Bagikan Artikel

Sahabat, kamu ingat tidak salah satu ketakutanmu saat masih menjadi pengemudi pemula? Kamu pasti takut pada saat berhenti di tanjakan ya! Apalagi kalau sampai terkena macet di tanjakan, kamu pasti langsung berkeringat padahal AC mobilmu tidak bermasalah. Hehehe… sangat menegangkan ya.

Untuk Sahabat yang Surat Ijin Mengemudinya masih hangat baru keluar dari kantor Kepolisian, berhenti atau mengalami kemacetan di tanjakan biasanya menjadi ‘hantu’, apalagi untuk kamu yang mengemudi dengan mobil bertransmisi manual. Banyak pengemudi mobil pemula yang kurang paham cara mengolah pedal kopling di jalan menanjak.

Baca juga: Seputar Freon AC

Kalau kamu tidak pintar-pintar mengolah pedal kopling, maka akan mengakibatkan mobilmu mundur saat start atau saat melaju kembali di tanjakan. Ini tentunya dapat berisiko bagian belakang mobilmu menabrak mobil lain yang ada di belakang (nggelondor). ­­

Pada saat itu biasanya kamu akan berkeringat dan panik. Kondisi inilah yang justru menambah buruk keadaan. Untuk menghindari kondisi tersebut, ada beberapa teknik yang bisa kamu lakukan untuk menaklukkan macet di tanjakan.

Teknik berkendara yang biasanya dilakukan oleh pengemudi pemula ketika macet di tanjakan adalah dengan menggunakan teknik setengah kopling atau menggantung kopling. Teknik ini memang bisa dilakukan di saat situasi jalan yang mengharuskan kita berhenti dalam waktu singkat pada tanjakan yang cukup curam.

Akan tetapi, teknik ini sangat berisiko kalau dilakukan terus menerus ketika menghadapi tanjakan. Karena, teknik ini bisa mengakibatkan kanvas kopling mobil cepat panas, atau rusak ditandai dengan terciumnya bau sangit (gosong) hingga keluarnya asap. Teknik ini juga tidak dianjurkan untuk menaklukkan tanjakan dalam kondisi macet.

Lalu bagaimana cara menaklukkan kondisi macet di tanjakan? Kamu bisa memanfaatkan fitur paling standar yang ada di mobilmu yaitu Rem Tangan. ketika mobil terpaksa berhenti di tanjakan tariklah rem tangan. Biarkan rem tangan memainkan perannya (menahan mobil turun). Lalu, ketika mobil sudah siap melaju, injak pedal kopling, masukkan gigi satu, dan injak gas. Angkat kopling sedikit untuk membuat mobil terasa menghentak.

Dengan menambahkan daya melalui injakan di pedal gas, rasakanlah terlebih dahulu tenaga mobil yang semakin besar dan semakin menghentak sembari mengangkat pedal kopling secara perlahan. Dalam keadaan seperti ini, rem tangan siap dilepas dan mobil akan melaju tanpa mundur terlebih dahulu (nggelondor). Ingat ya Sahabat, angkat pedal kopling secara perlahan dan jangan terburu-buru. Kalau kamu mengangkatnya dengan terburu-buru malah akan menyebabkan mesin mobilmu mati dan membahayakan mobil lain di belakangmu.

Nah Sahabat, jangan takut untuk macet-macetan lagi di tanjakan ya!

Images

Manfaat Dan Penggunaan Lampu Hazard

Sahabat, di dashboard mobilmu pasti ada tombol dengan ukuran agak lebih besar dengan gambar segitiga di bagian tengahnya kan. Itu adalah tombol untuk mengaktifkan lampu hazard. Lampu hazard adalah lampu tanda darurat. Lampu ini menyala dengan cara lampu sein kanan dan kiri berkedip secara bersamaan. Untuk menyalakan lampu ini, kamu cukup menekan tombol besar dengan gambar segitiga […]

Images

Mudik Aman Dan Lancar Dengan Mobil Pribadi

Sahabat, menjelang akhir bulan Ramadhan, apalagi yang ditunggu-tunggu kalau bukan pulang mudik untuk bertemu dengan keluarga besar di kampung halaman. Tiket mudik biasanya harus dipesan dari jauh-jauh hari biar kamu tidak kehabisan tiket dan menghindari harga tiket yang melambung karena tuslah. Sahabat, sebenarnya mudik dengan menggunakan mobil pribadi banyak kelebihannya lho. Di kampung halaman nanti, kamu […]

Images

Merawat Aki

Selain smart phone, mobilmu juga dilengkapi dengan baterei. Kalau smart phone-mu ‘lowbat’, kamu tinggal cari colokan atau memasangkannya ke power bank. Nah, kalau yang ‘lowbat’ baterei mobilmu bagaimana? Mogok dan mesin tidak dapat dihidupkan. Baterei di mobilmu itu, disebut dengan Accu (Aki). Fungsinya untuk menyimpan dan mensuplai daya listrik ke seluruh komponen mobil, seperti lampu, […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY