Mengenal Komponen Chassis Mobil: Tulang Punggung Kerangka Mobil
Dalam dunia otomotif, ada banyak hal yang membuat sebuah mobil berjalan dengan baik dan aman di jalan. Salah satu elemen penting yang sering terlupakan oleh pengemudi adalah chasis mobil. Chasis, yang bisa dianggap sebagai tulang punggung sebuah kendaraan, merupakan fondasi yang kuat dan vital bagi setiap mobil modern.
Dalam artikel ini, Sahabat Daihatsu alan mengetahui lebih dalam informasi seputar chassis mobil, jenis sistem chasis, serta komponennya dalam menyediakan kenyamanan dan keselamatan dalam mobilitas sehari-hari.
BACA JUGA: Ini Fungsi Lampu Hazard dan Penggunaannya di Kondisi yang Seharusnya
Mengenal Chasis Mobil
Chasis mobil adalah kerangka atau struktur dasar yang membentuk bagian terpenting dari mobil. Ini adalah kerangka yang mendukung dan mengintegrasikan semua komponen mobil seperti mesin, transmisi, suspensi, sistem pengereman, bodi, dan bagian lainnya.
Chasis berfungsi sebagai kerangka yang kuat untuk mendistribusikan beban dan gaya dari berbagai komponen mobil ke seluruh struktur.
Chasis mobil biasanya terbuat dari baja yang kuat dan tahan lama, meskipun beberapa mobil mungkin menggunakan bahan lain seperti aluminium atau serat karbon untuk mengurangi berat.
Desain chassis dapat bervariasi tergantung pada jenis mobil, seperti sedan, SUV, truk, atau mobil balap.
Fungsi utama chasis adalah untuk menjaga bentuk mobil agar tidak mengalami perubahan saat digunakan.
Chasis yang kuat akan meningkatkan sistem keamanan, dan menjaga kondisi mobil saat digunakan.
BACA JUGA: Cara Merawat Dashboard Mobil agar Tidak Kusam
Jenis-Jenis Sistem Chasis Mobil
Berikut berbagai macam jenis sistem chasis mobil, antara lain:
1. Ladder Frame
Fungsi utama dari ladder frame dalam chassis mobil adalah memberikan kekuatan dan kekakuan struktural yang diperlukan untuk menopang beban berat dan menghadapi kondisi jalan yang tidak rata. Beberapa fungsi penting dari ladder frame adalah:
- Kekuatan struktural: Ladder frame memberikan kekuatan ekstra yang dibutuhkan untuk menahan beban yang ditanggung oleh kendaraan berat, seperti muatan yang diangkut oleh truk.
- Kemampuan off-road: Desain ladder frame sangat populer dalam kendaraan off-road karena kemampuannya untuk menahan kejutan, goncangan, dan beban tambahan saat melewati medan yang kasar dan tidak rata.
Modularitas dan kemudahan perbaikan bagian ladder frame cenderung fleksibel. Jika salah satu bagian mengalami kerusakan, dapat diganti dengan mudah tanpa harus mengganti seluruh rangka.
2. Aluminium Space Frame
Aluminium Space Frame atau ASF adalah salah satu jenis desain chassis yang digunakan oleh beberapa produsen mobil untuk mengurangi berat kendaraan dan meningkatkan efisiensi bahan bakar tanpa mengorbankan kekuatan dan keamanan.
ASF terdiri dari bingkai utama yang terbuat dari aluminium yang kuat dan ringan. Bingkai ini kemudian diintegrasikan dengan panel aluminium lainnya untuk membentuk struktur keseluruhan kendaraan.
BACA JUGA: Komponen-Komponen AC Mobil: Pemahaman tentang Sistem Pengatur Suhu Mobil
3. Monocoque Chasis
Istilah "monocoque" berasal dari bahasa Prancis yang berarti "kulit tunggal" atau "bodi tunggal".
Dalam desain ini, kerangka kendaraan tidak menggunakan kerangka terpisah seperti pada desain ladder frame, melainkan struktur kendaraan secara keseluruhan berfungsi sebagai kerangka.
Monocoque chasis terdiri dari rangkaian panel logam yang saling terhubung dan membentuk struktur keseluruhan mobil.
Rangkaian ini melibatkan panel bodi depan, samping, belakang, dan lantai yang membentuk struktur kokoh yang mendukung beban dan menghadapi gaya-gaya yang dihasilkan saat kendaraan bergerak.
Namun, perbaikan dan perawatan pada monocoque chassis sering kali membutuhkan teknik dan peralatan khusus, karena tidak ada kerangka terpisah yang mudah diakses.
Selain itu, dalam situasi kecelakaan yang serius, kerusakan pada monocoque chassis mungkin memerlukan perbaikan yang lebih rumit dan mahal.
4. Backbone Chasis
Backbone chassis (juga dikenal sebagai tubular backbone) adalah jenis desain struktural yang digunakan dalam beberapa kendaraan, terutama mobil kecil atau kei cars.
Desain ini memiliki sebuah tulang punggung yang menghubungkan bagian depan dan belakang kendaraan, dan berperan sebagai sumbu utama yang menopang dan mengintegrasikan komponen-komponen mobil lainnya.
BACA JUGA: Mengenal Apa Itu Tie Rod? Fungsi dan Ciri Cirinya Ketika Rusak
Komponen Chasis Mobil
Chassis memiliki beberapa komponen penting, antara lain:
- Rangka utama (frame): Ini adalah kerangka utama yang membentuk struktur dasar mobil. Rangka utama menghubungkan semua komponen dan memberikan kekuatan struktural.
- Subframe: Subframe adalah kerangka yang terpisah yang digunakan untuk menopang komponen-komponen tertentu seperti mesin dan suspensi.
- Suspensi: Chassis dilengkapi dengan sistem suspensi yang terdiri dari peredam kejut, pegas, dan komponen lainnya. Suspensi berfungsi untuk meningkatkan kenyamanan berkendara dan menyerap kejutan dari jalan.
- Sistem pengereman: Chassis juga menyediakan sistem pengereman yang terdiri dari cakram atau tromol, kaliper, dan komponen lainnya. Sistem ini memungkinkan pengendalian dan pengereman yang efektif.
- Sistem kemudi: Chassis menyediakan kerangka untuk sistem kemudi yang menghubungkan roda depan dengan kemudi. Ini memungkinkan pengemudi untuk mengendalikan arah mobil.
Chassis mobil merupakan elemen yang penting dalam struktur dan kinerja mobil. Desain chassis yang baik dapat memberikan stabilitas, kekuatan, dan pengendalian yang lebih baik.
BACA JUGA: Komponen Rem Cakram Mobil
Itulah penjelasan komponen chasis mobil untuk Sahabat Daihatsu. Jangan lupa lakukan servis berkala di bengkel resmi, pakai aplikasi DaihatsuKu untuk booking servis tanpa antri cukup dari smartphone saja!