Bagikan Artikel

Sahabat, aki berperan sangat penting pada saat mobil pertama kali dihidupkan, karena aki adalah satu-satunya sumber listrik untuk menghidupkan motor starter. Rata-rata aki mobil dapat bertahan selama 2 sampai 5 tahun tergantung pada merek dan perilaku pemakainya.

Namun begitu, usia aki bisa kita maksimalkan Sahabat… Simak tips sederhananya di bawah ini:

  1. Pastikan semua peralatan elektronik telah dimatikan sebelum Sahabat mematikan mesin. Sebut saja seperti lampu depan utama, lampu senja, lampu interior, radio, AC, wiper mobil, pemutar musik, dan lain-lainnya. Kalau perlu tunggu hingga kipas elektrik berhenti bekerja baru matikan mesin. Sebab, berbagai peralatan yang dibiarkan hidup tidak hanya akan menguras daya aki tetapi juga berisiko merusak sistem listrik mobil. Selain itu juga memberi beban ekstra pada aki saat menghidupkan mesin mobil padahal untuk menghidupkannya saja, beban aki sudah sangat berat.
  2. Hindari korosi (karat) pada terminal aki, karena tak hanya dapat memperpendek umur aki tetapi juga menyebabkan terminal aki menjadi lapuk dan akhirnya patah. Pastikan pula tidak ada serbuk putih (seperti cendawan) yang menempel pada terminal aki karena berakibat cepat terkena korosi. Ini bisa terjadi karena ada kebocoran di sekitar pangkal terminal aki. Untuk mencegahnya Sahabat bisa melumuri terminal aki dengan gemuk atau stenpet.
  3. Periksa apakah ada kabel yang longgar atau tidak. Cek juga dudukan aki, bila rusak atau berkarat maka dianjurkan untuk diperbaiki karena berpotensi membuat posisi aki tidak stabil sehingga miring dan akhirnya akan memperpendek umur aki. Mengapa? Karena hal ini membuat sel-sel aki tidak terendam sempurna oleh air aki.
  4. Cek tali kipas atau fan belt alternator secara berkala. Fan belt yang rusak (karena sudah melar) akan membuat proses pengisian aki tidak sempurna dan akan merusak sel-sel aki.
  5. Untuk aki basah, ganti atau kuras air aki secara berkala agar kadar keasamannya pas. Pemakaian terus menerus dapat membuat kadar keasaman bertambah dan akan mengurangi pengoptimalan kerja aki. Sebaliknya pemakaian yang jarang akan membuat kadar keasaman air aki berkurang. Ini juga dapat mengurangi pengoptimalan kerja aki. Biasanya yang terjadi adalah kapasitas penyimpanan listrik aki menurun sehingga berkurang daya simpan listriknya (tekor).

Selamat mencoba ya Sahabat!

Images

Peran Si Wiper Belakang

Sahabat, salah satu kelengkapan tambahan mobil yang sangat membantu di musim hujan ini adalah wiper pada kaca belakang. Bahkan di beberapa model mobil, fitur ini sudah menjadi kelengkapan standar. Peranannya memang penting Sahabat, terutama untuk membersihkan kaca belakang agar pandangan kita tetap jelas sewaktu mundur atau sekadar memantau keadaan di belakang mobil kita. Namun pengoperasian […]

Images

Mengenal Jenis Jenis Kaca Mobil

Halo Sahabat, apakah Sahabat pernah memperhatikan tulisan kecil di sudut bawah kaca mobil Sahabat? Selain merk, tulisan tersebut memuat informasi mengenai tahun pembuatan dan jenis kaca tersebut. Biasanya jenis kaca standart yang dipakai oleh pembuat mobil ada dua macam, dibedakan dari sruktur dan fungsi yang berbeda, hal tersebut dimaksudkan agar keselamatan penumpang di dalam kendaraan […]

Images

Pentingnya AC Saat Hujan

Menikmati sejuknya hembusan udara dari air conditioner (AC) di dalam mobil saat panas terik memang asyik banget ya Sahabat! Tak hanya rasa gerah yang hilang, bad mood bisa jadi good mood nih… Pentingnya peranan AC tak hanya di musim panas Sahabat, tetapi juga di musim hujan. Penjelasannya kira-kira begini. Hujan yang mengguyur deras membuat cuaca […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY