Bagikan Artikel

Menikmati perjalanan menjadi sempurna dengan dukungan pendingin udara. Angin dingin yang menerpa wajah dan sekujur tubuh, hmm… di saat macet pun rasanya tetap segar. Betul ya Sahabat?

Agar air condition (AC) di Daihatsu milik Sahabat selalu dingin, berikut tips cara merawatnya:

  1. Jaga kebersihan karpet atau lantai mobil. Kebersihan lantai mobil menjadikan udara di dalam kabin mobil juga ikut bersih. Dengan demikian, filter AC tidak bekerja terlalu keras untuk menyaring debu dan kotoran, dan juga tidak cepat kotor.
  2. Saat mencuci mobil, buka kap mesinnya dan semprotkan air yang kencang pada bagian Condensor AC (yang bentuknya mirip radiator dan biasanya terletak didepan radiator) kotoran atau debu yang menempel bila dibiarkan akan mengeras bisa mengakibatkan korosi atau keropos sehingga menjadi bocor pada bagian kondensor.
  3. Memilih tempat parkir yang teduh jika parkir kendaraan dalam waktu yang cukup lama, karena kalau di tempat panas, saat Sahabat masuk, akan terasa panas. Untuk mendinginkannya membutuhkan proses pendinginan yang lama. Selain itu beban pendinginan saat mobil berjalan pun ikut tinggi.
  4. Ketika menempuh perjalanan jauh, matikan AC beberapa saat, lalu hidupkan kembali. Tujuannya untuk mengistirahatkan AC agar tidak terus-menerus mendinginkan kabin mobil dan menghindari pembekuan pada saluran AC.
  5. Selalu memastikan extrafan kipas yang berada di depan condensor selalu hidup ketika AC dalam kondisi hidup. Extrafan yang mati dalam kondisi AC hidup dapat beresiko merusak kompresor atau bahkan mengakibatkan selang kompresor meledak.
  6. Jangan merokok di dalam mobil karena asapnya bisa mengotori evaporator. Nikotin akan lengket dan berlendir serta menimbulkan bau tak sedap dan susah hilang.
  7. Pastikan AC dalam kondisi mati ketika Sahabat menghidupkan mesin. Hal ini berlaku sebaliknya, matikan AC sebelum mesin dimatikan.
  8. Selalu melakukan perawatan AC secara rutin untuk memeriksa semua kondisi komponen AC. Mulai dari compresor, receiver dyer, condensor, evaporator hingga freon.

Merawat AC bisa dari cara yang sederhana, seperti menjaga kebersihan karpet. Selanjutnya, lakukan Service Berkala ke bengkel Astra Daihatsu!

 

Images

Membersihkan Mesin Mobil Dengan Benar

Sahabat, coba buka kap mesin mobilmu. Wahduh… kok kotor sekali ya, banyak debu dan… lho kok ada daun-daun kering disana? Wah, harus segera dibersihkan ya. Sahabat, ruang mesin juga harus mendapatkan perawatan seperti bagian extrior dan interior. Mesin mobil yang bersih dan terawat, akan menjadikan mesin semakin awet meskipun umurnya sudah tak muda lagi. Membersihkan […]

Images

Mengenali Gejala Fan Belt Sudah Harus Diganti

Sahabat, kamu sudah mengenal komponen yang bernama tali kipas atau fan belt? Tali kipas merupakan komponen yang sangat penting pada sebuah mesin mobil. Komponen ini berupa sabuk atau tali berbahan karet tahan panas yang terus berputar selama mesin mobilmu bekerja. Fungsinya sebagai penerus putaran mesin untuk menggerakkan power steering, AC, water pump, alternator, dan lainnya. Kalau kita lihat dari […]

Images

Seputaran Shock Breaker

Sahabat, waktu melewati lubang mobilmu kok gedebukan? Suara kaki-kakinya berisik sekali ya. Wah jangan-jangan shock breaker-nya sudah kena tuh! Apa itu shock breaker? Shock breaker adalah sebuah komponen yang berfungsi menjaga kestabilan mobilmu, serta meredam guncangan saat mobilmu melintasi jalan bergelombang ataupun rusak. Kalau kita lihat fungsinya, bisa dibilang shock breaker memiliki peranan penting dalam menunjang mobilitas […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY