Bagikan Artikel

Secara tidak sengaja, kamu sebagai pegendara mobil pasti pernah melakukan beberapa kebiasaan yang sebenarnya tidak dibenarkan. Salah satunya adalah saat kamu berhenti di lampu merah, kamu pasti ingin memberikan kesempatan kakimu untuk bersantai dari semua pedal terutama pedal rem dengan menggunakan parking brake atau rem tangan.

Ternyata Sahabat, kebiasaan itu dinilai cukup membahayakan untuk pengemudi dan pengendara lainnya. Karena hal itu malah akan membuat kamu menjadi kurang waspada dengan kondisi sekitar.

Banyak pengendara yang ingin memanfaatkan waktu di lampu merah untuk bersantai dan melakukan aktivitas lain. Seperti memeriksa notifikasi ponsel, minum atau makan dan lainnya. Sangat berbahaya karena fokus kamu akan kondisi sekitar menjadi terganggu.

Baca juga: Mengatasi Rem Blong

Sahabat, lampu merah bukanlah tempat yang baik untuk bersantai dan melakukan aktivitas lainnya yang bisa menurunkan konsentrasi saat mengemudi. Selama berhenti di lampu merah, pengendara wajib tetap waspada.

Selain kurang fokus, penggunaan rem tangan juga berpotensi pada kecelakaan. Karena, ketika pedal rem tidak diinjak maka lampu belakang mobilmu tak menyala. Artinya, mobil dan kendaraan lainnya di belakangmu tidak mendapatkan informasi bahwa mobilmu sedang berhenti.

Agar tetap fokus dan terhindar dari potensi kecelakaan, disarankan pengendara wajib menginjak pedal rem saat stop di lampu merah. Dengan begitu, mobil tak akan melaju dan lampu rem pun tetap menyala sehingga pengguna jalan lain akan kalau kamu berada dalam posisi berhenti.

Dengan posisi kaki tetap menginjak pedal rem, kamu akan tetap waspada dengan kondisi sekitar, terutama saat lampu hijau sudah menyala atau ketika ada pengemudi lainnya yang mencoba menerebos ke depan dengan memanfaatkan ruang sempit. Ini biasanya dilakukan pengendara sepeda motor.

Perlu kamu ingat dan pahami kembali, rem tangan sebenarnya digunakan untuk membuat mobil tetap diam saat posisi parkir. Untuk itu, sebaiknya kamu mulai berlatih untuk menghilangkan kebiasaan tarik rem tangan saat berhenti di lampu merah. Demi mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan. Selamat berkendara ya Sahabat!

 

Images

Jangan Panik Saat Mengalami Overheat

Sahabat, apakah ada diantara kamu yang pernah mengalami mesin mobil overheat pada saat berkendara? Mesin overheat adalah suatu kondisi di mana suhu mesin mobilmu terlalu tinggi, sehingga menyebabkan mesin mobil menjadi terlalu panas dan mogok. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan suhu mesin mobil meningkat melewati batas maksimal. Dan penyebab yang paling umum adalah radiator mampet atau melemahnya […]

Images

Membersihkan Nozzle Penyemprot Air Kaca Depan

Halo Sahabat, bagaimana apakah curah hujan di tempat Sahabat sudah semakin tinggi? Sahabat dalam kondisi musim hujan, pada saat mengemudi kita akan lebih sering menggunakan wiper. Debu dan kotoran yang menempel terkadang malah membuat kaca menjadi buram pada saat awal hujan dimulai atau pada saat kita mulai mengaktifkan wiper. Ditambah, kotoran dari cipratan kendaraan di […]

Images

Pentingnya AC Saat Hujan

Menikmati sejuknya hembusan udara dari air conditioner (AC) di dalam mobil saat panas terik memang asyik banget ya Sahabat! Tak hanya rasa gerah yang hilang, bad mood bisa jadi good mood nih… Pentingnya peranan AC tak hanya di musim panas Sahabat, tetapi juga di musim hujan. Penjelasannya kira-kira begini. Hujan yang mengguyur deras membuat cuaca […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY