Bagikan Artikel

Halo Sahabat. Kamu pastinya sudah tau kan kalau memanaskan mobil sebelum kita gunakan bepergian merupakan suatu menu wajib. Memang, ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa memanaskan mobil sudah tidak diperlukan lagi untuk mobil-mobil lansiran baru. Tapi perlu kamu ingat, mesin mobil akan bekerja secara optimal di suhu ideal yang sudah ditetapkan oleh pabrikan. Tujuannya jelas untuk menjaga performa mesin mobil selama pemakaian.

Cara memanaskan mesin mobil, sangatlah mudah, cukup tekan tombol ‘On/Off Engine’ atau putar kunci kontak hingga mesin hidup. Tapi, apakah cara yang kamu lakukan selama ini sudah benar? Sebab jika memanaskan mesin dilakukan secara asal, maka akan berdampak pada pemborosan bahan bakar dan kurang efektif dalam menaikkan suhu mesin.

Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kamu bisa memanaskan mesin mobil dengan benar, sehingga mesin mobilmu dapat bekerja dengan optimal di suhu ideal. Yuk, kita simak beberapa uraian di bawah ini:

Baca juga: Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Busi

1 Durasi Memanaskan Mesin

Durasi memanaskan mesin mobil sangat relatif. Tergantung teknologi mesin masing-masing mobil. Ada yang cepat, demikian pula sebaliknya. Misalnya, mobil yang sudah menggunakan teknologi mesin injeksi, kamu tak perlu terlalu lama memanaskannya. Hanya butuh waktu sekira 30 detik hingga 1 menit. Jika terlalu lama, justru akan membuang bahan bakar sia-sia.

2 Tidak Perlu Injak Pedal Gas

Waktu memanaskan mesin mobil, kamu jangan menginjak pedal gas ya. Karena sirkulasi oli  mesin belum 100 persen melumasi semua komponen mesin. Kalau tetap kamu lakukan, maka dikhawatirkan ada bagian mesin yang belum terlumasi oli secara maksimal sehingga terjadi gesekan yang berdampak pada rusaknya komponen dalam mesin. Untuk itu, cukup biarkan mesin mobil pada putaran langsam / idle.

3 Jangan Buru-Buru Hidupkan AC

Ketika memanaskan mesin, usahakan AC mobil tidak dinyalakan. Kalau kamu menyalakan AC saat suhu mobil belum mencapai titik normal, ini malah akan membebani atau memperberat performa mesin. Kalau kamu mau menyalakan AC, tunggu sampai suhu mesin sudah mencapai titik normal. Dengan begitu, beban mesin terhadap kompresor AC tak terlalu berat.

4 Panaskan Mobil di Area Terbuka

Kalau kamu memanaskan mobil di garasi, bukalah terlebih dulu pintu garasi tersebut. Tujuannya agar ada sirkulasi udara untuk gas buang yang berasal dari knalpot mobil. Ingat ya Sahabat, gas buang dari knalpot itu sangat beracun.

5 Perhatikan Rem Tangan

Selama memanaskan mesin mobil, pastikan rem tangan mobil kamu aktif. Ini bertujuan mencegah mobil meluncur dengan sendirinya. Terutama bila posisi mobil berada di kontur permukaan tanah yang tidak rata.

Bagaimana Sahabat? Sudah memanaskan mesin mobil dengan benar? Mesin mobilmu sudah mencapai suhu idela? Jadi tunggu apalagi? Yuk ah… buruan berangkat!

 

 

Images

Tips Aman Berkendara Saat Liburan

Halo Sahabat, tak terasa kita sudah memasuki bulan Desember bulan terakhir di tahun 2018 ya, artinya saat untuk liburan akhir tahun segera tiba. Pasti ada diantara Sahabat yang akan pergi berlibur akhir tahun dengan membawa mobil pribadi ya. Untuk Sahabat yang memiliki rencana berlibur dengan menggunakan Daihatsunya, jangan lupa untuk persiapkan Daihatsu milik Sahabat dengan […]

Images

Peran Si Wiper Belakang

Sahabat, salah satu kelengkapan tambahan mobil yang sangat membantu di musim hujan ini adalah wiper pada kaca belakang. Bahkan di beberapa model mobil, fitur ini sudah menjadi kelengkapan standar. Peranannya memang penting Sahabat, terutama untuk membersihkan kaca belakang agar pandangan kita tetap jelas sewaktu mundur atau sekadar memantau keadaan di belakang mobil kita. Namun pengoperasian […]

Images

Daihatsu Baru dengan Cicilan Ringan, Mau?

Sahabat sudah tidak sabar untuk memiliki Daihatsu baru? Tenang, Daihatsu memiliki beragam pilihan model dengan harga yang sesuai isi kantong. Hanya saja, masih ada sebagian Sahabat yang masih mencari cara agar cicilan bisa lebih ringan. Mungkin karena Sahabat masih memiliki beberapa kewajiban rutin lainnya seperti cicilan rumah, biaya pendidikan anak atau sedang ada keperluan mendesak […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY