Bagikan Artikel

Hai Sahabat, di musim penghujan ini tentunya Sahabat akan lebih sering mencuci mobil ya. Setelah dipakai berhujan-hujan, tentunya tampilan mobil menjadi kurang sedap dipandang akibat kotoran dan lumpur yang menempel di sekujur bodi mobil. Meskipun Sahabat sudah sering mencuci mobil, ada kemungkinan cara yang digunakan masih kurang tepat. Nah bagaimana sih, cara mencuci mobil dengan baik itu? Nah berikut ini adalah beberapa tips mencuci mobil dengan memisahkan apa saja yang boleh Sahabat lakukan dan apa yang sebaiknya Sahabat hindari.

 

Yang sebaiknya Sahabat lakukan:

  1. Gunakanlah produk khusus untuk mobil dan alat pencuci mobil. Mulai dari spons, lap, hingga shampoo khusus mobil sangat dianjurkan. Lap mobil harus sangat lembut dan tidak menyebabkan kotoran atau pasir menempel di lap sehingga tidak menggores cat.
  2. Basahi seluruh bodi mobil sebelum mulai mencucinya dengan cara mengguyur agar kotoran yang menempel turun. Bila perlu, gunakan semprotan bertekanan tinggi jika Sahabat memiliki alat itu. Air akan membantu melunakkan lumpur kering sehingga lebih mudah dibersihkan tanpa perlu menggosok bodi mobil terlalu keras.
  3. Siapkan dua ember, satu untuk air sabun dan satu lagi untuk membilas spons atau lap mobil. Sering-seringlah membilas spons atau lap dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran dan pasir yang menempel, baru kemudian celupkan lagi ke air bersabun untuk mencuci bagian berikutnya.
  4. Cucilah mulai dari atas lalu turun ke bawah. Bagian bawah mobil sudah tentu paling kotor karena lumpur dan tanah. Mulailah mencuci dan mengelap mobil dari atap mobil atau bagian yang terbersih. Biarkan air sabun mengalir ke bawah sekalian melunakkan lumpur kering sehingga nantinya mudah dibersihkan ketika Sahabat mencuci bagian bawah mobil.
  5. Bilas bodi mobil dengan air bersih. Semprotkan air ke celah-celah dan bagian-bagian yang tersembunyi di bodi mobil.

Yang sebainya Sahabat hindari:

  1. Jangan mencuci di bawah terik matahari. Panas sinar matahari akan terlalu cepat mengeringkan shampoo dan buih ketika mencuci sehingga justru meninggalkan noda di bodi mobil. Pilihlah tempat teduh, cucilah mobil di pagi atau sore hari ketika matahari sudah tidak bersinar terik.
  2. Jangan menggunakan kain pel, spons cuci piring, atau lap yang tidak didesain untuk mobil. Serat kain ada bermacam-macam, sedangkan peralatan cuci mobil didesain dengan serat khusus sehingga tidak menggores cat.
  3. Jangan langsung menggosok mobil dengan air sabun/shampoo. Air bershampoo berfungsi untuk mengangkat kotoran, tapi kotoran seperti lumpur kering akan sulit dibersihkan jika mobil tidak dibasahi terlebih dulu dan besar kemungkinan malah menggores cat. Beri waktu beberapa menit setelah membilas mobil hingga lumpur dan kotoran melunak, baru gunakan air bershampoo untuk mencucinya.
  4. Tidak mengeringkan mobil usai dicuci. Memang benar panas matahari akan cepat mengeringkan mobil yang baru dicuci, sayangnya cara ini justru akan meninggalkan noda air kering. Cara yang benar adalah mengelapnya dengan lap khusus mobil yang bersih dan kering.

 

Bagaimana Sahabat, tertarik untuk mencuci mobil dengan baik? Yuk Sahabat kita mulai mencobanya di pagi hari di akhir pekan ini. Selamat mencoba ya Sahabat!

 

 

 

Images

Merawat Mobil Matic

Sahabat, kondisi lalu lintas di kota-kota besar Indonesia yang semakin padat membuat permintaan akan mobil dengan transmisi otomatis semakin meningkat. Mobil dengan transmisi otomatis ini lazim disebut dengan mobil ‘matic’ yang merupakan singkatan dari kata ‘automatic’. Harga jual mobil matic yang sedikit lebih mahal dari mobil manual, tidak membuatnya terhindar dari kerusakan. Ada beberapa cara […]

Images

Manfaat Kaca Film

Halo Sahabat, apakah ada diantara Sahabat yang belum memasang kaca film pada kaca mobil sahabat? Memasang kaca film juga memiliki beberapa manfaat yang baik karena pemasangan kaca film sebenarnya memiliki tiga fungsi utama bagi para penggunanya, antara lain keamanan, kenyamanan, serta estetikanya. Nah Sahabat, berikut ini adalah beberapa manfaat kaca film yang bisa Sahabat simak: […]

Images

Menyimpan Mobil Tanpa Memiliki Garasi

Sahabat, tentunya kamu sudah faham bahwa memarkir mobil pribadi di badan jalan dapat mengganggu kenyamanan pengguna jalan lainnya. Terlebih jika jalan tersebut merupakan jalan alternatif yang ramai dilalui kendaraan. Tidak hanya mengganggu rasa nyaman, memarkir mobil di badan jalan dapat membuat macet dan bukan tidak mungkin mobilmu tersenggol kendaraan lain yang lewat di jalan itu. […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY