Bagikan Artikel

Sahabat, coba buka kap mesin mobilmu. Wahduh… kok kotor sekali ya, banyak debu dan… lho kok ada daun-daun kering disana? Wah, harus segera dibersihkan ya. Sahabat, ruang mesin juga harus mendapatkan perawatan seperti bagian extrior dan interior. Mesin mobil yang bersih dan terawat, akan menjadikan mesin semakin awet meskipun umurnya sudah tak muda lagi.

Membersihkan mesin mobil dengan benar tak bisa dilakukan dengan sembarangan. Ingat, di sana banyak bagian sensitifnya lho! Misalnya kelistrikan, bagian ini tidak boleh tersiram air, karena bisa mengganganggu sistem kelistrikan mobilmu. Bukan tidak mungkin, karena cara mencuci mesin yang salah, mesin mobilmu mati mendadak dan harus mendapatkan perawatan di bengkel.

Sahabat, mencuci mesin mobil juga membutuhkan langkah-langkah yang tepat. Nah, seperti apa sajakah langkah-langkah itu?

 

Cari bagian yang mudah

Pilihlah bagian bawah kap mesin mobil. Bersihkan dengan busa yang sudah dibasahi dengan air sabun. Jangan terlalu basah. Sekalah beberapa kali, setelah bersih, keringkan dengan kain lap berserat.

 

Pastikan mesin dan semua kelistrikan dalam kondisi mati

Berikutnya, bagian mesin atas. Sebelum membersihkan, pastikan bahwa semua aliran listrik mobilmu dalam keadaan mati. Sangat berbahaya kalau kamu menyiram air dalam kondisi mesin hidup.

 

Bungkus bagian listrik dengan plastik

Langkah berikutnya adalah membungkus perangkat listrik yang ada di ruang mesin. Agar pada saat mencuci, air tak memasuki bagian listrik mesin mobil. Selain plastik, kamu juga bisa membungkus perangkat kelistrikan dengan aluminium foil. Intinya perangkat kelistrikan aman dari air.

 

Gunakan Engine Degreaser

Pada bagian inti mesin (blok mesin), kamu bisa menggunakan cairan khusus untuk membersihkannya yaitu ‘Engine Degreaser’. Semprotkan cairan tersebut pada bagian yang terkena noda. Cairan ini sangat ampuh membersihkan noda membandel. Agar cairan tersebut dapat bekerja maksimal, setelah disemprot tunggulah dulu sekitar 10 menit. Setelah itu, gunakan kuas untuk membersihkannya.

 

Pembilasan

Terakhir adalah membilas cairan engine degreaser. Gunakan ‘spray’ agar tidak mengenai bagian mesin lainnya. Sambil menyemprotkan air, lap mesin mobil dengan tekanan pada bagian yang terkena noda.

 

Bagaimana Sahabat? Nampaknya membersihkan mesin mobil dengan benar itu mudah dan mengasyikkan ya. Yuk kita coba di akhir pekan ini!

 

 

Images

Mudik Nyaman Dengan Bayi Dan Balita

Sahabat, perjalanan panjang mudik membawa bayi dan balita dengan mobil pribadi pasti akan memberikan tantangan tersendiri. Risiko terjebak macet, bosan, bayi dan balitamu rewel, bukan tak mungkin akan kamu hadapi. Bagaimana agar perjalanan mudik nyaman bagi bayi dan balitamu? Mudah-mudahan uraian berikut ini dapat membuat perjalanan mudikmu bersama bayi dan balita menjadi lebih nyaman. Saat […]

Images

Manfaat Head Rest Yang Sebenarnya

Sahabat, kalau kamu perhatikan desain sebuah mobil itu tidak hanya soal keindahan saja. Tapi juga menyangkut soal teknologi keselamatan. Banyak komponen dari sebuah mobil mobil yang sengaja dibuat untuk mengurangi risiko saat terjadinya kecelakaan. Produsen sudah sangat memikirkan dengan matang agar pengemudi dan penumpang dapat dengan nyaman saat berkendara dan terhindar dari resiko fatal saat […]

Images

Resep Jitu Agar Kredit Mobil Mudah Disetujui

Mobil kini sudah menjadi sebuah kebutuhan dasar. Banyak masyarakat dari berbagai tingkatan sosial, termasuk menengah ke bawah, yang memilih untuk memiliki mobil. Selain harganya yang saat ini semakin terjangkau, mobil memiliki banyak manfaat. Selain bisa digunakan untuk bekerja, juga lebih aman dan menyenangkan saat bepergian bersama keluarga. Menurut Sahabat gimana, bener kan? Hadirnya program pembelian […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY