Pahami Proses Klaim Asuransi Mobil Berikut Agar Disetujui
Mengalami kecelakaan atau kerusakan pada mobil adalah situasi yang tidak diinginkan. Untungnya, asuransi mobil dapat memberikan perlindungan finansial dalam hal tersebut. Namun, mengajukan klaim asuransi mobil tidak selalu mudah, dan pemahaman yang baik tentang proses klaim sangat penting.
Asuransi mobil adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan finansial terhadap risiko yang terkait dengan kepemilikan dan penggunaan mobil. Dalam polis asuransi mobil, pemilik mobil membayar premi kepada perusahaan asuransi untuk mendapatkan jaminan perlindungan terhadap kerugian atau kerusakan yang mungkin terjadi pada mobil mereka.
Asuransi mobil umumnya mencakup perlindungan terhadap kecelakaan, pencurian, kerusakan akibat bencana alam, dan tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga. Dalam artikel ini, Sahabat Daihatsu akan mendapatkan panduan penting tentang klaim asuransi mobil.
Baca juga: Mobil Cepat Panas? Cek Masalahnya disini
Apa Itu Klaim Asuransi Mobil
Website investopedia mendefinisikan klaim asuransi sebagai permintaan secara formal oleh Pemegang Polis/Tertanggung kepada perusahaan asuransi (Penanggung) untuk memperoleh pertanggungan atau penggantian biaya atas terjadinya risiko yang ditanggung sesuai aturan di dalam polis.
Perusahaan asuransi akan memvalidasi klaim tersebut sehingga menerima atau menolaknya. Jika klaim diterima, perusahaan asuransi akan mengganti kerugian yang Anda alami. Kerugian yang dimaksud dapat berupa kecelakaan maupun kehilangan mobil.
Baca juga: Mari Kita Mengenal New Ayla Beserta Fitur-Fiturnya!
Proses Klaim Asuransi Mobil
Secara umum proses klaim asuransi mobil dapat dilakukan melalui tahapan berikut:
- Melapor kepada perusahaan asuransi
Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan laporan kepada perusahaan asuransi dengan segera tanpa ditunda. Jangan lupa untuk mendokumentasikan bagian-bagian mobil yang rusak. Pengajuan klaim asuransi juga bisa dilakukan secara digital sesuai prosedur asuransi masing-masing.
- Pengecekkan laporan klaim oleh perusahaan asuransi
Setelah perusahaan asuransi menerima laporan Anda, perusahaan akan melakukan validasi terhadap laporan tersebut. Anda akan dihubungi oleh pihak asuransi jika terdapat dokumen yang belum lengkap.
- Penentuan klaim diterima atau ditolak
Perusahaan asuransi berhak menentukan apakah laporan Anda ditolak atau diterima untuk diganti dengan asuransi. Seluruh keputusan didasari oleh proses pengecekan dan validasi yang telah dilakukan sebelumnya.
- Pembayaran kerugian
Jika klaim Anda diterima, maka perusahaan akan mengganti kerugian Anda dalam rentang waktu yang telah ditentukan langsung ke rekening pemegang polis.
Baca juga: Bukan Cuman Gaya, Ini 3 Manfaat Punya Sunroof Mobil
Tidak lupa terdapat beberapa dokumen klaim asuransi yang harus diberikan kepada perusahaan asuransi yaitu:
- Polis asuransi mobil yang masih aktif
- Formulir klaim lengkap dengan tanda tangan
- Fotokopi KTP, SIM, dan STNK
- Bukti laporan kepolisian jika terjadi kecelakaan
- Dokumentasi kondisi kendaraan pasca kejadian dan ketika kejadian jika memungkinkan
- Kronologi tertulis terjadinya kecelakaan
Alasan Klaim Asuransi Ditolak
Pada beberapa situasi, klaim asuransi Anda bisa saja ditolak oleh perusahaan asuransi. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan Anda mengetahui faktor klaim asuransi mobil ditolak oleh perusahaan asuransi. Berikut adalah alasan klaim asuransi Anda bisa ditolak oleh perusahaan:
- Klaim tidak sesuai dengan polis
Pemegang polis asuransi harus waspada terhadap berbagai ketentuan asuransi seperti jatuh tempo pembayaran premi. Jika saat Anda klaim asuransi namun belum membayar premi, maka hal itu sangat memungkinkan klaim Anda untuk ditolak.
- Mobil digunakan untuk perbuatan yang termasuk pengecualian
Terdapat beberapa kondisi pengecualian pertanggungjawaban asuransi mobil seperti jika mobil digunakan untuk belajar mengemudi, mobil diikutsertakan dalam perlombaan atau karnaval, serta mobil digunakan untuk tindak kejahatan keluarga atau kerabat pemegang polis.
Baca juga: BPKB HILANG? BEGINI CARA DAN LANGKAH UNTUK MENGURUSNYA
- Pengemudi tidak memiliki sim
Jika pengemudi tidak memiliki sim dan menyebabkan kerusakan pada mobil, maka klaim asuransi sangat mungkin untuk ditolak.
- Dokumen tidak lengkap
Pengiriman dokumen yang tidak lengkap pada saat pengajuan klaim asuransi dapat membuat perusahaan asuransi tidak bisa melanjutkan proses klaim Anda. Oleh karena itu pastikan dengan benar Anda mengirimkan dokumen sesuai permintaan perusahaan asuransi.
Itulah informasi seputar kebijakan klaim asuransi mobil. Perlu diingat kebijakan setiap perusahaan asuransi bisa saja berbeda, untuk itu pastikan Anda membaca seksama peraturan perusahaan asuransi Anda. Apabila sudah paham, sudah saatnya anda memiliki mobil Daihatsu yang sesuai dengan kebutuhan anda, seperti: Daihatsu Granmax, Daihatsu Luxio, dan Daihatsu Xenia.
Baca juga: Cara Perpanjangan STNK Secara Online, Lebih Mudah dan Cepat
Pastikan Anda melakukan perawatan yang benar untuk mobil Anda dengan melakukan servis berkala di bengkel resmi, pakai aplikasi DaihatsuKu untuk booking servis tanpa antri cukup dari smartphone saja. Silakan kunjungi kami melalui website Astra Daihatsu untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar kesehatan mesin mobil dan aturan lalu lintas terkini.