Bagikan Artikel

Sahabat, lampu mobil merupakan bagian terpenting untuk menjaga visibilitas saat berkendara di malam hari. Salah satu masalah yang paling sering ditemukan pada lampu mobil adalah munculnya embun atau istilahnya ‘kemasukan air’. Adanya embun pada lampu mobil selain membuat tampilan kurang menarik, juga dapat mengurangi intesitas cahaya yang dihasilkannya.

Munculnya embun pada lampu mobil terjadi akibat kondisi sealant (sil) atau mika lampu yang sudah kurang bagus. Dengan begitu air dan udara dari luar dapat masuk ke dalam mika lampu tersebut. Terlebih saat kondisi hujan atau banjir dan kamu nekat menerjangnya sehingga air dapat masuk. Adanya perbedaan suhu tersebut membuat munculnya embun yang menempel di mika lampu mobilmu.

Air dan udara yang masuk ke dalam mika lampu mobilmu, tidak hanya menimbulkan embun saja. Kalau kamu biarkan secara terus menerus dapat menciptakan korslet pada lampu mobil dan jaringan kelistrikannya apalagi untuk mobil yang sudah menggunakan lampu jenis LED.

Pada dasarnya, pengembunan pada lampu mobil merupakan hal yang sering terjadi. Lalu, bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Simak beberapa langkah mudah yang bisa kamu lakukan sendiri berikut ini:

Cara mengatasinya sendiri cukup mudah. Cara pertama kamu hanya perlu menyalakan lampu seperti biasa dalam beberapa menit. Panas dari lampu akan membuat embun menghilang dengan sendirinya. Tapi, cara ini hanya bisa dilakukan ketika embun pada lampu mobilmu belum menjadi genangan air.

Apabila sudah terlanjur menjadi genangan air, kamu bisa melepas mika lampu terlebih dahulu dengan hati-hati. Selanjutnya, keringkan dan bersihkan pada bagian lampu yang masih terlihat basah. Setelah itu, pasang kembali mika lampu tersebut dengan rapat dan jangan biarkan ada celah untuk air masuk. Ingat, untuk lampu depan utama usahakan jangan sampai menyentuh bohlam halogennya karena dapat merusak bohlam itu.

Terakhir, periksa bagian belakang batok lampu tersebut, perhatikan pada bagian lubang udara apakah tersumbat atau tidak. Kalau tersumbat, maka segera bersihkan agar kotoran tidak menempel dan sirkulasi udara untuk membuang panas dari bohlam menjadi lancar. Demikian Sahabat, semoga bermanfaat. Selamat mencoba ya!

 

 

 

Images

Merawat Kaca Film

Sahabat, merawat mobilmu itu bukan hanya perkara mesin dan interior saja, tetapi termasuk juga bagian-baigan lainnya yang sering terlupakan. Adapun salah satu bagian dari interior mobil yang sering terlupakan adalah lapisan kaca film. Nah, merawat kaca film ini ternyata sedikit susah-susah gampang Sahabat. Kaca film mempunyai fungsi utama meredam panas dan juga menangkal sinar Ultraviolet. […]

Images

Memilih Velg After Market

Kamu pastinya selalu ingin agar mobilmu tampil keren dan lain daripada yang lain kan. Hal tersebut bisa kamu lakukan dengan modifikasi sederhana yaitu dengan mengganti velg bawaan dengan velg after market. Tapi Sahabat, memilih velg after market tidak bisa dilakukan sembarangan. Banyak pertimbangan yang perlu kamu ketahui. Kenapa? Karena velg dan ban mobil sangat berkaitan dengan faktor […]

Images

Tambah Peredam Agar Kabin Lebih Senyap

Sahabat Daihatsu, salah satu faktor penunjang kenyamanan dalam berkendara adalah kesenyapan kabin dimana suara berisik dari luar dapat nyaris tidak terdengar dari dalam kabin. Salah satu cara untuk meminimalisir suara berisik masuk ke dalam kabin adalah dengan tambahkan peredam suara agar kabin lebih senyap. Dengan kabin yang lebih senyap, sudah pasti tingkat kenyamanan akan bertambah […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY