa, Sahabat Daihatsu!
Baca juga: Mau Test Drive? Astra Daihatsu Sediakan Booking Test Drive Lewat Website Resmi
Pastikan Anda mendapatkan tawaran berbagai promo menarik untuk berbagai layanan di aplikasi DaihatsuKu untuk promo-promo berbagai seperti diskon suku cadang, layanan perawatan berkala dengan harga khusus, paket perawatan lengkap, atau penawaran khusus untuk layanan perbaikan. Silakan kunjungi kami melalui website Astra Daihatsu untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar kesehatan mesin mobil dan aturan lalu lintas terkini.