Bagikan Artikel

Halo Sahabat, di bulan November ini akhirnya musim penghujan yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. Di musim penghujan, dalam berkendara kita harus lebih hati-hati dan ekstra waspada. Banyak hal yang harus lebih diperhatikan pada saat berkendara di musim penghujan, seperti: permukaan jalan yang licin, lubang jalanan yang tertutup genangan air sampai hal-hal yang lebih ekstrim, seperti pohon tumbang, banjir hingga angin kencang.

Berkendara saat hujan

Untuk menghadapi kondisi tersebut, ada beberapa hal yang perlu Sahabat perhatikan sebelum memulai dan saat berkendara di waktu hujan. Berikut ini adalah beberapa tips berkendara waktu hujan:

 

  1. Pastikan wiper dan lampu dalam kondisi baik. Ganti karet wiper dengan yang baru apabila sudah getas atau sobek.

 

  1. Pastikan tekanan angin ban sesuai dengan kebutuhan. Saat hujan, tekanan angin ban yang berlebihan berbahaya karena dapat mengurangi daya cengkram ke permukaan jalan. Sebaliknya, saat ban kekurangan tekanan angin, dapat menyebabkan mobil mudah selip di permukaan jalan yang basah. Selain itu Sahabat, pastikan bahwa kembangan telapak ban masih tebal, karena telapak ban yang gundul sangat beresiko selip di permukaan jalan yang basah.

 

  1. Untuk lampu, nyalakan lampu utama mobil Sahabat bila diperlukan, terutama di jalan bebas hambatan karena dapat membantu pengendara lain memperkirakan jarak antar kendaraan. Jika mulai berkabut, gunakan lampu kabut (foglamp) jika telah tersedia di mobil yang Sahabat gunakan. Jangan gunakan lampu hazard, kecuali Daihatsu Sahabat terpaksa berhenti dan harus memberi peringatan kepada mobil lainnya.

 

  1. Saat kondisi hujan, berkendaralah dengan halus, baik dalam berakselerasi maupun melakukan pengereman. Saat bermanuver, jangan membelok secara tiba-tiba untuk mencegah terjadinya selip. Usahakan selalu berada di bagian jalan yang tidak tergenang air.

 

  1. Menjaga jarak aman dengan kendaraan lain di depan adalah langkah awal yang harus dilakukan oleh Sahabat saat kondisi hujan. Hal ini dimaksudkan untuk mengatur jarak pengereman yang aman. Dalam kondisi permukaan jalan yang basah, jarak pengereman dipastikan akan bertambah panjang, sehingga jarak aman antar kendaraan menjadi lebih jauh.

 

Sahabat, jangan lupa untuk memastikan bahwa sudah terdapat aplikasi Astra Daihatsu Mobile di smart phone Sahabat agar mudah untuk memanggil layanan ERA pada saat terjadi keadaan darurat di jalan. Selain itu Sahabat, kalau memang tidak terlalu mendesak tunggulah sebentar sampai hujan sedikit mereda barulah mulai berkendara. Be safe ya Sahabat!

Images

Maksimalkan Usia Pakai Aki

Sahabat, aki berperan sangat penting pada saat mobil pertama kali dihidupkan, karena aki adalah satu-satunya sumber listrik untuk menghidupkan motor starter. Rata-rata aki mobil dapat bertahan selama 2 sampai 5 tahun tergantung pada merek dan perilaku pemakainya. Namun begitu, usia aki bisa kita maksimalkan Sahabat… Simak tips sederhananya di bawah ini: Pastikan semua peralatan elektronik […]

Images

Mengatasi Pedal Gas Yang Tersangkut

Harus disadari bahwa berkendara di jalan raya merupakan kegiatan yang penuh dengan risiko. Sebab saat berkendara dapat terjadinya kecelakaan, yang disebabkan oleh berbagai faktor dan dapat terjadi kapan saja. Salah satunya dapat disebabkan karena pedal gas mobil yang tersangkut. Saat berkendara dengan laju yang kencang, sangat mungkin terjadi pedal gas yang tersangkut. Pedal gas yang […]

Images

Merawat Kaca Film

Sahabat, merawat mobilmu itu bukan hanya perkara mesin dan interior saja, tetapi termasuk juga bagian-baigan lainnya yang sering terlupakan. Adapun salah satu bagian dari interior mobil yang sering terlupakan adalah lapisan kaca film. Nah, merawat kaca film ini ternyata sedikit susah-susah gampang Sahabat. Kaca film mempunyai fungsi utama meredam panas dan juga menangkal sinar Ultraviolet. […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY