Bagikan Artikel

Sahabat, selama bulan Suci Ramadan atau bulan Puasa, masalah yang paling sering kita hadapi saat berkendara adalah kantuk luar biasa di pagi hari dan kemacetan luar biasa di sore hari. Hanya saja hal ini sering diabaikan oleh para pengendara, sehingga dapat mengakibatkan risiko buruk terjadi.

Agar kita dapat lancar beribadah Puasa dan perjalanan serta pekerjaan tidak terganggu, yuk kita lakukan beberapa tips ringan berikut ini :

Istirahat Cukup

Kalau kamu seorang karyawan atau pegawai yang setiap hari harus pergi pagi ke kantor dengan membawa kendaraan, optimalkan waktu tidurmu di malam sebelumnya. Sebisa mungkin hindari kegiatan yang dapat mengurangi waktu tidur, seperti hang out atau menonton televisi. Tidur yang cukup dapat menjadi solusi menghindari kantuk saat puasa, sehingga perjalanan ke kantor tetap aman.

Sopan di Jalan

Berusahalah untuk selalu berkendara dengan sopan dan tertib. Terutama saat jam-jam padat, hal ini sangat membantu mengurangi konflik antar pengendara yang dapat mengakibatkan bertambah macetnya jalanan di pagi dan sore hari.

Kurangi Kecepatan

Kantuk dan lelah dapat mengakibatkan kecelakaan. Untuk itu, jangan hanya karena alasan agar cepat sampai ke rumah lantas kamu memacu laju kendaraanmu dengan cepat. Berkendaralah dengan kecepatan wajar dan sesuai dengan kondisi jalanan.

Gunakan GPS

Saat ini sudah tersedia beberapa pilihan layanan pemantau kondisi lalu lintas melalui gawai berupa peta elektronik. Optimalkan fungsinya untuk memantau kondisi jalanan, sehingga kamu dapat memilih rute tercepat untuk sampai ke tempat tujuanmu.

Kendalikan Emosi

Saat Puasa, terutama menjelang berbuka, sudah pasti kamu ingin  sampai ke tempat tujuan dengan cepat. Banyak kejadian buruk yang berawal dari prilaku di atas tadi. Karena ingin sampai tujuan dengan cepat, banyak pengendara yang tidak memperdulikan orang lain. Hasilnya, banyak kecelakaan terjadi karena alasan ini. Untuk itu, kendalikanlah emosimu saat berkendara. Sabar dan jangan mengumpat saat menyetir. Bisa batal lho Sahabat!

Lindungi Kendaraan

Meski beberapa tips di atas sudah kamu lakukan, kamu tetap harus melakukan tindakan preventif untuk melindungi diri dan kendaraanmu dari musibah yang tak diinginkan. Karena meskipun sudah tertib di jalanan, bukan tidak mungkin pengendara lain menabrak mobilmu. Di sinilah pentingnya asuransi yang akan memastikan ketenanganmu saat berkendara. Dengan asuransi, kamu tidak perlu khawatir jika terjadi kerusakan. Biarkan pihak asuransi yang memperbaiki mobilmu. Hayo sudah mengasuransikan Daihatsumu belum?

 

Nah itulah Sahabat, beberapa tips agar lancar berkendara saat Puasa. Yuk sempurnakan ibadah Puasamu hari ini dan selamat berbuka Puasa ya Sahabat!

Images

Parkir Mundur Sangatlah Mudah

Sebagai pengendara pemula, pasti kamu pernah mengalami kesulitan saat akan memarkirkan mobilmu, terutama untuk parkir mundur di rumah atau di pusat-pusat perbelanjaan. Parkir mundur memang dianggap sulit karena daya pandang yang kurang maksimal. Untuk kamu yang belum berpengalaman, kondisi ini dikhawatirkan bisa menyebabkan hal-hal yang tidak kita inginkan. Namun demikian, sebagai pengendara pemula kamu harus […]

Images

Kalau Mogok Jangan Panik

Sahabat, seperti kita bersama ketahui mogok adalah mimpi buruk setiap pengemudi. Yang pertama kali terpikirkan olehmu biasanya adalah kehabisan bahan bakar. Tapi, saat dilihat ternyata indikator bahan bakar menunjukkan bahwa isi tangki mobilmu masih penuh. Kondisi ini pasti akan pengemudi merasa panik, terlebih lagi bagi yang kurang paham dengan mesin mobil. Sahabat, kalau mogok jangan panik, […]

Images

Membersihkan Plafon Mobil

Halo Sahabat, pernahkah Sahabat memperhatikan plafon mobil Sahabat? Bagian ini memang terkadang luput dari perhatian kita saat membersihkan interior mobil karena posisinya yang di atas batas pandangan mata. Meskipun plafon berada di atas batas pandangan mata kita, plafon mobil tetap harus dirawat dan selalu dibersihkan agar kebersihan mobil tetap terjaga dan Sahabat beserta keluarga pun […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY