Bagikan Artikel

Sahabat, aki berperan sangat penting pada saat mobil pertama kali dihidupkan, karena aki adalah satu-satunya sumber listrik untuk menghidupkan motor starter. Rata-rata aki mobil dapat bertahan selama 2 sampai 5 tahun tergantung pada merek dan perilaku pemakainya.

Namun begitu, usia aki bisa kita maksimalkan Sahabat… Simak tips sederhananya di bawah ini:

  1. Pastikan semua peralatan elektronik telah dimatikan sebelum Sahabat mematikan mesin. Sebut saja seperti lampu depan utama, lampu senja, lampu interior, radio, AC, wiper mobil, pemutar musik, dan lain-lainnya. Kalau perlu tunggu hingga kipas elektrik berhenti bekerja baru matikan mesin. Sebab, berbagai peralatan yang dibiarkan hidup tidak hanya akan menguras daya aki tetapi juga berisiko merusak sistem listrik mobil. Selain itu juga memberi beban ekstra pada aki saat menghidupkan mesin mobil padahal untuk menghidupkannya saja, beban aki sudah sangat berat.
  2. Hindari korosi (karat) pada terminal aki, karena tak hanya dapat memperpendek umur aki tetapi juga menyebabkan terminal aki menjadi lapuk dan akhirnya patah. Pastikan pula tidak ada serbuk putih (seperti cendawan) yang menempel pada terminal aki karena berakibat cepat terkena korosi. Ini bisa terjadi karena ada kebocoran di sekitar pangkal terminal aki. Untuk mencegahnya Sahabat bisa melumuri terminal aki dengan gemuk atau stenpet.
  3. Periksa apakah ada kabel yang longgar atau tidak. Cek juga dudukan aki, bila rusak atau berkarat maka dianjurkan untuk diperbaiki karena berpotensi membuat posisi aki tidak stabil sehingga miring dan akhirnya akan memperpendek umur aki. Mengapa? Karena hal ini membuat sel-sel aki tidak terendam sempurna oleh air aki.
  4. Cek tali kipas atau fan belt alternator secara berkala. Fan belt yang rusak (karena sudah melar) akan membuat proses pengisian aki tidak sempurna dan akan merusak sel-sel aki.
  5. Untuk aki basah, ganti atau kuras air aki secara berkala agar kadar keasamannya pas. Pemakaian terus menerus dapat membuat kadar keasaman bertambah dan akan mengurangi pengoptimalan kerja aki. Sebaliknya pemakaian yang jarang akan membuat kadar keasaman air aki berkurang. Ini juga dapat mengurangi pengoptimalan kerja aki. Biasanya yang terjadi adalah kapasitas penyimpanan listrik aki menurun sehingga berkurang daya simpan listriknya (tekor).

Selamat mencoba ya Sahabat!

Images

Merawat Dashboard

Halo Sahabat, sudahkah kamu merawat dashboard mobilmu dengan baik? Dashboard meskipun letaknya di dalam kabin, tetap harus dirawat dengan baik. Posisi dashboard yang langsung terkena sinar matahari, dapat membuat warna dashboard berubah menjadi kusam atau retak, terutama saat kamu memarkir mobilmu dalam waktu yang lama di bawah terik sinar Matahari. Selain itu, debu di dalam […]

Images

BERKENDARA SAAT HUJAN

Halo Sahabat, di bulan November ini akhirnya musim penghujan yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. Di musim penghujan, dalam berkendara kita harus lebih hati-hati dan ekstra waspada. Banyak hal yang harus lebih diperhatikan pada saat berkendara di musim penghujan, seperti: permukaan jalan yang licin, lubang jalanan yang tertutup genangan air sampai hal-hal yang lebih ekstrim, seperti pohon […]

Images

Mengemudi Aman Dan Nyaman Saat Berlibur

Sahabat, perjalanan mudik ke kampung halaman atau berlibur dengan menggunakan kendaraan pribadi sudah pasti akan menempuh jarak yang jauh. Bahkan, waktu tempuh juga tidak bisa diprediksi, karena kondisi lalu lintas yang terkadang macet atau malah lancar. Dengan kondisi perjalanan seperti itu, kamu membutuhkan persiapan sangat matang, tidak hanya kondisi mobilmu tetapi juga pengemudinya. Tidak hanya […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY