Bagikan Artikel

Sahabat, lazimnya semua mobil sudah dilengkapi dengan filter AC dalam kabin pada masa sekarang ini. Filter AC bertugas untuk selalu membuat udara di dalam kabin terasa nyaman saat kita hirup. Ini karena filter AC dalam kabin mempunyai fungsi utama menyaring udara yang keluar lewat lubang AC agar udara tetap bersih dan sehat pada saat kita hirup.

Sama seperti bagian AC lainnya, filter AC juga membutuhkan perawatan rutin. Yaitu dengan rajin membersihkannya. Oleh karenanya, pemilik mobil sangat disarankan untuk membersihkan filter AC di dalam kabin minimal sebulan sekali.

Apabila tidak rajin dibersihkan akan berdampak pada tidak sehatnya udara yang bersirkulasi di dalam kabin mobil. Kalau dibiarkan, filter akan menjadi tempat yang baik untuk berkembang biak bakteri.

Selain dibersihkan, filter AC dalam kabin juga harus diganti setiap 10.000 kilometer atau 6 bulan. Kalau tidak dirawat atau rutin diganti, filter kabin yang kotor juga dapat mengakibatkan aliran udara menjadi terhambat dan dapat menyebabkan AC kurang dingin.

Indikasi lain bahwa filter AC sudah harus dibersihkan atau diganti adalah daya hembus udara di dalam kabin yang terasa berkurang. Selain itu juga muncul bau tak sedap yang keluar dari AC, terutama saat pertama AC dihidupkan.

 

Cara Membersihkan Filter AC

Sahabat, untuk membersihkan filter AC tidak butuh alat dan keterampilan khusus. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Filter AC biasanya terletak di balik laci dasbor mobil. Untuk membukanya kamu dapat mengikuti beberapa langkah sederhana berikut ini:

  • Buka penutup laci, kemudian lepaskan sekrup atau kuncian kompartemen laci dengan hati-hati.
  • Setelah kompartemen laci terlepas, maka akan terlihat box filter dan blower AC yang biasanya dibuat bertumpuk dengan posisi filter AC ada di bagian atas.
  • Untuk mengeluarkan filter AC buka sistem pengunci berbentuk kaitan yang ada di bagian sisi box filter AC.
  • Setelah box filter AC terbuka maka kamu akan melihat terlihat filter AC yang biasanya berwarna putih, keluarkan filter AC itu untuk dibersihkan
  • Ambil filter AC, kemudian diketuk-ketukkan di permukaan lantai sampai debunya rontok. Jika kamu memiliki vacum cleaner, kamu bisa menyedotnya dari arah bawah filter AC.
  • Jangan pernah merendam filter AC dengan air sabun atau dicuci karena akan menyebabkan filter itu rusak dan tidak dapat digunakan lagi (bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah semacam kertas).
  • Setelah filter bersih, maka masukkan kembali ke box filter AC dan pasang kembali kompartemen laci dasbor mobilmu ke posisi semula.

 

Demikian Sahabat, beberapa langkah mudah untuk membersihkan filter AC dalam kabin mobil kesayanganmu. Lakukan secara rutin, dan ganti sesuai dengan jarak tempuh kendaraan yang disarankan oleh buku manual kepemilikan kendaraanmu. Semua itu demi kenyamanan sekaligus kesehatanmu saat berkendara. Selamat mencoba ya Sahabat!

 

Images

Asuransi Kendaraan, Mengapa Penting?

Yippy… Tabungan sudah cukup dan bonus akhir tahun sebentar lagi dibagikan. Saatnya membeli Daihatsu baru di outlet-outlet jaringan Astra Daihatsu. Bagi Sahabat yang baru membeli kendaraan, mungkin bertanya-tanya: apa perlunya berasuransi? Saya kan nyetirnya hati-hati. Pertanyaan serupa barangkali juga masih suka terlontar dari Sahabat yang sudah pernah membeli kendaraan baru, dengan pertanyaan yang juga sama. […]

Images

BERKENDARA SAAT HUJAN

Halo Sahabat, di bulan November ini akhirnya musim penghujan yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. Di musim penghujan, dalam berkendara kita harus lebih hati-hati dan ekstra waspada. Banyak hal yang harus lebih diperhatikan pada saat berkendara di musim penghujan, seperti: permukaan jalan yang licin, lubang jalanan yang tertutup genangan air sampai hal-hal yang lebih ekstrim, seperti pohon […]

Images

Makanan Yang Cocok Untuk Berbuka Di Jalan

Halo Sahabat, bagaimana ibadah Puasamu hari ini? Semoga lancar ya! Sahabat, selama bulan Ramadhan, kondisi lalu lintas dan jalanan kerap tidak menentu. Ada saja waktu dimana jalanan macet selama berjam-jam. Akhirnya, kamu pun terpaksa harus berbuka Puasa di dalam mobil. Apalagi untuk para komuter yang berkantor relatif jauh dari rumahnya, berbuka puasa di dalam kendaraan […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY