Bagikan Artikel

Sahabat, seperti kita bersama ketahui mogok adalah mimpi buruk setiap pengemudi. Yang pertama kali terpikirkan olehmu biasanya adalah kehabisan bahan bakar. Tapi, saat dilihat ternyata indikator bahan bakar menunjukkan bahwa isi tangki mobilmu masih penuh.

Kondisi ini pasti akan pengemudi merasa panik, terlebih lagi bagi yang kurang paham dengan mesin mobil. Sahabat, kalau mogok jangan panik, ada baiknya kamu memahami beberapa penyebab mesin mobil mati mendadak, seperti berikut ini:

 

Catalytic Converter Rusak

Konverter katalik mobil berfungsi sebagai alat pengendali emisi gas buang yang berguna untuk mengubah gas polutan beracun agar memiliki kadar racun yang rendah dengan cara mereduksinya. Alat ini bisa rusak dan menyebabkan mesin mobil mati mendadak ketika bahan bakar terlalu banyak residu (akibat penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai anjuran Buku Manual Kepemilikan Kendaraanmu), sehingga mengakibatkan adaptor bermasalah. Ujung-ujungnya knalpot akan terbebani secara berlebihan dan pembuangan tidak optimal.

Gearbox Kehabisan Oli

Gearbox mobil atau transmisi juga dapat menyebabkan mesin mobil mati mendadak. Sebagai penerus tenaga mesin ke as roda, gearbox menjadi salah satu bagian terpenting dari kendaraan. Oleh karena itu, kamu harus sering-sering memeriksa pelumasnya. Jangan sampai gearbox kekurangan bahkan kehabisan oli. Banyaknya oli tergantung jenis dan model mobil. Untuk transmisi otomatis, volume oli bisa kamu lihat dari deepstick yang ada di ruang mesin, sedangkan untuk transmisi manual kamu harus memeriksanya di bengkel-bengkel resmi Astra Daihatsu.

Overheat

Mesin mati mendadak yang paling umum juga bisa disebabkan oleh overheat. Hal ini biasanya karena pemilik kendaraan jarang mengecek cairan radiator. Kalau cairan radiator kurang atau bahkan habis, maka jangan heran apabila kamu mengalami masalah ini. Tidak adanya cairan pendingin yang cukup untuk menjaga suhu mesin, dapat berakibat fatal pada mesin. Salah satunya adalah piston mobilmu yang dapat memuai di luar batas wajar dan menyebabkan mesin mobilmu macet serta rusak berat.

Masalah Kelistrikan

Kelistrikan adalah bagian serius pada kendaraan yang juga harus diperhatikan dengan baik. Bagian yang biasanya luput dari perhatian adalah alternator. Padahal fungsi bagian ini sangat penting, yaitu untuk menyuplai cadangan listrik ke aki. Sehingga aki dapat terisi dan membuat performa mobil optimal. Alternator yang rusak kebanyakan dialami oleh mobil dengan usia 5 tahun atau lebih. Selain itu, rusaknya alternator juga dapat dikarenakan oleh modifikasi yang cukup membebani kelistrikan, seperti pemasangan lampu dan audio yang berlebih.

 

Sahabat, kalau mogok jangan panik.  Segera pinggirkan mobilmu. Selain itu, pasanglah segitiga pengaman atau penanda lainnya. Usahakan taruh segitiga pengaman tersebut berada 30 sampai 50 meter dari mobilmu dan jangan lupa juga untuk menyalakan lampu hazard. Sekiranya kamu tidak dapat menanganinya sendiri, segera panggil layanan Emergency Roadside Assistance (ERA) dari Astra Daihatsu melalui Astra Daihatsu Access di 1500898 atau aplikasi Astra Daihatsu Mobile.

Images

Manfaat Dan Penggunaan Lampu Hazard

Sahabat, di dashboard mobilmu pasti ada tombol dengan ukuran agak lebih besar dengan gambar segitiga di bagian tengahnya kan. Itu adalah tombol untuk mengaktifkan lampu hazard. Lampu hazard adalah lampu tanda darurat. Lampu ini menyala dengan cara lampu sein kanan dan kiri berkedip secara bersamaan. Untuk menyalakan lampu ini, kamu cukup menekan tombol besar dengan gambar segitiga […]

Images

Tips Aman Berkendara Saat Liburan

Halo Sahabat, tak terasa kita sudah memasuki bulan Desember bulan terakhir di tahun 2018 ya, artinya saat untuk liburan akhir tahun segera tiba. Pasti ada diantara Sahabat yang akan pergi berlibur akhir tahun dengan membawa mobil pribadi ya. Untuk Sahabat yang memiliki rencana berlibur dengan menggunakan Daihatsunya, jangan lupa untuk persiapkan Daihatsu milik Sahabat dengan […]

Images

Seputaran Shock Breaker

Sahabat, waktu melewati lubang mobilmu kok gedebukan? Suara kaki-kakinya berisik sekali ya. Wah jangan-jangan shock breaker-nya sudah kena tuh! Apa itu shock breaker? Shock breaker adalah sebuah komponen yang berfungsi menjaga kestabilan mobilmu, serta meredam guncangan saat mobilmu melintasi jalan bergelombang ataupun rusak. Kalau kita lihat fungsinya, bisa dibilang shock breaker memiliki peranan penting dalam menunjang mobilitas […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY