Bagikan Artikel

Sahabat, semua mesin mobil pasti dilengkapi dengan Radiator. Radiator adalah komponen yang bertugas agar suhu mesin dapat terus terjaga sehingga tidak menimbulkan overheat atau panas mesin berlebihan. Kalau komponen ini tidak kamu perhatikan dengan baik, maka dapat menyebabkan berbagai masalah Radiator semisal kebocoran yang akan mengakibatkan suhu mesin menjadi terlalu panas.

Radiator berperan utama untuk menjaga suhu mesin agar tetap pada suhu ideal saat mesin bekerja, yaitu berada di kisaran suhu 80 – 900C agar mesin tetap dapat bekerja secara efisien sehingga menghasilkan performa yang maksimal untuk mobilmu.

Kalau suhu mesin mobilmu terlalu rendah, maka akan membuat tingkat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros akibat dari tidak sempurnanya pembakaran mesin. Namun jika suhu mesin mobilmu terlalu tinggi, maka akan membuat mesin mobilmu mengalami overheating yang apabila dipaksa untuk terus berjalan, mesin mobilmu akan macet dan rusak berat.

Agar dapat menjaga suhu mesin mobilmu pada suhu ideal, radiator merupakan komponen yang menjadi tempat untuk menampung air atau cairan coolant yang bersirkulasi secara terus menerus selama mesin hidup dan berfungsi untuk mendinginkan mesin saat mesin sudah terlalu panas. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa radiator harus selalu dalam kondisi yang optimal, baik dari sisi luar maupun bagian dalam radiator.

Karena fungsinya yang sangat penting, kamu wajib untuk melakukan perawatan komponen ini secara rutin. Untuk memeriksanya, kamu dapat melihat volume air atau coolant melalui tangki cadangan (reservoir tank) yang biasanya terletak di sisi kanan atau kiri tidak jauh dari radiator itu sendiri.

Setelah kamu menemukan tangki cadangan itu, pastikan volume air atau coolant radiator mobil tetap berada di antara batas maksimum dan jangan sampai melebihi batas maksimum yang telah ditentukan. Hal ini karena ruang yang berada di atas garis batas maksimum itu berguna untuk menampung air dari radiator mobil ketika mesin dalam keadaan hidup.

Selain memperhatikan air atau coolant radiator yang berada di tangki cadangan, komponen motor kipas pendingin radiator sebaiknya juga harus diperhatikan. Pastikan kipas tersebut dapat bekerja dengan baik ketika mesin dalam keadaan hidup. Sebab, komponen tersebut bertugas untuk membantu mendinginkan air radiator tersebut dengan membuang hawa panas keluar dari kisi-kisi radiator .

Kalau kipas sampai mati, maka radiator akan mengalami panas yang berlebihan dan bahkan bisa meledak. Jangan lupa juga untuk memeriksa kisi-kisi radiator. Jika terdapat kotoran yang menyumbat, segera bersihkan agar hawa panas dapat dibuang dari radiator dengan sempurna.

Images

Merawat Aki

Selain smart phone, mobilmu juga dilengkapi dengan baterei. Kalau smart phone-mu ‘lowbat’, kamu tinggal cari colokan atau memasangkannya ke power bank. Nah, kalau yang ‘lowbat’ baterei mobilmu bagaimana? Mogok dan mesin tidak dapat dihidupkan. Baterei di mobilmu itu, disebut dengan Accu (Aki). Fungsinya untuk menyimpan dan mensuplai daya listrik ke seluruh komponen mobil, seperti lampu, […]

Images

Asuransi Kendaraan, Mengapa Penting?

Yippy… Tabungan sudah cukup dan bonus akhir tahun sebentar lagi dibagikan. Saatnya membeli Daihatsu baru di outlet-outlet jaringan Astra Daihatsu. Bagi Sahabat yang baru membeli kendaraan, mungkin bertanya-tanya: apa perlunya berasuransi? Saya kan nyetirnya hati-hati. Pertanyaan serupa barangkali juga masih suka terlontar dari Sahabat yang sudah pernah membeli kendaraan baru, dengan pertanyaan yang juga sama. […]

Images

Manfaat Head Rest Yang Sebenarnya

Sahabat, kalau kamu perhatikan desain sebuah mobil itu tidak hanya soal keindahan saja. Tapi juga menyangkut soal teknologi keselamatan. Banyak komponen dari sebuah mobil mobil yang sengaja dibuat untuk mengurangi risiko saat terjadinya kecelakaan. Produsen sudah sangat memikirkan dengan matang agar pengemudi dan penumpang dapat dengan nyaman saat berkendara dan terhindar dari resiko fatal saat […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY