Bagikan Artikel

Sahabat, busi pada semua mesin kendaraan bermotor memiliki usia pakai. Ketika usia pakainya berakhir, maka daya percikan api busi itu menurun. Akibatnya, laju mobil kesayanganmu tidak akan maksimal.

Busi mobil yang bermasalah umumnya ditandai dengan mesin yang tidak stabil atau ‘mbrebet’, akselerasi tidak gesit, mesin susah dihidupkan hingga konsumsi bahan bakar menjadi boros. Oleh karenanya, busi membutuhkan perawatan secara berkala agar terhindar dari semua masalah tersebut. Nah, kapan waktu yang tepat untuk mengganti busi pada mobilmu?

Waktu yang tepat mengganti busi bisa dilakukan dengan formula 2:1 yaitu dua kali ganti oli, satu kali ganti busi. Atau, busi dapat diganti pada jarak tempuh sekitar 20.000 km karena jarak tempuh pemakaian oli mesin mobil-mobil modern sekarang ini hingga 10.000km. Perhitungan itu juga didasari oleh titik pertama kali ketika busi mengalami erosi atau pengurangan dimensi alias pelebaran jarak. Pelebaran jarak ini adalah jarak antara elektroda pusat ke massa atau ‘ground’.

Bukan cuma usia busi Sahabat, kamu juga harus memahami bahan dan tingkat kerusakan elektroda di kepala besi. Misalnya pada busi berbahan nikel tanpa logam mulia seperti busi standar, masa pemakaian busi tersebut hanya mampu mencapai 20.000 km untuk mobil. Sementara busi yang memiliki kandungan logam seperti iridium, memiliki daya tahan lebih lama dibanding busi nikel.

Terlepas dari itu semua, sebagai pemilik mobil kamu juga harus rajin mengecek kondisi busi mobilmu secara berkala. Itu dilakukan demi kenyamanan dan kelancaran saat berkendara. Jadi, kamu sudah tau kan kapan waktu yang tepat untuk mengganti busi? Tapi jangan lupa Sahabat, ganti businya di bengkel resmi Astra Daihatsu ya!

Images

Faktor Faktor Penyebab Overheat Mesin

Hai Sahabat, seringkali kita mendengar atau bahkan melihat sendiri mobil-mobil mengalami overheat atau panas mesin yang berlebihan di jalan. Nah, berikut ini adalah beberapa faktor-faktor penyebab overheat mesin mobil yang perlu kamu ketahui sehingga dapat mencegahnya pada saat akan menggunakan mobilmu apalagi pada saat liburan atau mudik.   Terjadinya Kerusakan Radiator Radiator mempunyai fungsi sangat […]

Images

TIPS MERAWAT TRANSMISI OTOMATIS

Sahabat, mobil dengan transmisi otomatis semakin diminati pada masa sekarang ini. Salah satu faktornya adalah karena kondisi jalan di kota-kota besar yang bertambah macet. Mengendarai mobil dengan transmisi otomatis memang lebih praktis dan menyenangkan di tengah-tengah kemacetan, karena kita tidak perlu repot-repot menginjak kopling dan memindah-mindahkan gigi perseneling. Untuk Sahabat yang memiliki mobil dengan transmisi […]

Images

HINDARI PARKIR DI BAWAH TERIK MATAHARI

Halo Sahabat, meskipun musim penghujan sudah dimulai, bukan berarti tidak ada panas sama sekali ya. Sahabat, salah satu cara paling mudah merawat interior dan exterior mobil sekaligus adalah dengan tidak memarkirnya langsung di bawah terik sinar Matahari. Selain membuat warna cat bodi cepat kusam, memarkir mobil di bawah terik Matahari secara langsung dapat membuat panel-panel […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY