Bagikan Artikel

Sahabat, busi pada semua mesin kendaraan bermotor memiliki usia pakai. Ketika usia pakainya berakhir, maka daya percikan api busi itu menurun. Akibatnya, laju mobil kesayanganmu tidak akan maksimal.

Busi mobil yang bermasalah umumnya ditandai dengan mesin yang tidak stabil atau ‘mbrebet’, akselerasi tidak gesit, mesin susah dihidupkan hingga konsumsi bahan bakar menjadi boros. Oleh karenanya, busi membutuhkan perawatan secara berkala agar terhindar dari semua masalah tersebut. Nah, kapan waktu yang tepat untuk mengganti busi pada mobilmu?

Waktu yang tepat mengganti busi bisa dilakukan dengan formula 2:1 yaitu dua kali ganti oli, satu kali ganti busi. Atau, busi dapat diganti pada jarak tempuh sekitar 20.000 km karena jarak tempuh pemakaian oli mesin mobil-mobil modern sekarang ini hingga 10.000km. Perhitungan itu juga didasari oleh titik pertama kali ketika busi mengalami erosi atau pengurangan dimensi alias pelebaran jarak. Pelebaran jarak ini adalah jarak antara elektroda pusat ke massa atau ‘ground’.

Bukan cuma usia busi Sahabat, kamu juga harus memahami bahan dan tingkat kerusakan elektroda di kepala besi. Misalnya pada busi berbahan nikel tanpa logam mulia seperti busi standar, masa pemakaian busi tersebut hanya mampu mencapai 20.000 km untuk mobil. Sementara busi yang memiliki kandungan logam seperti iridium, memiliki daya tahan lebih lama dibanding busi nikel.

Terlepas dari itu semua, sebagai pemilik mobil kamu juga harus rajin mengecek kondisi busi mobilmu secara berkala. Itu dilakukan demi kenyamanan dan kelancaran saat berkendara. Jadi, kamu sudah tau kan kapan waktu yang tepat untuk mengganti busi? Tapi jangan lupa Sahabat, ganti businya di bengkel resmi Astra Daihatsu ya!

Images

Parkir Pararel Itu Mudah

Sahabat, apakah kamu termasuk dalam golongan orang yang beranggapan bahwa parkir pararel itu sejenis ‘horror’? Saat kamu sedang mencari parkir di pusat-pusat perbelanjaan, terutama di akhir pekan dan masih tanggal muda, hampir dipastikan lahan parkir penuh. Jika sudah begitu, mau tidak mau kamu harus memarkir mobilmu secara paralel. Saat kamu akan melakukan parkir paralel, biasanya […]

Images

Parkir Mundur Sangatlah Mudah

Sebagai pengendara pemula, pasti kamu pernah mengalami kesulitan saat akan memarkirkan mobilmu, terutama untuk parkir mundur di rumah atau di pusat-pusat perbelanjaan. Parkir mundur memang dianggap sulit karena daya pandang yang kurang maksimal. Untuk kamu yang belum berpengalaman, kondisi ini dikhawatirkan bisa menyebabkan hal-hal yang tidak kita inginkan. Namun demikian, sebagai pengendara pemula kamu harus […]

Images

Cara Mudah Mengatasi Kaca Berembun

Sahabat, salah satu masalah berkendara di saat hujan adalah kaca mobil yang berembun. Embun pada kaca mobil terjadi karena adanya perbedaan suhu di dalam dan di luar mobil secara siknifikan. Selain itu, AC yang bermasalah juga bisa menjadi penyebabnya. Banyak orang menganggap sepele masalah kaca mobil yang berembun. Padahal, embun pada kaca mobil cukup membahayakan […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY