Mencegah Overheat Pada Mesin, Kenali Fungsi Thermostat Mobil
Ketika berbicara tentang mesin kendaraan, ada berbagai komponen yang bekerja bersama untuk menciptakan performa optimal. Salah satu komponen yang seringkali terlupakan namun memiliki peran vital adalah thermostat.
Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang fungsi, dan cara kerja thermostat dalam kendaraan, serta mengapa pemahaman tentang komponen ini penting bagi pengemudi.
Simak disini ya!
Apa Itu Thermostat Mobil
Thermostat sendiri merupakan salah satu komponen di dalam sistem pendingin mobil yang berfungsi untuk mengatur sirkulasi cairan pendingin yang berasal dari radiator sehingga mencegah mesin overheat.
Fungsi Thermostat Mobil
Thermostat merupakan salah satu komponen krusial dalam sistem pendinginan mobil, yang tugas utamanya adalah mengendalikan sirkulasi pendinginan mesin dari radiator untuk mencegah terjadinya pemanasan berlebih pada mesin. Sementara itu, sistem pendinginan mesin berfungsi untuk menjaga agar suhu dalam mesin tetap berada dalam kisaran yang optimal. Thermostat ditempatkan di dalam saluran air yang menghubungkan mesin dan radiator.
Suhu yang dianggap optimal bagi mesin berkisar antara 80 hingga 92 derajat Celcius. Pada suhu ini, proses pembakaran dalam mesin akan mencapai efisiensi maksimal. Ini berarti kinerja mesin akan berada pada tingkat terbaiknya, dan penggunaan bahan bakar akan menjadi lebih efisien.
Komponen Penting Pada Thermostat Mobil
Sistem pendinginan dalam mesin mobil memiliki beberapa komponen penting yang bekerja bersama untuk menjaga suhu mesin tetap optimal. Salah satu komponen yang memegang peran sentral dalam sistem ini adalah thermostat. Berikut komponen penting pada thermostat mobil:
Valve (Klep) Bimetal
Valve bimetal adalah bagian terpenting dalam thermostat. Ini adalah sebuah katup yang terbuat dari dua logam dengan koefisien ekspansi termal yang berbeda. Ketika mesin dingin, logam-logam ini membantu valve tetap tertutup, mengarahkan cairan pendingin melalui jalur internal. Seiring suhu mesin naik, logam-logam tersebut berekspansi pada tingkat yang berbeda, membuka valve dan memungkinkan cairan pendingin mengalir ke radiator untuk pendinginan.
Spring (Pegas) Thermostat
Pegas pada thermostat bertindak sebagai pengatur tekanan. Pegas ini menahan valve bimetal agar tetap tertutup saat suhu mesin rendah. Namun, saat mesin mulai memanas, pegas ini memberikan tekanan yang cukup agar valve bimetal dapat membuka dengan lancar dan mengizinkan aliran cairan pendingin.
Pelat Aturan (Wafer) Pelengkap
Pelat aturan, juga dikenal sebagai wafer, berfungsi sebagai pemicu tambahan untuk membuka valve bimetal. Ketika mesin mencapai suhu yang lebih tinggi, pelat aturan ini mendorong valve bimetal agar membuka lebih cepat, mempercepat aliran cairan pendingin ke radiator.
Housing (Rumah) Thermostat
Housing thermostat merupakan bagian luar yang menampung komponen-komponen internal. Ini juga berfungsi sebagai hubungan antara thermostat dengan sistem pendinginan mesin dan radiator.
Cara Kerja Thermostat Mobil
Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, peran utama thermostat adalah menjaga suhu mesin tetap pada tingkat yang optimal. Bagaimana thermostat beroperasi akan mengikuti kinerja komponen-komponen lain dalam sistem pendingin mesin.
Langkah pertama, water pump akan memindahkan air ke dalam mesin melalui saluran water jacket. Dalam tahap ini, air mengalir melalui sekitar mesin untuk menyerap suhu panas yang terkandung di dalamnya. Setelah itu, air mengalir keluar melalui selang dan selanjutnya memasuki bagian atas radiator.
Proses ini menyebabkan suhu mesin mengalami penurunan, karena panas yang terbawa oleh air pendingin tersebut. Suhu panas yang dimasukkan ke dalam radiator akan dilepaskan melalui kisi-kisi radiator untuk kemudian dikurangi oleh kipas yang terletak di belakang radiator.
Air yang telah mengalami penurunan suhu setelah melalui kisi-kisi radiator akan mengalir keluar melalui selang yang terletak di bagian bawah radiator. Kemudian, air ini akan dipompa kembali ke dalam mesin untuk menjalani proses penurunan suhu mesin sekali lagi. Proses ini akan terjadi berulang-ulang selama mesin beroperasi, terutama saat mencapai suhu tertinggi.
Namun, ketika mesin dalam kondisi dingin, sirkulasi air ini akan dihentikan oleh thermostat agar air tidak melewati radiator, sehingga mesin dapat mencapai suhu optimal. Pada suhu sekitar 850-900 derajat Celcius, termostat akan membuka jalur untuk air pendingin, memungkinkan proses pendinginan melalui radiator.
Secara sederhana, thermostat berfungsi sebagai pengatur dalam sistem pendinginan kendaraan. Thermostat akan bekerja saat diperlukan, mengontrol proses pendinginan mesin.
Baca juga: Mau Test Drive? Astra Daihatsu Sediakan Booking Test Drive Lewat Website Resmi
Pastikan Anda mendapatkan tawaran berbagai promo menarik untuk berbagai layanan di aplikasi DaihatsuKu untuk promo-promo berbagai seperti diskon suku cadang, layanan perawatan berkala dengan harga khusus, paket perawatan lengkap, atau penawaran khusus untuk layanan perbaikan. Silakan kunjungi kami melalui website Astra Daihatsu untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar kesehatan mesin mobil dan aturan lalu lintas terkini.