Bagikan Artikel

Halo Sahabat, sudah tahu belum kalau sebagian besar kondisi jalan Tol Trans Jawa itu menggunakan jenis beton cor sebagai permukaan jalannya atau dikenal dengan sebutan ‘Rigid Pavement’, tanpa dilapisi aspal? Kondisi itu ternyata membuat ban cepat aus dan panas sehingga potensi terjadinya pecah ban sangat besar.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mencegah pecah ban di jalan tol saat melakukan perjalanan mudik atau liburan.

 

Periksa Tekanan Angin

Sebelum melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman dengan menggunakan mobil pribadi, maka langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memeriksa tekanan angin pada ban mobilmu. Selain itu, isilah angin ban mobilmu sesuai dengan standar yang telah tertera pada bagian pintu mobil atau mengikuti petunjuk dari Buku Manual Kepemilikan Kendaraanmu.

Periksa Kedalaman Alur Ban

Bagian lain pada ban mobilmu yang perlu diperhatikan adalah kedalaman alur atau kembangan tapak ban. Kalau sudah terlihat menipis, maka sebaiknya kamu menggantinya dengan yang baru. Karena kalau dipaksakan, akan berbahaya terutama saat melalui jalan Tol yang kondisi permukaan jalannya hanya menggunakan beton cor kasar karena dapat menimbulkan terjadinya pecah ban.

Lakukan Spooring Dan Balancing

Agar laju mobilmu tetap stabil saat dipacu dengan kecepatan tinggi, sebaiknya kamu melakukan pengecekan spooring dan balancing terlebih dahulu di bengkel resmi Astra Daihatsu. Langkah itu dimaksudkan untuk menghindari aus yang tidak merata pada bagian ban, dan supaya ban tetap stabil ketika digunakan.

Periksa Keretakan Ban

Agar perjalanan mudikmu lebih nyaman, sebaiknyakamu juga memeriksa apakah terdapat keretakan pada bagian ban mobilmu. Sebab, ban mobil yang retak dapat meningkatkan risiko terjadinya pecah ban, apalagi jika kondisi jalan yang dilalui kasar dan tidak merata.

 

Itulah Sahabat beberapa langkah sederhana untuk mencegah pecah ban di jalan tol saat melakukan perjalanan mudik atau liburan. Selamat berkendara ya Sahabat, ingat keselamatan dan keamanan adalah nomor satu!

 

Images

Seputar Freon AC

Hai Sahabat, berkendara dengan menggunakan AC saat cuaca panas terik memang sangat nyaman ya. Pada masa sekarang ini, sebagian besar mobil yang dijual sudah dilengkapi dengan AC atau pendingin udara. Tidak seperti pada sekitar tahun 1980an dimana AC masih merupakan opsi tambahan yang sangat mahal harganya. Sahabat, tahukah kamu kalau di dalam sistem pendingin itu […]

Images

Seputaran Shock Breaker

Sahabat, waktu melewati lubang mobilmu kok gedebukan? Suara kaki-kakinya berisik sekali ya. Wah jangan-jangan shock breaker-nya sudah kena tuh! Apa itu shock breaker? Shock breaker adalah sebuah komponen yang berfungsi menjaga kestabilan mobilmu, serta meredam guncangan saat mobilmu melintasi jalan bergelombang ataupun rusak. Kalau kita lihat fungsinya, bisa dibilang shock breaker memiliki peranan penting dalam menunjang mobilitas […]

Images

Faktor Faktor Penyebab Overheat Mesin

Hai Sahabat, seringkali kita mendengar atau bahkan melihat sendiri mobil-mobil mengalami overheat atau panas mesin yang berlebihan di jalan. Nah, berikut ini adalah beberapa faktor-faktor penyebab overheat mesin mobil yang perlu kamu ketahui sehingga dapat mencegahnya pada saat akan menggunakan mobilmu apalagi pada saat liburan atau mudik.   Terjadinya Kerusakan Radiator Radiator mempunyai fungsi sangat […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY