Bagikan Artikel

Sahabat, apakah ada diantara kamu yang pernah mengalami mesin mobil overheat pada saat berkendara? Mesin overheat adalah suatu kondisi di mana suhu mesin mobilmu terlalu tinggi, sehingga menyebabkan mesin mobil menjadi terlalu panas dan mogok.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan suhu mesin mobil meningkat melewati batas maksimal. Dan penyebab yang paling umum adalah radiator mampet atau melemahnya motor listrik kipas radiator.

Untuk kamu yang mengalami mesin overheat, tidak perlu panik. Ada beberapa langkah atau cara sederhana untuk mengatasi mesin mobil overheat dengan mudah dan cepat. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan saat mesin overheat:

 

1 Segeralah menepi

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah segera pinggirkan mobilmu. Setelah itu, matikan mesin mobil agar terhindar dari kerusakan yang lebih parah akibat overheat.

2 Buka Kap Mesin

Langkah kedua adalah buka kap mesin. Tunggulah hingga sekitar 15-30 menit agar air di dalam radiator tak terlalu panas. Umumnya, mobil yang mengalami overheat juga bisa disebabkan oleh habisnya cairan di dalam radiator.

3 Cek Cairan Radiator

Langkah berikutnya adalah mengecek kondisi cairan di dalam radiator. Jika habis, maka harus kamu isi lagi sampai benar-benar penuh. Kemudian, periksa indikator suhu mesin pada dashboard yang terintegrasi dengan speedometer (bagian cluster), apakah masih menyala atau tidak.

4 Cari Kebocoran pada Sistem Pendingin

Kalau kamu ada sedikit ketrampilan dalam bidang mesin mobil, coba periksalah radiator, blok mesin, atau kepala silinder di dekat gasket serta selang-selang lainnya. Lihat kondisinya, apakah ada kebocoran atau tidak.

5 Putuskan Tetap Jalan atau Cari Bantuan

Kalau radiatormu hanya kekurangan cairan dan butuh pengisian ulang, itu artinya tak ada masalah. Kamu bisa mengisi air radiator dan melanjutkan perjalanan. Dalam perjalanan, jangan menggunakan AC, aktifkan heater untuk mengurangi panas mesin, dan awasi selalu pentunjuk temperatur mesin. Namun jika dirasa mesin mengalami overheat yang cukup parah, pertimbangkan untuk menghubungi layanan Emergency Roadside Assistance (ERA) melalui aplikasi Astra Daihatsu Mobile. Kalau kamu belum mendownloadnya, yuk segera download di link berikut ini http://bit.ly/2Oq3ptd

 

 

 

Images

Seputaran Shock Breaker

Sahabat, waktu melewati lubang mobilmu kok gedebukan? Suara kaki-kakinya berisik sekali ya. Wah jangan-jangan shock breaker-nya sudah kena tuh! Apa itu shock breaker? Shock breaker adalah sebuah komponen yang berfungsi menjaga kestabilan mobilmu, serta meredam guncangan saat mobilmu melintasi jalan bergelombang ataupun rusak. Kalau kita lihat fungsinya, bisa dibilang shock breaker memiliki peranan penting dalam menunjang mobilitas […]

Images

Mengenali Gejala Fan Belt Sudah Harus Diganti

Sahabat, kamu sudah mengenal komponen yang bernama tali kipas atau fan belt? Tali kipas merupakan komponen yang sangat penting pada sebuah mesin mobil. Komponen ini berupa sabuk atau tali berbahan karet tahan panas yang terus berputar selama mesin mobilmu bekerja. Fungsinya sebagai penerus putaran mesin untuk menggerakkan power steering, AC, water pump, alternator, dan lainnya. Kalau kita lihat dari […]

Images

Bahaya Kelebihan Atau Kekurangan Angin Ban

Sahabat, tentunya kamu sudah faham bahwa ban adalah satu-satunya bagian dari mobilmu yang bersentuhan langsung dengan permukaan aspal. Oleh karenanya, ban mobilmu juga membutuhkan perawatan dan perhatian dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan selalu memperhatikan dan mengontrol tekanan angin ban. Penting untuk kamu ketahui, tekanan angin pada ban mobil berbeda-beda. Roda depan dan belakang, […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY