Bagikan Artikel

Halo Sahabat, di bulan November ini akhirnya musim penghujan yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. Di musim penghujan, dalam berkendara kita harus lebih hati-hati dan ekstra waspada. Banyak hal yang harus lebih diperhatikan pada saat berkendara di musim penghujan, seperti: permukaan jalan yang licin, lubang jalanan yang tertutup genangan air sampai hal-hal yang lebih ekstrim, seperti pohon tumbang, banjir hingga angin kencang.

Berkendara saat hujan

Untuk menghadapi kondisi tersebut, ada beberapa hal yang perlu Sahabat perhatikan sebelum memulai dan saat berkendara di waktu hujan. Berikut ini adalah beberapa tips berkendara waktu hujan:

 

  1. Pastikan wiper dan lampu dalam kondisi baik. Ganti karet wiper dengan yang baru apabila sudah getas atau sobek.

 

  1. Pastikan tekanan angin ban sesuai dengan kebutuhan. Saat hujan, tekanan angin ban yang berlebihan berbahaya karena dapat mengurangi daya cengkram ke permukaan jalan. Sebaliknya, saat ban kekurangan tekanan angin, dapat menyebabkan mobil mudah selip di permukaan jalan yang basah. Selain itu Sahabat, pastikan bahwa kembangan telapak ban masih tebal, karena telapak ban yang gundul sangat beresiko selip di permukaan jalan yang basah.

 

  1. Untuk lampu, nyalakan lampu utama mobil Sahabat bila diperlukan, terutama di jalan bebas hambatan karena dapat membantu pengendara lain memperkirakan jarak antar kendaraan. Jika mulai berkabut, gunakan lampu kabut (foglamp) jika telah tersedia di mobil yang Sahabat gunakan. Jangan gunakan lampu hazard, kecuali Daihatsu Sahabat terpaksa berhenti dan harus memberi peringatan kepada mobil lainnya.

 

  1. Saat kondisi hujan, berkendaralah dengan halus, baik dalam berakselerasi maupun melakukan pengereman. Saat bermanuver, jangan membelok secara tiba-tiba untuk mencegah terjadinya selip. Usahakan selalu berada di bagian jalan yang tidak tergenang air.

 

  1. Menjaga jarak aman dengan kendaraan lain di depan adalah langkah awal yang harus dilakukan oleh Sahabat saat kondisi hujan. Hal ini dimaksudkan untuk mengatur jarak pengereman yang aman. Dalam kondisi permukaan jalan yang basah, jarak pengereman dipastikan akan bertambah panjang, sehingga jarak aman antar kendaraan menjadi lebih jauh.

 

Sahabat, jangan lupa untuk memastikan bahwa sudah terdapat aplikasi Astra Daihatsu Mobile di smart phone Sahabat agar mudah untuk memanggil layanan ERA pada saat terjadi keadaan darurat di jalan. Selain itu Sahabat, kalau memang tidak terlalu mendesak tunggulah sebentar sampai hujan sedikit mereda barulah mulai berkendara. Be safe ya Sahabat!

Images

Lancar Berkendara Saat Puasa

Sahabat, selama bulan Suci Ramadan atau bulan Puasa, masalah yang paling sering kita hadapi saat berkendara adalah kantuk luar biasa di pagi hari dan kemacetan luar biasa di sore hari. Hanya saja hal ini sering diabaikan oleh para pengendara, sehingga dapat mengakibatkan risiko buruk terjadi. Agar kita dapat lancar beribadah Puasa dan perjalanan serta pekerjaan tidak […]

Images

Mensiasati Depresiasi Harga Mobil

Sahabat, salah satu faktor pertimbangan saat akan membeli mobil baru adalah ‘resale value’ atau harga jual kembali. Pada saat kita memutuskan untuk membeli mobil baru, kita sepenuhnya sadar bahwa apabila nanti mobil tersebut kita jual, harganya sudah pasti turun atau mengalami depresiasi. Depresiasi harga mobil dipengaruhi oleh banyak faktor penyebab, mulai dari keluarnya model baru, […]

Images

Membersihkan Plafon Mobil

Halo Sahabat, pernahkah Sahabat memperhatikan plafon mobil Sahabat? Bagian ini memang terkadang luput dari perhatian kita saat membersihkan interior mobil karena posisinya yang di atas batas pandangan mata. Meskipun plafon berada di atas batas pandangan mata kita, plafon mobil tetap harus dirawat dan selalu dibersihkan agar kebersihan mobil tetap terjaga dan Sahabat beserta keluarga pun […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY