Bagikan Artikel

Sahabat, lazimnya semua mobil sudah dilengkapi dengan filter AC dalam kabin pada masa sekarang ini. Filter AC bertugas untuk selalu membuat udara di dalam kabin terasa nyaman saat kita hirup. Ini karena filter AC dalam kabin mempunyai fungsi utama menyaring udara yang keluar lewat lubang AC agar udara tetap bersih dan sehat pada saat kita hirup.

Sama seperti bagian AC lainnya, filter AC juga membutuhkan perawatan rutin. Yaitu dengan rajin membersihkannya. Oleh karenanya, pemilik mobil sangat disarankan untuk membersihkan filter AC di dalam kabin minimal sebulan sekali.

Apabila tidak rajin dibersihkan akan berdampak pada tidak sehatnya udara yang bersirkulasi di dalam kabin mobil. Kalau dibiarkan, filter akan menjadi tempat yang baik untuk berkembang biak bakteri.

Selain dibersihkan, filter AC dalam kabin juga harus diganti setiap 10.000 kilometer atau 6 bulan. Kalau tidak dirawat atau rutin diganti, filter kabin yang kotor juga dapat mengakibatkan aliran udara menjadi terhambat dan dapat menyebabkan AC kurang dingin.

Indikasi lain bahwa filter AC sudah harus dibersihkan atau diganti adalah daya hembus udara di dalam kabin yang terasa berkurang. Selain itu juga muncul bau tak sedap yang keluar dari AC, terutama saat pertama AC dihidupkan.

 

Cara Membersihkan Filter AC

Sahabat, untuk membersihkan filter AC tidak butuh alat dan keterampilan khusus. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Filter AC biasanya terletak di balik laci dasbor mobil. Untuk membukanya kamu dapat mengikuti beberapa langkah sederhana berikut ini:

  • Buka penutup laci, kemudian lepaskan sekrup atau kuncian kompartemen laci dengan hati-hati.
  • Setelah kompartemen laci terlepas, maka akan terlihat box filter dan blower AC yang biasanya dibuat bertumpuk dengan posisi filter AC ada di bagian atas.
  • Untuk mengeluarkan filter AC buka sistem pengunci berbentuk kaitan yang ada di bagian sisi box filter AC.
  • Setelah box filter AC terbuka maka kamu akan melihat terlihat filter AC yang biasanya berwarna putih, keluarkan filter AC itu untuk dibersihkan
  • Ambil filter AC, kemudian diketuk-ketukkan di permukaan lantai sampai debunya rontok. Jika kamu memiliki vacum cleaner, kamu bisa menyedotnya dari arah bawah filter AC.
  • Jangan pernah merendam filter AC dengan air sabun atau dicuci karena akan menyebabkan filter itu rusak dan tidak dapat digunakan lagi (bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah semacam kertas).
  • Setelah filter bersih, maka masukkan kembali ke box filter AC dan pasang kembali kompartemen laci dasbor mobilmu ke posisi semula.

 

Demikian Sahabat, beberapa langkah mudah untuk membersihkan filter AC dalam kabin mobil kesayanganmu. Lakukan secara rutin, dan ganti sesuai dengan jarak tempuh kendaraan yang disarankan oleh buku manual kepemilikan kendaraanmu. Semua itu demi kenyamanan sekaligus kesehatanmu saat berkendara. Selamat mencoba ya Sahabat!

 

Images

Maksimalkan Usia Pakai Aki

Sahabat, aki berperan sangat penting pada saat mobil pertama kali dihidupkan, karena aki adalah satu-satunya sumber listrik untuk menghidupkan motor starter. Rata-rata aki mobil dapat bertahan selama 2 sampai 5 tahun tergantung pada merek dan perilaku pemakainya. Namun begitu, usia aki bisa kita maksimalkan Sahabat… Simak tips sederhananya di bawah ini: Pastikan semua peralatan elektronik […]

Images

Manfaat Head Rest Yang Sebenarnya

Sahabat, kalau kamu perhatikan desain sebuah mobil itu tidak hanya soal keindahan saja. Tapi juga menyangkut soal teknologi keselamatan. Banyak komponen dari sebuah mobil mobil yang sengaja dibuat untuk mengurangi risiko saat terjadinya kecelakaan. Produsen sudah sangat memikirkan dengan matang agar pengemudi dan penumpang dapat dengan nyaman saat berkendara dan terhindar dari resiko fatal saat […]

Images

Merawat Aki

Selain smart phone, mobilmu juga dilengkapi dengan baterei. Kalau smart phone-mu ‘lowbat’, kamu tinggal cari colokan atau memasangkannya ke power bank. Nah, kalau yang ‘lowbat’ baterei mobilmu bagaimana? Mogok dan mesin tidak dapat dihidupkan. Baterei di mobilmu itu, disebut dengan Accu (Aki). Fungsinya untuk menyimpan dan mensuplai daya listrik ke seluruh komponen mobil, seperti lampu, […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY