Bagikan Artikel

Hai Sahabat, selamat memasuki bulan Suci Ramadhan ya! Di awal-awal bulan Puasa, sebelum jadwal bukber (buka bersama) mendera, kamu pasti ingin selalu berbuka bersama keluarga di rumah. Tetapi, sempitnya waktu dan kemacetan jalan di sore hari membuat keinginan tersebut jarang dapat terpenuhi, khususnya untuk kamu-kamu yang tinggal di kota besar.

Sering kali keinginan tersebut terhalang oleh banyaknya pekerjaan yang harus kamu diselesaikan di tempatmu beraktifitas harian, atau bisa juga disebabkan oleh rutinitas perkotaan yang setiap hari selalu terjadi, yaitu kemacetan. Apalagi ketika sore hari saat jam pulang kantor, kendaraan seakan tidak bisa bergerak karena jalanan terlalu padat.

Kemacetan memang bisa menjadi masalah utama yang dapat menghambat kamu untuk berbuka puasa bersama keluarga di rumah. Tidak jarang berbuka puasa di jalanmenjadi pilihan satu-satunya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada baiknya simak tips berikut agar pada waktu berbuka puasa kamu dapat tepat waktu walaupun terjebak di dalam kemacetan.

 

Siapkan Makanan Dan Minuman Sebelum Berkendara

Kalau waktu tidak memungkinkan untuk mengejar berbuka puasa bersama keluargamu di rumah karena jalanan padat, lebih baik kamu menyiapkan makanan dan minuman sebelum berkendara. Cukup makanan ringan dan minuman yang manis untuk mengisi kembali energimu agar tetap fokus berkendara. Roti, biskuit, dan kue-kue kering serta minuman dalam kemasan merupakan makanan dan minuman praktis yang bisa kamu konsumsi saat berbuka sambil tetap berkendara.

 

Pastikan Makanan Dan Minuman Itu Memiliki Tempat Di Mobilmu

Makanan dan minuman untuk berbuka puasa juga sebaiknya diletakkan pada tempat yang sesuai, taruhlah botol minum di cup holder dan jangan letakkan makanan di tempat yang tidak sesuai, karena dapat mengganggu saat berkendara, bahkan dapat berpotensi membuat mobilmu kotor apabila sampai tumpah.

Dan jangan pernah himpit minuman atau makananmu di antara dua paha. Ini sering dilakukan oleh pengendara ketika sedang makan di mobil. Padahal, hal tersebut tidak dianjurkan karena dapat membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya. Kecuali kalau mobilmu benar-benar parkir, tidak sedang dalam keadaan macet di tengah jalan.

 

Dengarkan Radio

Terkadang suara adzan maghrib tidak terlalu terdengar ketika kamu sedang berada di dalam mobil. Untuk itu, pastikan radio mobilmu berfungsi dengan baik, karena selain untuk mendengarkan lagu, radio juga akan memberikan informasi jadwal adzan maghrib. Atau kamu juga dapat menggunakan aplikasi di smartphonemu yang akan memberikan informasi adzan maghrib, bahkan semua waktu salat secara tepat waktu.

 

Menepilah Terlebih Dahulu

Berhenti sejenak di pinggir jalan dapat membuatmu tidak terganggu waktu sedang berbuka puasa. Selain itu, resiko berbahaya dalam berkendara juga berkurang. Tetapi, berhentilah di tempat yang memang sesuai dengan aturan dan rambu-rambu lalu lintas agar tidak mengganggu lalu lintas di sekitarnya. Jangan berhenti sembarangan karena dapat menimbulkan kemacetan. Namun, jika memang kamu sedang berada di tengah kemacetan dan sudah waktunya berbuka puasa, pastikan kondisi jalan raya aman untuk sekedar membatalkan. Tetap hati-hati dan jangan sampai lengah ketika sedang menikmati makanan.

 

Sediakan Tisu Basah

Kalau sudah selesai berbuka puasa, buanglah bungkus makanan dan minumanmu pada tempat sampah di mobilmu. Bersihkan tanganmu dari sisa-sisa makanan dengan menggunakan tisu basah agar tidak pliket saat memegang kemudi.

 

Nah itu dia Sahabat, beberapa tips berbuka puasa di jalan. Pastikan persiapan buka puasamu cukup untuk mengisi ulang tenagamu saat berkendara. Selamat menjalankan ibadah puasa dan tetap semangat ya Sahabat!

 

 

 

Images

Tips Aman Berkendara Saat Liburan

Halo Sahabat, tak terasa kita sudah memasuki bulan Desember bulan terakhir di tahun 2018 ya, artinya saat untuk liburan akhir tahun segera tiba. Pasti ada diantara Sahabat yang akan pergi berlibur akhir tahun dengan membawa mobil pribadi ya. Untuk Sahabat yang memiliki rencana berlibur dengan menggunakan Daihatsunya, jangan lupa untuk persiapkan Daihatsu milik Sahabat dengan […]

Images

Faktor Penyebab Volume Oli Mesin Berkurang

Sahabat Daihatsu, apakah sebelum berangkat tadi pagi Sahabat sempat cek volume oli mesin? Kalau Sahabat lupa atau bahkan tidak pernah cek volume oli mesin, kami sarankan agar mulai mengecek selalu volume oli mesin secara berkala ya. Caranya mudah kok Sahabat, tinggal tarik deep stick oli mesin yang ada di sebelah kiri atau kanan blok mesin. […]

Images

Mengatasi Pedal Gas Yang Tersangkut

Harus disadari bahwa berkendara di jalan raya merupakan kegiatan yang penuh dengan risiko. Sebab saat berkendara dapat terjadinya kecelakaan, yang disebabkan oleh berbagai faktor dan dapat terjadi kapan saja. Salah satunya dapat disebabkan karena pedal gas mobil yang tersangkut. Saat berkendara dengan laju yang kencang, sangat mungkin terjadi pedal gas yang tersangkut. Pedal gas yang […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY