Bagikan Artikel

Sahabat Daihatsu, apakah sebelum berangkat tadi pagi Sahabat sempat cek volume oli mesin? Kalau Sahabat lupa atau bahkan tidak pernah cek volume oli mesin, kami sarankan agar mulai mengecek selalu volume oli mesin secara berkala ya. Caranya mudah kok Sahabat, tinggal tarik deep stick oli mesin yang ada di sebelah kiri atau kanan blok mesin. Kenapa kami selalu sarankan Sahabat untuk selalu cek volume oli mesin? Karena apabila volume oli mesin Sahabat kurang dari batas minimum dapat mengakibatkan kerusakan fatal pada mesin mobil Sahabat. Ada beberapa faktor penyebab oli mesin berkurang, berikut ini adalah beberapa faktor yang paling sering menyebabkan oli mesin berkurang secara siknifikan:

  1. Kesalahan memilih kadar kekentalan oli. Sahabat, setiap mesin mobil memiliki kebutuhan kekentalan oli yang berbeda-beda. Ada mesin yang memerlukan kekentalan oli rendah alias encer dan sebaliknya. Apabila Sahabat memasukkan oli dengan kadar kekentalan rendah alias encer ke dalam mesin yang memerlukan kadar kekentalan oli tinggi, maka akan terjadi penguapan oli yang tinggi. Ini artinya volume oli mesin akan lebih cepat berkurang.
  2. Kebocoran pada bagian mesin. Perlu Sahabat ketahui, bahwa antara satu bagian mesin dengan bagian yang lainnya digabungkan dengan menyisipkan semacam bantalan agar oli tidak bocor. Bantalan itu lazimnya disebut gasket atau paking. Bahan pembuat gasket atau paking bisa terbuat dari asbes, karet ataupun gabus kuning .Gasket atau paking inilah yang rentan terhadap kebocoran akibat tekanan udara dan panas berlebihan. Tekanan udara yang berlebihan itu kerap terjadi apabila ada saluran sirkulasi (disebut breather) yang tersumbat. Selain itu kelebihan volume oli mesin juga dapat menyebabkan tekanan udara menjadi berlebih. Misalnya, kebutuhan oli mesin mobil Sahabat adalah 3 liter, tetapi Sahabat mengisinya hingga 4 liter atau bahkan lebih, ini akan menyebabkan tekanan udara berlebihan karena lengan piston terendam oli sehingga menciptakan gelembung-gelembung udara yang seharusnya tidak ada.
  3. Kesalahan memilih filter atau saringan oli. Saringan atau filter oli terkadang memiliki bentuk, ukuran dan ulir pemasangan yang sama, tetapi diameter ring karet (gasket atau paking) dan lubang sirkulasi oli belum tentu sama. Apabila Sahabat memaksakan untuk memasang saringan oli yang tidak sesuai ukuran ring karet dan lubang sirkulasi olinya, maka oli sudah pasti akan bocor.

Oleh karena itu Sahabat, kebutuhan oli mesin untuk Daihatsu milik Sahabat bukanlah hal yang sepele. Lakukanlah penggantian oli dan filternya hanya di bengkel-bengkel resmi Astra Daihatsu. Untuk mengetahui lokasi-lokasi bengkel resmi  Astra Daihatsu terdekat di kota Sahabat, Sahabat bisa langsung telepon Astra Daihatsu Access di 1500898 atau cukup dengan mengklik link berikut ini: http://bit.ly/2OeQivQ

Images

Mencegah Pecah Ban Di Jalan Tol

Halo Sahabat, sudah tahu belum kalau sebagian besar kondisi jalan Tol Trans Jawa itu menggunakan jenis beton cor sebagai permukaan jalannya atau dikenal dengan sebutan ‘Rigid Pavement’, tanpa dilapisi aspal? Kondisi itu ternyata membuat ban cepat aus dan panas sehingga potensi terjadinya pecah ban sangat besar. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kamu […]

Images

Faktor Faktor Penyebab Overheat Mesin

Hai Sahabat, seringkali kita mendengar atau bahkan melihat sendiri mobil-mobil mengalami overheat atau panas mesin yang berlebihan di jalan. Nah, berikut ini adalah beberapa faktor-faktor penyebab overheat mesin mobil yang perlu kamu ketahui sehingga dapat mencegahnya pada saat akan menggunakan mobilmu apalagi pada saat liburan atau mudik.   Terjadinya Kerusakan Radiator Radiator mempunyai fungsi sangat […]

Images

Memilih Velg After Market

Kamu pastinya selalu ingin agar mobilmu tampil keren dan lain daripada yang lain kan. Hal tersebut bisa kamu lakukan dengan modifikasi sederhana yaitu dengan mengganti velg bawaan dengan velg after market. Tapi Sahabat, memilih velg after market tidak bisa dilakukan sembarangan. Banyak pertimbangan yang perlu kamu ketahui. Kenapa? Karena velg dan ban mobil sangat berkaitan dengan faktor […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY