Bagikan Artikel

Sahabat, di dashboard mobilmu pasti ada tombol dengan ukuran agak lebih besar dengan gambar segitiga di bagian tengahnya kan. Itu adalah tombol untuk mengaktifkan lampu hazard. Lampu hazard adalah lampu tanda darurat. Lampu ini menyala dengan cara lampu sein kanan dan kiri berkedip secara bersamaan. Untuk menyalakan lampu ini, kamu cukup menekan tombol besar dengan gambar segitiga tadi.

Dalam praktik sehari-hari, ternyata masih banyak pengemudi yang menggunakan lampu hazard tidak sesuai dengan fungsinya, ada empat kesalahan penggunaan lampu hazard yang kerap dilakukan oleh banyak pengemudi.

Pertama, menyalakan lampu hazard pada saat hujan. Penggunaan seperti ini ternyata hanya akan membingungkan pegemudi di belakang. Sebab, lampu sein menjadi tidak berfungsi.

Kesalahan kedua, yakni menyalakan hazard saat memberikan tanda lurus di persimpangan. Ini juga tidak perlu karena bukan peruntukkannya. Tanpa menghidupkan lampu hazard pun, artinya kendaraan akan bergerak lurus.

Kesalahan selanjutnya, menyalakan lampu hazard di lorong gelap. Kebiasaan ini juga dinilai tidak perlu karena tidak ada efeknya. Justru, hal ini dinilai membingungkan pengemudi di belakangmu sebab, lampu sein menjadi tidak berfungsi.

Terakhir, kesalahan menyalakan lampu hazard saat di jalan berkabut. Pada kondisi ini pengendara sebetulnya cukup menyalakan lampu kabut atau dan lampu utama.

Lalu, pada saat seperti apa saja lampu hazard boleh digunakan? Sesuai dengan fungsi utamanya, lampu hazard adalah lampu untuk menunjukkan keadaan darurat yang sedang  dialami oleh pengemudi. Hal ini tertulis dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dijelaskan tentang penggunaan lampu hazard.

Pada pasal 121 ayat 1 menyatakan, “Setiap pengemudi kendaraan bermotor wajib memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lain pada saat berhenti atau parkir dalam keadaan darurat di jalan”.

‘Keadaan darurat’ di sini diartikan bahwa kendaraan sedang dalam keadaan mogok, mengalami kecelakaan lalu-lintas, mengganti ban, atau hanya sekadar berhenti sesaat (misalnya untuk menerima panggilan telepon). Dalam situasi tersebut, kamu diwajibkan untuk menyalakan lampu hazard.

Di luar dari kondisi tersebut, kamu tidak dibenarkan untuk menyalakan lampu hazard. Untuk itu, mulai sekarang hentikanlah kebiasaan menyalakan lampu hazard yang tak sesuai dengan fungsinya. Penggunaan lampu hazard yang tak tepat bisa berakibat buruk bagi si pengendara, maupun pengguna jalan lainnya.

Images

Peran Si Wiper Belakang

Sahabat, salah satu kelengkapan tambahan mobil yang sangat membantu di musim hujan ini adalah wiper pada kaca belakang. Bahkan di beberapa model mobil, fitur ini sudah menjadi kelengkapan standar. Peranannya memang penting Sahabat, terutama untuk membersihkan kaca belakang agar pandangan kita tetap jelas sewaktu mundur atau sekadar memantau keadaan di belakang mobil kita. Namun pengoperasian […]

Images

Mencuci Mobil Dengan Baik

Hai Sahabat, di musim penghujan ini tentunya Sahabat akan lebih sering mencuci mobil ya. Setelah dipakai berhujan-hujan, tentunya tampilan mobil menjadi kurang sedap dipandang akibat kotoran dan lumpur yang menempel di sekujur bodi mobil. Meskipun Sahabat sudah sering mencuci mobil, ada kemungkinan cara yang digunakan masih kurang tepat. Nah bagaimana sih, cara mencuci mobil dengan […]

Images

Cara Mudah Menghindari Pencurian Mobil

Sahabat, meskipun sistim pengamanan mobil sudah semakin canggih, kasus pencurian kendaraan masih sering terjadi. Bukan hanya pencurian sepeda motor, mobil juga masih menjadi target pencurian. Semakin hari semakin berkembang upaya dan modus yang dijalankan para pelaku pencurian untuk mengelabui pemilik mobil. Karena, saat ini para pencuri tidak lagi membutuhkan waktu lama untuk membobol kendaraan. Tidak […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY