Bagikan Artikel

Sahabat, kamu ingat tidak salah satu ketakutanmu saat masih menjadi pengemudi pemula? Kamu pasti takut pada saat berhenti di tanjakan ya! Apalagi kalau sampai terkena macet di tanjakan, kamu pasti langsung berkeringat padahal AC mobilmu tidak bermasalah. Hehehe… sangat menegangkan ya.

Untuk Sahabat yang Surat Ijin Mengemudinya masih hangat baru keluar dari kantor Kepolisian, berhenti atau mengalami kemacetan di tanjakan biasanya menjadi ‘hantu’, apalagi untuk kamu yang mengemudi dengan mobil bertransmisi manual. Banyak pengemudi mobil pemula yang kurang paham cara mengolah pedal kopling di jalan menanjak.

Baca juga: Seputar Freon AC

Kalau kamu tidak pintar-pintar mengolah pedal kopling, maka akan mengakibatkan mobilmu mundur saat start atau saat melaju kembali di tanjakan. Ini tentunya dapat berisiko bagian belakang mobilmu menabrak mobil lain yang ada di belakang (nggelondor). ­­

Pada saat itu biasanya kamu akan berkeringat dan panik. Kondisi inilah yang justru menambah buruk keadaan. Untuk menghindari kondisi tersebut, ada beberapa teknik yang bisa kamu lakukan untuk menaklukkan macet di tanjakan.

Teknik berkendara yang biasanya dilakukan oleh pengemudi pemula ketika macet di tanjakan adalah dengan menggunakan teknik setengah kopling atau menggantung kopling. Teknik ini memang bisa dilakukan di saat situasi jalan yang mengharuskan kita berhenti dalam waktu singkat pada tanjakan yang cukup curam.

Akan tetapi, teknik ini sangat berisiko kalau dilakukan terus menerus ketika menghadapi tanjakan. Karena, teknik ini bisa mengakibatkan kanvas kopling mobil cepat panas, atau rusak ditandai dengan terciumnya bau sangit (gosong) hingga keluarnya asap. Teknik ini juga tidak dianjurkan untuk menaklukkan tanjakan dalam kondisi macet.

Lalu bagaimana cara menaklukkan kondisi macet di tanjakan? Kamu bisa memanfaatkan fitur paling standar yang ada di mobilmu yaitu Rem Tangan. ketika mobil terpaksa berhenti di tanjakan tariklah rem tangan. Biarkan rem tangan memainkan perannya (menahan mobil turun). Lalu, ketika mobil sudah siap melaju, injak pedal kopling, masukkan gigi satu, dan injak gas. Angkat kopling sedikit untuk membuat mobil terasa menghentak.

Dengan menambahkan daya melalui injakan di pedal gas, rasakanlah terlebih dahulu tenaga mobil yang semakin besar dan semakin menghentak sembari mengangkat pedal kopling secara perlahan. Dalam keadaan seperti ini, rem tangan siap dilepas dan mobil akan melaju tanpa mundur terlebih dahulu (nggelondor). Ingat ya Sahabat, angkat pedal kopling secara perlahan dan jangan terburu-buru. Kalau kamu mengangkatnya dengan terburu-buru malah akan menyebabkan mesin mobilmu mati dan membahayakan mobil lain di belakangmu.

Nah Sahabat, jangan takut untuk macet-macetan lagi di tanjakan ya!

Images

Merawat Mobil Matic

Sahabat, kondisi lalu lintas di kota-kota besar Indonesia yang semakin padat membuat permintaan akan mobil dengan transmisi otomatis semakin meningkat. Mobil dengan transmisi otomatis ini lazim disebut dengan mobil ‘matic’ yang merupakan singkatan dari kata ‘automatic’. Harga jual mobil matic yang sedikit lebih mahal dari mobil manual, tidak membuatnya terhindar dari kerusakan. Ada beberapa cara […]

Images

Faktor Penyebab Volume Oli Mesin Berkurang

Sahabat Daihatsu, apakah sebelum berangkat tadi pagi Sahabat sempat cek volume oli mesin? Kalau Sahabat lupa atau bahkan tidak pernah cek volume oli mesin, kami sarankan agar mulai mengecek selalu volume oli mesin secara berkala ya. Caranya mudah kok Sahabat, tinggal tarik deep stick oli mesin yang ada di sebelah kiri atau kanan blok mesin. […]

Images

Bepergian Aman untuk Sahabat Wanita

Bepergian degan mobil pribadi memang lebih nyaman daripada menggunakan kendaraan umum. Namun jika Sahabat adalah seorang wanita, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan agar bisa berkendara dengan aman . Simak tips berikut yang spesial untuk Sahabat wanita: Periksa Sebelum Bepergian Penting bagi Sahabat wanita untuk selalu memeriksa kendaraan sebelum bepergian, seperti kondisi ban, bahan bakar, […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY