Bagikan Artikel

Menikmati perjalanan menjadi sempurna dengan dukungan pendingin udara. Angin dingin yang menerpa wajah dan sekujur tubuh, hmm… di saat macet pun rasanya tetap segar. Betul ya Sahabat?

Agar air condition (AC) di Daihatsu milik Sahabat selalu dingin, berikut tips cara merawatnya:

  1. Jaga kebersihan karpet atau lantai mobil. Kebersihan lantai mobil menjadikan udara di dalam kabin mobil juga ikut bersih. Dengan demikian, filter AC tidak bekerja terlalu keras untuk menyaring debu dan kotoran, dan juga tidak cepat kotor.
  2. Saat mencuci mobil, buka kap mesinnya dan semprotkan air yang kencang pada bagian Condensor AC (yang bentuknya mirip radiator dan biasanya terletak didepan radiator) kotoran atau debu yang menempel bila dibiarkan akan mengeras bisa mengakibatkan korosi atau keropos sehingga menjadi bocor pada bagian kondensor.
  3. Memilih tempat parkir yang teduh jika parkir kendaraan dalam waktu yang cukup lama, karena kalau di tempat panas, saat Sahabat masuk, akan terasa panas. Untuk mendinginkannya membutuhkan proses pendinginan yang lama. Selain itu beban pendinginan saat mobil berjalan pun ikut tinggi.
  4. Ketika menempuh perjalanan jauh, matikan AC beberapa saat, lalu hidupkan kembali. Tujuannya untuk mengistirahatkan AC agar tidak terus-menerus mendinginkan kabin mobil dan menghindari pembekuan pada saluran AC.
  5. Selalu memastikan extrafan kipas yang berada di depan condensor selalu hidup ketika AC dalam kondisi hidup. Extrafan yang mati dalam kondisi AC hidup dapat beresiko merusak kompresor atau bahkan mengakibatkan selang kompresor meledak.
  6. Jangan merokok di dalam mobil karena asapnya bisa mengotori evaporator. Nikotin akan lengket dan berlendir serta menimbulkan bau tak sedap dan susah hilang.
  7. Pastikan AC dalam kondisi mati ketika Sahabat menghidupkan mesin. Hal ini berlaku sebaliknya, matikan AC sebelum mesin dimatikan.
  8. Selalu melakukan perawatan AC secara rutin untuk memeriksa semua kondisi komponen AC. Mulai dari compresor, receiver dyer, condensor, evaporator hingga freon.

Merawat AC bisa dari cara yang sederhana, seperti menjaga kebersihan karpet. Selanjutnya, lakukan Service Berkala ke bengkel Astra Daihatsu!

 

Images

Tips Aman Mengajak Balita Berlibur Dengan Mobil

Halo Sahabat Wanita, untuk Sahabat wanita yang baru dikaruniai Si Kecil tentunya sudah tidak sabar untuk mengajaknya pergi berlibur menggunakan mobil pribadi ya. Selain pergi berlibur, Sahabat juga bisa memperkenalkan Si Kecil kepada keluarga besar di kampung halaman Sahabat. Sahabat Wanita, perlu Sahabat ketahui, selama dalam perjalanan menggunakan mobil pribadi, selain mengasuh SI Kecil agar […]

Images

Tips Aman Berkendara Saat Liburan

Halo Sahabat, tak terasa kita sudah memasuki bulan Desember bulan terakhir di tahun 2018 ya, artinya saat untuk liburan akhir tahun segera tiba. Pasti ada diantara Sahabat yang akan pergi berlibur akhir tahun dengan membawa mobil pribadi ya. Untuk Sahabat yang memiliki rencana berlibur dengan menggunakan Daihatsunya, jangan lupa untuk persiapkan Daihatsu milik Sahabat dengan […]

Images

Cara Mudah Mengatasi Kaca Berembun

Sahabat, salah satu masalah berkendara di saat hujan adalah kaca mobil yang berembun. Embun pada kaca mobil terjadi karena adanya perbedaan suhu di dalam dan di luar mobil secara siknifikan. Selain itu, AC yang bermasalah juga bisa menjadi penyebabnya. Banyak orang menganggap sepele masalah kaca mobil yang berembun. Padahal, embun pada kaca mobil cukup membahayakan […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY