Bagikan Artikel

Sahabat, apakah ada diantara kamu yang pernah mengalami mesin mobil overheat pada saat berkendara? Mesin overheat adalah suatu kondisi di mana suhu mesin mobilmu terlalu tinggi, sehingga menyebabkan mesin mobil menjadi terlalu panas dan mogok.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan suhu mesin mobil meningkat melewati batas maksimal. Dan penyebab yang paling umum adalah radiator mampet atau melemahnya motor listrik kipas radiator.

Untuk kamu yang mengalami mesin overheat, tidak perlu panik. Ada beberapa langkah atau cara sederhana untuk mengatasi mesin mobil overheat dengan mudah dan cepat. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan saat mesin overheat:

 

1 Segeralah menepi

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah segera pinggirkan mobilmu. Setelah itu, matikan mesin mobil agar terhindar dari kerusakan yang lebih parah akibat overheat.

2 Buka Kap Mesin

Langkah kedua adalah buka kap mesin. Tunggulah hingga sekitar 15-30 menit agar air di dalam radiator tak terlalu panas. Umumnya, mobil yang mengalami overheat juga bisa disebabkan oleh habisnya cairan di dalam radiator.

3 Cek Cairan Radiator

Langkah berikutnya adalah mengecek kondisi cairan di dalam radiator. Jika habis, maka harus kamu isi lagi sampai benar-benar penuh. Kemudian, periksa indikator suhu mesin pada dashboard yang terintegrasi dengan speedometer (bagian cluster), apakah masih menyala atau tidak.

4 Cari Kebocoran pada Sistem Pendingin

Kalau kamu ada sedikit ketrampilan dalam bidang mesin mobil, coba periksalah radiator, blok mesin, atau kepala silinder di dekat gasket serta selang-selang lainnya. Lihat kondisinya, apakah ada kebocoran atau tidak.

5 Putuskan Tetap Jalan atau Cari Bantuan

Kalau radiatormu hanya kekurangan cairan dan butuh pengisian ulang, itu artinya tak ada masalah. Kamu bisa mengisi air radiator dan melanjutkan perjalanan. Dalam perjalanan, jangan menggunakan AC, aktifkan heater untuk mengurangi panas mesin, dan awasi selalu pentunjuk temperatur mesin. Namun jika dirasa mesin mengalami overheat yang cukup parah, pertimbangkan untuk menghubungi layanan Emergency Roadside Assistance (ERA) melalui aplikasi Astra Daihatsu Mobile. Kalau kamu belum mendownloadnya, yuk segera download di link berikut ini http://bit.ly/2Oq3ptd

 

 

 

Images

Mudik Dengan Mobil Pribadi Jauh Lebih Praktis

Sahabat Daihatsu, menjelang Hari Raya Idul Fitri yang akan jatuh pada tanggal 5-6 Mei 2019 nanti, aktivitas mudik sudah pasti akan menjadi tradisi wajib. Momen ini pun bagi sebagian besar masyarakat Indonesia akan digunakan untuk pulang ke kampung halaman, berkumpul bersama keluarga serta bersilaturahmi dengan sanak saudara yang jauh. Bukan hanya itu, kegiatan mudik juga […]

Images

Tips Aman Berkendara Saat Liburan

Halo Sahabat, tak terasa kita sudah memasuki bulan Desember bulan terakhir di tahun 2018 ya, artinya saat untuk liburan akhir tahun segera tiba. Pasti ada diantara Sahabat yang akan pergi berlibur akhir tahun dengan membawa mobil pribadi ya. Untuk Sahabat yang memiliki rencana berlibur dengan menggunakan Daihatsunya, jangan lupa untuk persiapkan Daihatsu milik Sahabat dengan […]

Images

Mengatasi Lampu Berembun

Sahabat, lampu mobil merupakan bagian terpenting untuk menjaga visibilitas saat berkendara di malam hari. Salah satu masalah yang paling sering ditemukan pada lampu mobil adalah munculnya embun atau istilahnya ‘kemasukan air’. Adanya embun pada lampu mobil selain membuat tampilan kurang menarik, juga dapat mengurangi intesitas cahaya yang dihasilkannya. Munculnya embun pada lampu mobil terjadi akibat […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY