Bagikan Artikel

Harus disadari bahwa berkendara di jalan raya merupakan kegiatan yang penuh dengan risiko. Sebab saat berkendara dapat terjadinya kecelakaan, yang disebabkan oleh berbagai faktor dan dapat terjadi kapan saja. Salah satunya dapat disebabkan karena pedal gas mobil yang tersangkut.

Saat berkendara dengan laju yang kencang, sangat mungkin terjadi pedal gas yang tersangkut. Pedal gas yang tersangkut berbeda dengan kondisi saat rem blong, hal ini karena tindakannya lebih kritis. Ketika terjadinya situasi ini, sebaiknya kamu tidak panik, dan tidak bertindak gegabah.

Langkah pertama adalah, jangan panik dan jangan melakukan tindakan menarik rem tangan secara mendadak. Sebab hal tersebut bisa membuat roda belakang terkunci dan membuat mobil berputar (ngepot) dan sulit dikendalikan.

Lalu bagaimana jika pedal gas benar-benar tidak dapat kembali ketika kamu sedang melaju? Ada dua pilihan yang bisa kamu lakukan agar mobilmu dapat berhenti dengan aman. Kedua pilihan tersebut adalah, memindahkan gigi transmisi ke posisi netral, dan opsi terakhir yaitu mematikan mesin

Kedua pilihan diatas tentu harus dilakukan dengan pemahaman yang benar, karena beberapa orang akan sulit melakukannya. Yang harus kamu sadari pertama kali adalah tipe mobil apa yang kamu kendarai. Kalau mobilmu bertransmisi manual, kamu bisa dengan mudah mengatasi masalah itu dengan menginjak pedal kopling. Mesin mobil akan meraung karena tenaga tidak tersalurkan, dan kamu bisa mulai menggunakan rem untuk menghentikan laju mobilmu dengan tetap menginjak pedal kopling atau memindahkan tuas transmisi ke posisi netral.

Untuk mobil dengan transmisi otomatis, kamu harus coba memindahkan tuas transimisi ke posisi netral (N). Hal tersebut merupakan pilihan terbaik dan jangan ke posisi parking (P)karena akan membuat kotak transmisi mobilmu jebol.

Jangan lupa ya Sahabat, setelah mobilmu berhasil berhenti dan menepi di tempat yang aman, segera matikan mesin mobilmu. Hal tersebut harus segera dilakukan untuk menghindari mesin mobilmu mengalami ‘over run’ atau berputar di atas ambang batas maksimal yang dapat membuat mesinmu jebol. Setelah itu, kamu bisa menghubungi layanan Emergency Roadside Assistance (ERA) dengan aplikasi Astra Daihatsu Mobile agar dapat segera dibantu oleh mekanik-mekanik handal dari Astra Daihatsu.

Images

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Busi

Sahabat, busi pada semua mesin kendaraan bermotor memiliki usia pakai. Ketika usia pakainya berakhir, maka daya percikan api busi itu menurun. Akibatnya, laju mobil kesayanganmu tidak akan maksimal. Busi mobil yang bermasalah umumnya ditandai dengan mesin yang tidak stabil atau ‘mbrebet’, akselerasi tidak gesit, mesin susah dihidupkan hingga konsumsi bahan bakar menjadi boros. Oleh karenanya, busi […]

Images

Yuk Rencanakan Liburan Dan Mudikmu

Sahabat, liburan sekolah dan Lebaran sebentar lagi akan tiba. Pada tahun 2019 ini, liburan sekolah dan Lebaran sngat berdekatan dan ada kemungkinan akan menjadi satu musim liburan yang lebih panjang dari biasanya. Oleh karena itu, yuk rencanakan liburan dan mudikmu dengan baik. Sebagaimana sudah menjadi tradisi di Indonesia, liburan Lebaran atau yang biasa kita sebut […]

Images

Hal Yang Perlu Dilakukan Setelah Perjalanan Jauh Dengan Mobil

Halo Sahabat, kita jumpa lagi di tahun 2019. Bagaimana perjalanan liburan akhir tahunnya? Pasti lancar dan menyenangkan karena menggunakan Daihatsu ya. Sahabat meskipun perjalanan liburannya lancar, ternyata ada beberapa hal yang perlu dilakukan setelah perjalanan jauh dengan mobil. Seperti tubuh kita, setelah bekerja keras tentunya perlu istirahat cukup dan pemulihan stamina, demikian pula dengan mobil. […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY