Bagikan Artikel

Halo Sahabat, kita jumpa lagi di tahun 2019. Bagaimana perjalanan liburan akhir tahunnya? Pasti lancar dan menyenangkan karena menggunakan Daihatsu ya. Sahabat meskipun perjalanan liburannya lancar, ternyata ada beberapa hal yang perlu dilakukan setelah perjalanan jauh dengan mobil. Seperti tubuh kita, setelah bekerja keras tentunya perlu istirahat cukup dan pemulihan stamina, demikian pula dengan mobil. Setelah mengantar Sahabat sekeluarga berlibur, mobil juga perlu untuk disegarkan kembali. Bagian-bagian mana sajakah yang perlu diperiksa setelah Sahabat melakukan perjalanan panjang? Mari kita simak uraian di bawah ini:

Sistim pengereman. Selama menempuh perjalanan jauh biasanya pengemudi sering melakukan pengereman dengan menginjak pedal rem dalam-dalam (heavy braking). Karena itu, setelah kembali dari perjalanan jauh, perangkat pertama yang perlu Sahabat periksa adalah sistem pengereman. Lakukanlah uji terhadap semua peranti rem mulai dari rem depan, belakang hingga rem parkir. Bila Sahabat merasakan rem yang terlalu dalam atau ngempos, sebaiknya Sahabat segera berkonsultasi dengan Sahabat Service Advisor di bengkel resmi Astra Daihatsu agar dapat segera ditangani.

Sistim Kopling. Kopling merupakan alat untuk ‘memutus-sambung’ aliran tenaga dari mesin ke sistem gerak. Plat kopling dapat aus seiring dengan bertambahnya pemakaian. Apalagi kalau kita terlalu sering bermain ‘setengah kopling’ akibat terkena macet di tanjakan. Selain plat kopling, bagian kopling lainnya yang dapat rusak karena pemakaian adalah ‘Release Bearing’ (Laher) dan Dekrup atau ‘Matahari’.

Oli dan filter. Selanjutnya yang perlu Sahabat lakukan adalah memastikan kondisi oli. Pastikan jumlah oli tidak kurang dari batas bawah yang tertera di deep stick oli mesin. Selain itu, teteskan sedikit oli di jari tangan Sahabat dan gesek-gesekan di kedua jari Sahabat. Bila cairan oli terasa pekat atau bahkan terasa ada butiran, maka segera ganti oli tersebut.

Cairan radiator. Selama menempuh perjalanan jauh, mesin membutuhkan proses pendinginan yang ekstra. Disinilah, kerja radiator sebagai perangkat pendingin mesin sangat berperan. Karena suhu mesin yang sangat tinggi, cairan coolant yang ada di dalam radiator dapat berkurang. Setelah menempuh perjalanan jauh, pastikan agar cairan coolant tetap berada pada batas yang dianjurkan. Apabila kurang, dalam keadaan mendesak Sahabat dapat menambahkan dengan air putih minuman dalam kemasan. Tapi sangat disarankan untuk menguras radiator dan mengganti dengan cairan coolant yang baru seusai perjalanan. Karena, selama menempuh perjalanan jauh, cairan radiator mendidih dan bereakasi dengan sel-sel di dalam radiator. Pada saat mencapai titik didih tertinggi, bisa saja unsur-unsur yang ada di air atau cairan coolant bereaksi secara kimiawi dan membentuk partikel baru. Partikel itulah yang dikhawatirkan merusak sel-sel radiator.

Bagian kaki-kaki. Selama menempuh perjalanan jauh, perangkat kaki-kaki menyangga beban yang sangat berat sehingga kondisinya sangat rawan menurun. Terlebih bila jalanan yang Sahabat lalui kurang bagus, banyak lubang, tanjakan, dan basah. Komponen yang wajib Sahabat periksa atau diperbaiki, dan jika perlu diganti adalah tie-rod, ball-joint, bushing arm, dan bearing serta shock absorber. Khusus untuk bantalan roda (laher / bearing) yang sudah aus akan menimbulkan suara mendengung yang makin lama makin keras saat mobil melaju. Jika anda mendapati suara seperti itu, maka segera ganti dengan yang baru. Pasalnya peranti dapat tiba-tiba macet di jalan dan akhirnya merusak perangkat kaki-kaki lainnya.

Periksa Ban. Bersamaan dengan pemeriksaan atau penggantian komponen di bagian kaki-kaki, sebaiknya Sahabat juga memeriksa kondisi ban. Pastikan baut roda masih kencang dan tidak ada yang dol. Begitu pun dengan tekanan angin. Sahabat tidak perlu mengganti ban bila kondisi masih bagus.

Kira-kira itulah hal yang perlu dilakukan setelah perjalanan jauh dengan mobil. Apabila Sahabat masih ragu dengan hasil pemeriksaan Sahabat, Sahabat boleh membawanya ke bengkel-bengkel resmi Astra Daihatsu agar dapat segera di periksa oleh mekanik-mekanik handal Astra Daihatsu yang sudah tersertifikasi. Tapi jangan lupa ya Sahabat, booking service dulu sebelum datang agar Sahabat tidak perlu mengantri lama. Booking Service dapat Sahabat lakukan melalui aplikasi Astra Daihatsu Mobile atau dengan menghubungi Astra Daihatsu Access di 1500898.

 

 

Images

TIPS MERAWAT TRANSMISI OTOMATIS

Sahabat, mobil dengan transmisi otomatis semakin diminati pada masa sekarang ini. Salah satu faktornya adalah karena kondisi jalan di kota-kota besar yang bertambah macet. Mengendarai mobil dengan transmisi otomatis memang lebih praktis dan menyenangkan di tengah-tengah kemacetan, karena kita tidak perlu repot-repot menginjak kopling dan memindah-mindahkan gigi perseneling. Untuk Sahabat yang memiliki mobil dengan transmisi […]

Images

Mudik Dengan Mobil Pribadi Jauh Lebih Praktis

Sahabat Daihatsu, menjelang Hari Raya Idul Fitri yang akan jatuh pada tanggal 5-6 Mei 2019 nanti, aktivitas mudik sudah pasti akan menjadi tradisi wajib. Momen ini pun bagi sebagian besar masyarakat Indonesia akan digunakan untuk pulang ke kampung halaman, berkumpul bersama keluarga serta bersilaturahmi dengan sanak saudara yang jauh. Bukan hanya itu, kegiatan mudik juga […]

Images

Mengatasi Lampu Berembun

Sahabat, lampu mobil merupakan bagian terpenting untuk menjaga visibilitas saat berkendara di malam hari. Salah satu masalah yang paling sering ditemukan pada lampu mobil adalah munculnya embun atau istilahnya ‘kemasukan air’. Adanya embun pada lampu mobil selain membuat tampilan kurang menarik, juga dapat mengurangi intesitas cahaya yang dihasilkannya. Munculnya embun pada lampu mobil terjadi akibat […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY