Bagikan Artikel

Hai Sahabat, seringkali kita mendengar atau bahkan melihat sendiri mobil-mobil mengalami overheat atau panas mesin yang berlebihan di jalan. Nah, berikut ini adalah beberapa faktor-faktor penyebab overheat mesin mobil yang perlu kamu ketahui sehingga dapat mencegahnya pada saat akan menggunakan mobilmu apalagi pada saat liburan atau mudik.

 

Terjadinya Kerusakan Radiator

Radiator mempunyai fungsi sangat vital dalam mengelola suhu mesin mobil. Kalau radiator mengalami masalah, maka secara otomatis sistem pendingin mesin akan mengalami kekacauan sehingga menyebabkan mesin mobil cepat panas. Jika hal ini tidak segera ditangani akan berakibat fatal bagi mobil tersebut.

Biasanya, masalah yang sering muncul adalah sirip-sirip radiator tersumbat oleh kotoran. Selain itu, masalah lainnya pada radiator adalah terjadinya kebocoran pada selang radiator. Kedua masalah ini jika tidak ditangani dengan baik, maka akan menghambat sirkulasi cairan pendingin sehingga tidak dapat terdistribusi dengan baik dan akhirnya membuat mesin menjadi panas.

Kurangnya cairan radiator juga dapat menyebabkan mesin mengalami overheat, karena itu kamu haruskan memeriksa air radiator secara rutin. Normalnya penggantian air radiator dilakukan setiap 20 ribu kilometer.

Thermostat Tidak Berfungsi

Thermostat adalah alat penjaga kestabilan suhu yang terdapat di dalam mesin mobil. Alat ini berhubungan langsung dengan sistem kerja radiator. Alat ini berfungsi sebagai pengatur sirkulasi cairan radiator, ketika suhu mesin rendah, maka thermostat akan mengatur air agar tetap berada di dalam radiator, sedangkan ketika mesin panas, maka thermostat akan mengatur air agar masuk ke dalam mesin.

Kalau thermostat mengalami masalah kerusakan, maka sistem sirkulasi cairan pendingin akan terganggu sehingga menyebabkan terjadinya overheat pada mesin mobilmu.

Menggunakan Oli Mesin Palsu

Kalau kamu ditawari untuk menggunakan oli dengan harga yang murah dan tidak jelas mereknya, langsung tolak! Karena oli yang harganya murah dan tidak jelas mereknya kemungkinan besar merupakan oli palsu yang tidak tahan panas sehingga daya lumasnya pun buruk. Jika mesin tidak dilumasi dengan oli yang baik dan tahan suhu tinggi akan berpotensi menyebabkan terjadinya overheat pada bagian mesin.

Selain karena kualitas oli yang buruk, kamu juga harus selalu memeriksa volume oli mesinmu sebab dapat saja berkurang karena penguapan atau terjadi kebocoran. Karena itu rutinlah service dan ganti oli di bengkel resmi Astra Daihatsu.

Kipas Pendingin Mati

Di bagian radiator terdapat sebuah kipas yang berfungsi untuk menyedot udara dingin dari luar dan membuang panas dari sirip-sirip radiator. Kalau kipas ini mengalami masalah kerusakan atau salah dalam pemasangannya akan menyebabkan terjadinya kenaikan suhu pada mesin yang dapat menyebabkan overheat. Karena itu selalu pastikan bahwa kipas selalu dalam kondisi baik ketika akan bepergian.

Kalau suhu mesin mobil masih terasa panas, sebaiknya kamu memeriksa kondisi fanbelt, apakah masih normal, kendur atau putus untuk kipas mekanik. Selain itu, kamu juga perlu untuk memeriksa motor listrik penggerak kipas untuk kipas elektrik. Sebab biasanya kabel atau sekring seringkali putus karena faktor usia atau hubungan arus pendek.

Terakhir, periksalah pemasangan kipas jangan sampai terbalik. Sebab pemasangan kipas yang terbalik justru akan menyedot udara panas dari luar sehingga kondisi mesin yang sudah panas justru akan semakin bertambah panas.

 

Itulah Sahabat, beberapa faktor-faktor penyebab overheat mesin mobil. Semoga informasi ini bermanfaat ya Sahabat. Selamat berkendara!

 

Images

Mengemudi Aman Dan Nyaman Saat Berlibur

Sahabat, perjalanan mudik ke kampung halaman atau berlibur dengan menggunakan kendaraan pribadi sudah pasti akan menempuh jarak yang jauh. Bahkan, waktu tempuh juga tidak bisa diprediksi, karena kondisi lalu lintas yang terkadang macet atau malah lancar. Dengan kondisi perjalanan seperti itu, kamu membutuhkan persiapan sangat matang, tidak hanya kondisi mobilmu tetapi juga pengemudinya. Tidak hanya […]

Images

Periksa Kondisi Mobilmu Sebelum Dan Sesudah Dipakai Berlibur

Sahabat Daihatsu, musim liburan akhir tahun ajaran sekolah akan segera tiba. Ditambah lagi dengan sudah mulai beroprasinya jalan tol Trans Jawa yang membuat perjalanan liburan dengan menggunakan mobil pribadi semakin cepat dan nyaman, maka liburan dengan menggunakan mobil pribadi menjadi sangat diminati dan memang lebih praktis. Mengapa lebih praktis? Karena di tempat tujuanmu nanti, kamu […]

Images

Resep Jitu Agar Kredit Mobil Mudah Disetujui

Mobil kini sudah menjadi sebuah kebutuhan dasar. Banyak masyarakat dari berbagai tingkatan sosial, termasuk menengah ke bawah, yang memilih untuk memiliki mobil. Selain harganya yang saat ini semakin terjangkau, mobil memiliki banyak manfaat. Selain bisa digunakan untuk bekerja, juga lebih aman dan menyenangkan saat bepergian bersama keluarga. Menurut Sahabat gimana, bener kan? Hadirnya program pembelian […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY