Bagikan Artikel

Sahabat, kalau kamu perhatikan desain sebuah mobil itu tidak hanya soal keindahan saja. Tapi juga menyangkut soal teknologi keselamatan. Banyak komponen dari sebuah mobil mobil yang sengaja dibuat untuk mengurangi risiko saat terjadinya kecelakaan. Produsen sudah sangat memikirkan dengan matang agar pengemudi dan penumpang dapat dengan nyaman saat berkendara dan terhindar dari resiko fatal saat terjadi kecelakaan.

Salah satu komponen tersebut adalah ‘headrest’, atau banyak orang mengenal dengan sandaran kepala. Fungsi umum pada headrest sendiri memang sebagai sandaran kepala. Lebih dari itu, ada berbagai macam fungsi dari sandaran kepala ini.

Nah, apa sajakah fungsi sandaran kepala itu? Yuk kita simak ulasan berikut, untuk mengetahui berbagai macam fungsinya:

 

Mengurangi potensi cedera patah tulang leher

Pada saat terjadi tabrakan atau benturan yang cukup keras, secara refleks kepala akan mengayun ke depan kemudian dengan seketika mengayun kembali ke belakang. Terjadinya benturan yang sangat keras dapat menyebabkan ayunan kepala kembali ke belakang dengan sangat cepat, dengan demikian risiko terjadinya patah tulang leher semakin besar.

Headrest sangat diperlukan di sini. Selain sebagai sandaran kepala, headrest mampu mengurangi risiko terjadinya patah tulang leher saat terajdi benturan. Hal tersebut bisa terjadi karena secara otomatis leher kamu akan tertahan oleh headrest saat mengayun ke belakang. Oleh karena itu, aturlah headrest sedemikan rupa agar tidak terlalu tinggi atau terlalu pendek.

 

Sebagai Hiburan

Sekarang ini semakin banyak komponen mobil yang bisa kamu modif sesuka hati. Salah satunya adalah headrest. Banyak orang yang memanfaatkan bagian sandaran kepala ini sebagai wadah hiburan saat perjalanan, terlebih bagi keluarga yang mempunyai anak kecil. Hiburan pada headrest sendiri bisa dimodif sehingga dapat dipasangi TV kecil, ataupun teknologi layar sentuh untuk bermain game atau menonton film.

Hiburan yang dipasangkan pada headrest mampu membuat perjalanan jauh terasa menyenangkan. Perajalanan pun terasa tidak membosankan apalagi saat terjebak kemacetan, maka semua penumpang bisa ikut menikmatinya hingga penumpang baris ketiga untuk minivan atau SUV.

 

Penyelamat Saat Kondisi Darurat

Tidak banyak orang yang tahu, kalau headrest ternyata mampu digunakan untuk memecahnan kaca mobil saat terjadi kondisi darurat. Pada kondisi darurat saat mobil masuk ke dalam air ataupun saat terjadi kebakaran, atau terjadi kecelakaan dan menyebabkan posisi mobil terhimpit dan membuat pintu mobil tidak dapat dibuka. Headrest dapat berfungsi untuk menyelamatkan nyawamu.

Caranya sendiri cukup mudah. Pertama kamu jangan panik. Lepaskan headrest dari kursi dengan menekan tombol yang ada di sekitar gagang headrest. Kemudian, selipkan gagang besi headrest diantara kaca dan juga trim piintu. Setelah menancap, tekan headrest dengan kuat sehingga kaca jendala pecah, kemudian kamu bisa keluar dari mobil melalui jendela.

 

Demikian Sahabat, beberapa manfaat headrest yang sebenarnya selain mengganjal kepalamu saat tertidur di dalam mobil. Semoga bermanfaat ya Sahabat!

 

 

 

 

Images

Parkir Pararel Itu Mudah

Sahabat, apakah kamu termasuk dalam golongan orang yang beranggapan bahwa parkir pararel itu sejenis ‘horror’? Saat kamu sedang mencari parkir di pusat-pusat perbelanjaan, terutama di akhir pekan dan masih tanggal muda, hampir dipastikan lahan parkir penuh. Jika sudah begitu, mau tidak mau kamu harus memarkir mobilmu secara paralel. Saat kamu akan melakukan parkir paralel, biasanya […]

Images

Merawat Pintu Geser

Halo Sahabat. Terutama untuk Sahabat yang memiliki Daihatsu Luxio dan GranMax Minibus / Blind Van. Bagaimana Sahabat? Memiliki Minibus dengan pintu geser ternyata sangat praktis dan menyenangkan ya. Bukaan pintu dapat maksimal terutama saat parkir di area parkir pusat-pusat perbelanjaan dan tempat rekreasi lainnya. Bukaan pintu geser yang maksimal ini sangat membantu saat Sahabat naik […]

Images

Bahaya Kelebihan Atau Kekurangan Angin Ban

Sahabat, tentunya kamu sudah faham bahwa ban adalah satu-satunya bagian dari mobilmu yang bersentuhan langsung dengan permukaan aspal. Oleh karenanya, ban mobilmu juga membutuhkan perawatan dan perhatian dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan selalu memperhatikan dan mengontrol tekanan angin ban. Penting untuk kamu ketahui, tekanan angin pada ban mobil berbeda-beda. Roda depan dan belakang, […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY