Cara Menyetel Klep Mobil yang Benar, Mudah!
Penyetelan klep pada mobil adalah salah satu tugas perawatan yang penting untuk menjaga kinerja mesin kendaraan Anda tetap optimal.
Klep yang disetel dengan benar memainkan peran kunci dalam mengatur aliran udara dan bahan bakar ke dalam ruang bakar serta mengatur pengeluaran gas buang.
Seiring berjalannya waktu dan pemakaian, klep dapat mengalami penyesuaian dan memerlukan penyetelan ulang.
Yuk, simak bagaimana cara menyetel klep mobil yang benar melalui artikel berikut!
Baca juga: Catat, Ini Dia Rute Terbaik Road Trip Jawa Barat dengan Mobil Daihatsu
Mengenal Klep Mobil
Klep mobil, juga dikenal sebagai katup klep atau valve, adalah komponen penting dalam mesin kendaraan bermotor, termasuk mobil.
Katup klep adalah bagian mekanis yang membuka dan menutup untuk mengatur aliran campuran udara dan bahan bakar ke dalam ruang bakar mesin serta mengatur pengeluaran gas buang.
Ini memainkan peran penting dalam siklus kerja mesin dan membantu mengontrol kompresi, pembakaran, dan pengeluaran gas buang.
Klep mobil biasanya terbuat dari logam tahan panas dan ditempatkan dalam kepala silinder mesin.
Mereka diatur untuk membuka dan menutup pada waktu yang tepat, yang diatur oleh mekanisme yang kompleks dan berbagai komponen lain dalam mesin, seperti camshaft (poros engkol) dan rocker arm.
Pengaturan yang benar dari katup klep sangat penting untuk kinerja mesin yang optimal dan emisi gas buang yang rendah.
Baca juga: Intip Hidden Gem di Rest Area Paiton untuk Road Trip
Mengapa Perlu Menyetel Klep Mobil?
Penyetelan klep mobil perlu dilakukan karena beberapa alasan penting. Klep yang disetel dengan benar memastikan aliran campuran udara dan bahan bakar ke ruang bakar serta pengeluaran gas buang berjalan dengan optimal.
Ini berkontribusi pada kinerja mesin yang baik, termasuk tenaga yang lebih efisien dan emisi gas buang yang rendah.
Selain itu, klep yang tepat setel membantu memastikan pembakaran yang efisien, yang pada gilirannya dapat menghemat bahan bakar.
Ketika klep terlalu longgar atau terlalu kencang, pembakaran tidak optimal, yang berarti lebih banyak bahan bakar yang terbuang.
Cara Menyetel Klep Mobil
Saat melakukan penyetelan klep pada mobil, perhatikan langkah-langkah berikut dengan cermat:
Hidupkan mesin mobil dan panaskan.
Langkah pertama dalam penyetelan klep yang benar adalah menjalankan mesin mobil.
Biarkan mesin menghangat selama sekitar 10 menit, lalu matikan. Tujuannya adalah untuk menyesuaikan mesin dengan spesifikasi klep standar pabrikan.
Lepaskan tutup kepala silinder
Langkah kedua adalah melepaskan tutup kepala silinder setelah mesin dipanaskan dan dimatikan. Gunakan kunci pas atau ring untuk melepaskannya dengan hati-hati agar tidak mengganggu komponen lainnya.
Putar poros engkol
Langkah selanjutnya adalah memutar poros engkol untuk mengatur posisinya pada nol tanpa puli kruk as.
Panduan pada tutup rantai atau penutup timing mesin akan membantu Anda mencapai posisi nol.
Baca juga: Ada 5 Jenis Mesin Mobil di Indonesia, Yuk Kita Bahas!
Tentukan posisi TMA (Titik Mati Atas)
Untuk menentukan posisi ini, ada dua cara yang dapat digunakan.
Dengan memperhatikan pergerakan katup. Amati pergerakan katup masuk (intake valve) dan katup buang (exhaust valve) pada silinder 1 atau silinder 4. Jika keduanya bergerak bersamaan, berarti katup tidak dapat diatur.
Ini terjadi saat mesin berada di akhir langkah pembuangan dan awal langkah pengisapan. Jika keduanya bergerak di silinder 4, maka mesin berada pada posisi TMA silinder 1.
Periksa push rod
Periksa tekanan pada bagian push rod, yang tergantung pada kondisi katup. Jika pergerakan push rod terjadi di silinder 1, maka silinder tersebut juga berada pada TMA.
Kencangkan baut kepala silinder yang sebelumnya dibuka. Ketika akan mengencangkan baut, perhatikan momen tertentu:
Baut rocker arm harus dikencangkan dengan momen 1,8 kg-m hingga 2,4 kg-m. Baut kepala silinder harus dikencangkan dengan momen 5,4 kg-m hingga 6,6 kg-m.
Baca juga: Ini 13 Lokasi yang Kena Ganjil Genap Jakarta Pusat
Kencangkan rocker arm
Setel celah katup dengan menggunakan feeler gauge. Untuk katup masuk (IN), setel celah sebesar 0,2 mm, sedangkan untuk katup buang (EX), setel celah sebesar 0,3 mm untuk silinder 1, 2, 3, dan 5.
Putar puli poros engkol
Putar puli poror searah jarum jam selama 360 derajat. Ini dilakukan untuk mencapai posisi TMA silinder 4. Setelah itu, setel kembali celah katup dengan metode yang sama.
Rakit Kembali
Rakit kembali komponen yang sebelumnya dibongkar ke posisi semula. Kemudian, analisis hasil penyetelan dengan menjalankan mesin dan memeriksa suara saat menarik tuas gas dalam posisi netral. Jika penyetelan berhasil, tidak akan ada suara aneh yang muncul dari mesin.
Itulah informasi seputar cara menyetel klep mobil dengan benar untuk Sahabat Daihatsu ketahui.
Baca juga: Mau Test Drive? Astra Daihatsu Sediakan Booking Test Drive Lewat Website Resmi
Pastikan Anda melakukan perawatan yang benar untuk mobil Anda dengan melakukan servis berkala di bengkel resmi, pakai aplikasi DaihatsuKu untuk booking servis tanpa antri cukup dari smartphone saja. Ayo, kunjungi kami melalui website Astra Daihatsu untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar simulasi kredit, kesehatan mesin mobil dan aturan lalu lintas terkini.