Bagikan Artikel

Sahabat, aki berperan sangat penting pada saat mobil pertama kali dihidupkan, karena aki adalah satu-satunya sumber listrik untuk menghidupkan motor starter. Rata-rata aki mobil dapat bertahan selama 2 sampai 5 tahun tergantung pada merek dan perilaku pemakainya.

Namun begitu, usia aki bisa kita maksimalkan Sahabat… Simak tips sederhananya di bawah ini:

  1. Pastikan semua peralatan elektronik telah dimatikan sebelum Sahabat mematikan mesin. Sebut saja seperti lampu depan utama, lampu senja, lampu interior, radio, AC, wiper mobil, pemutar musik, dan lain-lainnya. Kalau perlu tunggu hingga kipas elektrik berhenti bekerja baru matikan mesin. Sebab, berbagai peralatan yang dibiarkan hidup tidak hanya akan menguras daya aki tetapi juga berisiko merusak sistem listrik mobil. Selain itu juga memberi beban ekstra pada aki saat menghidupkan mesin mobil padahal untuk menghidupkannya saja, beban aki sudah sangat berat.
  2. Hindari korosi (karat) pada terminal aki, karena tak hanya dapat memperpendek umur aki tetapi juga menyebabkan terminal aki menjadi lapuk dan akhirnya patah. Pastikan pula tidak ada serbuk putih (seperti cendawan) yang menempel pada terminal aki karena berakibat cepat terkena korosi. Ini bisa terjadi karena ada kebocoran di sekitar pangkal terminal aki. Untuk mencegahnya Sahabat bisa melumuri terminal aki dengan gemuk atau stenpet.
  3. Periksa apakah ada kabel yang longgar atau tidak. Cek juga dudukan aki, bila rusak atau berkarat maka dianjurkan untuk diperbaiki karena berpotensi membuat posisi aki tidak stabil sehingga miring dan akhirnya akan memperpendek umur aki. Mengapa? Karena hal ini membuat sel-sel aki tidak terendam sempurna oleh air aki.
  4. Cek tali kipas atau fan belt alternator secara berkala. Fan belt yang rusak (karena sudah melar) akan membuat proses pengisian aki tidak sempurna dan akan merusak sel-sel aki.
  5. Untuk aki basah, ganti atau kuras air aki secara berkala agar kadar keasamannya pas. Pemakaian terus menerus dapat membuat kadar keasaman bertambah dan akan mengurangi pengoptimalan kerja aki. Sebaliknya pemakaian yang jarang akan membuat kadar keasaman air aki berkurang. Ini juga dapat mengurangi pengoptimalan kerja aki. Biasanya yang terjadi adalah kapasitas penyimpanan listrik aki menurun sehingga berkurang daya simpan listriknya (tekor).

Selamat mencoba ya Sahabat!

Images

Daihatsu Baru dengan Cicilan Ringan, Mau?

Sahabat sudah tidak sabar untuk memiliki Daihatsu baru? Tenang, Daihatsu memiliki beragam pilihan model dengan harga yang sesuai isi kantong. Hanya saja, masih ada sebagian Sahabat yang masih mencari cara agar cicilan bisa lebih ringan. Mungkin karena Sahabat masih memiliki beberapa kewajiban rutin lainnya seperti cicilan rumah, biaya pendidikan anak atau sedang ada keperluan mendesak […]

Images

Manfaat Rotasi Ban

Sahabat sudah tentu setuju ya, bahwa ban adalah bagian yang sangat penting karena bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Oleh karenanya, Sahabat pasti juga menyadari bahwa, ban juga memegang peranan penting saat kita berkendara. Dengan demikian Sahabat sudah pasti harus merawat ban dengan baik agar perjalanan Sahabat bersama keluarga dan orang-orang terkasih menjadi aman dan lancar. […]

Images

Membersihkan Mesin Mobil Dengan Benar

Sahabat, coba buka kap mesin mobilmu. Wahduh… kok kotor sekali ya, banyak debu dan… lho kok ada daun-daun kering disana? Wah, harus segera dibersihkan ya. Sahabat, ruang mesin juga harus mendapatkan perawatan seperti bagian extrior dan interior. Mesin mobil yang bersih dan terawat, akan menjadikan mesin semakin awet meskipun umurnya sudah tak muda lagi. Membersihkan […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY