Bagikan Artikel

Sahabat, salah satu masalah berkendara di saat hujan adalah kaca mobil yang berembun. Embun pada kaca mobil terjadi karena adanya perbedaan suhu di dalam dan di luar mobil secara siknifikan. Selain itu, AC yang bermasalah juga bisa menjadi penyebabnya. Banyak orang menganggap sepele masalah kaca mobil yang berembun. Padahal, embun pada kaca mobil cukup membahayakan pengemudi saat berkendara. Tidak sedikit kecelakaan fatal yang terjadi akibat kaca berembun.

Embun pada kaca mobil yang sudah menempel terlalu lama juga dapat menyebabkan timbulnya jamur di permukaan kaca. Sehingga tampilan kaca pun jadi tidak menarik seperti sebelumnya. Dengan demikian, perlu ada beberapa trik dalam mengatasi masalah tersebut agar kamu bisa berkendara saat hujan dengan aman.

Nah Sahabat, berikut ini ada beberapa tips mudah dari kita untuk menghindari terjadinya embun pada kaca mobil:

Baca Juga: Pentingnya AC Saat Hujan

Oleskan Shampo Pada Kaca Mobil

Mengoleskan sedikit shampo di kaca mobilmu ternyata dapat menghilangkan embun. Karena, sifat shampo yang licin mencegah butiran embun untuk menempel di atas permukaan kaca.

Caranya sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan shampo dan kain lap berserat sintetis (Kanebo). Kemudian, oleskan sedikit shampo di kaca mobil, kemudian lap kaca tersebut dengan lap Kanebo. Saat melakukannya, jangan mencampur shampo dengan air. Cara mengelapnya sendiri juga harus searah agar kaca tidak buram. Setelah itu, jika hujan sudah reda, segera bersihkan kaca mobilmu dari sampo dengan menggunakan lap hingga bersih.

 

Gunakan Tembakau

Sama seperti formula shampo, kandungan nikotin yang terdapat pada tembakau ternyata dapat menyerap uap air dan mencegah kaca mobil berembun saat hujan. Cara menggunakannya pun sama, kamu cukup mengoleskan tembakau rokok di kaca mobilmu. Saat mengoleskan pada kaca mobil, kamu perlu berhati-hati agar kaca mobil tidak tergores dari campuran potongan cengkeh yang terdapat di tembakau rokok.

 

Aktifkan Deffoger

Sahabat, apakah mobilmu sudah dilengkapi dengan fitur Deffoger? Kalau sudah, kamu bisa mengaktifkannya pada saat hujan. Defogger bisa kamu temukan di bagian belakang kaca mobil dengan garis-garis kawat tipis sebagai penghantar panas, baik vertikal maupun horizontal. Untuk mengaktifkannya cukup dengan menekan tombol bergambar tiga panah melengkung. Tombol tersebut umumnya terletak di dekat pusat kontrol AC.

Itulah beberapa cara mudah mengatasi kaca berembun. Tidak sulit kan Sahabat!

 

 

Images

Seputar Freon AC

Hai Sahabat, berkendara dengan menggunakan AC saat cuaca panas terik memang sangat nyaman ya. Pada masa sekarang ini, sebagian besar mobil yang dijual sudah dilengkapi dengan AC atau pendingin udara. Tidak seperti pada sekitar tahun 1980an dimana AC masih merupakan opsi tambahan yang sangat mahal harganya. Sahabat, tahukah kamu kalau di dalam sistem pendingin itu […]

Images

Gejala Alternator Bermasalah

Halo Sahabat, sudah kenalan dengan yang namanya Alternator? Kalau belum, yuk kita kenalan dengan yang namanya Alternator. Alternator, atau yang masih disebut dengan ‘Dinamo’ oleh beberapa orang, adalah sebuah alat yang membangkitkan listrik untuk keperluan listrik pada mobil. Listrik tersebut diperlukan untuk menghidupkan lampu-lampu, AC, klakson, wiper, head unit audio dan video serta lain-lainnya. Alternator […]

Images

Camilan Aman Saat Menyetir Kendaraan

Hai Sahabat Daihatsu, apakah sudah makan siang? Kalau belum, segera deh bersantap. Tapi ingat ya, makan sebaiknya secukupnya. Apalagi siang hari. Makan yang berlebihan bisa membuat ngantuk. Hal ini bisa menjadi masalah apabila Sahabat sedang mengemudikan kendaraan. Dalam perjalanan panjang, perut terkadang berulah. Karena itu, saat dalam menempuh rute yang jauh, sebaiknya membawa camilan. Namun, […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY