Bagikan Artikel

Sahabat, coba buka kap mesin mobilmu. Wahduh… kok kotor sekali ya, banyak debu dan… lho kok ada daun-daun kering disana? Wah, harus segera dibersihkan ya. Sahabat, ruang mesin juga harus mendapatkan perawatan seperti bagian extrior dan interior. Mesin mobil yang bersih dan terawat, akan menjadikan mesin semakin awet meskipun umurnya sudah tak muda lagi.

Membersihkan mesin mobil dengan benar tak bisa dilakukan dengan sembarangan. Ingat, di sana banyak bagian sensitifnya lho! Misalnya kelistrikan, bagian ini tidak boleh tersiram air, karena bisa mengganganggu sistem kelistrikan mobilmu. Bukan tidak mungkin, karena cara mencuci mesin yang salah, mesin mobilmu mati mendadak dan harus mendapatkan perawatan di bengkel.

Sahabat, mencuci mesin mobil juga membutuhkan langkah-langkah yang tepat. Nah, seperti apa sajakah langkah-langkah itu?

 

Cari bagian yang mudah

Pilihlah bagian bawah kap mesin mobil. Bersihkan dengan busa yang sudah dibasahi dengan air sabun. Jangan terlalu basah. Sekalah beberapa kali, setelah bersih, keringkan dengan kain lap berserat.

 

Pastikan mesin dan semua kelistrikan dalam kondisi mati

Berikutnya, bagian mesin atas. Sebelum membersihkan, pastikan bahwa semua aliran listrik mobilmu dalam keadaan mati. Sangat berbahaya kalau kamu menyiram air dalam kondisi mesin hidup.

 

Bungkus bagian listrik dengan plastik

Langkah berikutnya adalah membungkus perangkat listrik yang ada di ruang mesin. Agar pada saat mencuci, air tak memasuki bagian listrik mesin mobil. Selain plastik, kamu juga bisa membungkus perangkat kelistrikan dengan aluminium foil. Intinya perangkat kelistrikan aman dari air.

 

Gunakan Engine Degreaser

Pada bagian inti mesin (blok mesin), kamu bisa menggunakan cairan khusus untuk membersihkannya yaitu ‘Engine Degreaser’. Semprotkan cairan tersebut pada bagian yang terkena noda. Cairan ini sangat ampuh membersihkan noda membandel. Agar cairan tersebut dapat bekerja maksimal, setelah disemprot tunggulah dulu sekitar 10 menit. Setelah itu, gunakan kuas untuk membersihkannya.

 

Pembilasan

Terakhir adalah membilas cairan engine degreaser. Gunakan ‘spray’ agar tidak mengenai bagian mesin lainnya. Sambil menyemprotkan air, lap mesin mobil dengan tekanan pada bagian yang terkena noda.

 

Bagaimana Sahabat? Nampaknya membersihkan mesin mobil dengan benar itu mudah dan mengasyikkan ya. Yuk kita coba di akhir pekan ini!

 

 

Images

Memilih Velg After Market

Kamu pastinya selalu ingin agar mobilmu tampil keren dan lain daripada yang lain kan. Hal tersebut bisa kamu lakukan dengan modifikasi sederhana yaitu dengan mengganti velg bawaan dengan velg after market. Tapi Sahabat, memilih velg after market tidak bisa dilakukan sembarangan. Banyak pertimbangan yang perlu kamu ketahui. Kenapa? Karena velg dan ban mobil sangat berkaitan dengan faktor […]

Images

Mengenali Gejala Kerusakan Shock Absorber

Hai Sahabat. Apakah ada diantara Sahabat yang merasakan kalau pengendalian mobilnya menjadi berkurang saat melaju melewati marka jalan atau permukaan jalan yang bergelombang? Mobil terasa berjalan terhuyung-huyung dan timbul suara-suara berisik dari arah roda saat melintasi lubang atau gundukan? Ada kemungkinan shock absorber mobil Sahabat sudah rusak atau lemah. Untuk dapat mengenali gejala kerusakan shock […]

Images

Bepergian Aman untuk Sahabat Wanita

Bepergian degan mobil pribadi memang lebih nyaman daripada menggunakan kendaraan umum. Namun jika Sahabat adalah seorang wanita, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan agar bisa berkendara dengan aman . Simak tips berikut yang spesial untuk Sahabat wanita: Periksa Sebelum Bepergian Penting bagi Sahabat wanita untuk selalu memeriksa kendaraan sebelum bepergian, seperti kondisi ban, bahan bakar, […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY