Bagikan Artikel

Satu-satunya perangkat yang dapat menghentikan laju mobilmu adalah rem. Oleh karenanya Sahabat, rem adalah perangkat yang sangat penting dan harus diperhatikan dan dirawat dengan baik. Kalau rem bermasalah, bukan tak mungkin nyawamu yang jadi taruhannya. Aduh… jangan sampai ya Sahabat! Hal itu dapat kita lihat dengan banyaknya kasus kecelakaan yang memakan korban jiwa karena masalah rem terutama rem blong. Lalu bagaimana cara mengatasi rem blong apabila hal itu terlanjur terjadi?

 

1. Lakukan turun gigi presneling (khusus mobil bertransmisi manual)

Kamu tidak boleh panik dan segera nyalakanlah lampu hazard. Kalau rem mobilmu mulai terasa blong, coba turunkan gigi secara bertahap. Contohnya dari gig 5 ke gigi 4, 3, 2 sampai 1.

 

2. Gunakan rem tangan

Langkah berikutnyanya adalah gunakan rem tangan. Tarik rem tangan secara perlahan hingga mobilmu benar-benar berhenti. Jangan menariknya secara mendadak karena akan membuat mobilmu melintir (ngepot) tidak terkendali.

 

3. Menepilah di tempat yang aman

Kalau kamu sudah menurunkan gigi dan menarik rem tangan, arahkan mobilmu ke jalur lambat atau bahu jalan agar tak terjadi tabrakan dengan mobil lain.

 

4. Jangan injak pedal gas bila tidak diperlukan

Kamu harus sebisa mungkin menjauhkan kakimu dari pegal gas. Jaga-jaga agar jangan sampai kakimu secara tidak sengaja menginjak pedal gas.

 

5. Mengocok rem

Untuk mobil yang belum dilengkapi dengan sistim Anti-lock Braking System (ABS), kamu bisa melalukan injak rem berkali-kali dengan cepat (disebut mengocok rem). Dalam beberapa kasus, terkadang rem blong hanya bersifat sementara dikarenakan jalur minyak rem yang tersumbat kotoran.

 

6. Peringatikan mobil lain

Usahakan untuk memberikan peringatan kepada pengendara lain. Caranya bisa menggunakan lampu hazard, klakson, atau bahkan melambaikan sesuatu dari kaca pintu.

 

7.  Menabrakkan mobil / ‘tumburan’

Kalau kamu terpaksa harus menabrakkan mobilmu, pilihlah objek yang aman dan mampu menghalau benturan. Contohnya pohon, tumpukan pasir atau tanah. Kalau hanya ada pagar beton, maka serempetlah pagar itu dengan bagian samping mobilmu, gesekan yang terjadi akan membantu mobilmu berhenti. Jangan menabraknya secara langsung. Setelah itu, mintalah pertolongan kepada pengendara lain atau penduduk sekitar.

 

Itulah Sahabat, mengapa perangkat rem sangat penting untuk diperhatikan dan dirawat dengan baik. Mudah-mudahan beberapa tips mengatasi rem blong di atas tadi dapat berguna. Tetap hati-hati ya Sahabat!

 

 

 

Images

Bepergian Aman untuk Sahabat Wanita

Bepergian degan mobil pribadi memang lebih nyaman daripada menggunakan kendaraan umum. Namun jika Sahabat adalah seorang wanita, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan agar bisa berkendara dengan aman . Simak tips berikut yang spesial untuk Sahabat wanita: Periksa Sebelum Bepergian Penting bagi Sahabat wanita untuk selalu memeriksa kendaraan sebelum bepergian, seperti kondisi ban, bahan bakar, […]

Images

Camilan Aman Saat Menyetir Kendaraan

Hai Sahabat Daihatsu, apakah sudah makan siang? Kalau belum, segera deh bersantap. Tapi ingat ya, makan sebaiknya secukupnya. Apalagi siang hari. Makan yang berlebihan bisa membuat ngantuk. Hal ini bisa menjadi masalah apabila Sahabat sedang mengemudikan kendaraan. Dalam perjalanan panjang, perut terkadang berulah. Karena itu, saat dalam menempuh rute yang jauh, sebaiknya membawa camilan. Namun, […]

Images

Parkir Mundur Sangatlah Mudah

Sebagai pengendara pemula, pasti kamu pernah mengalami kesulitan saat akan memarkirkan mobilmu, terutama untuk parkir mundur di rumah atau di pusat-pusat perbelanjaan. Parkir mundur memang dianggap sulit karena daya pandang yang kurang maksimal. Untuk kamu yang belum berpengalaman, kondisi ini dikhawatirkan bisa menyebabkan hal-hal yang tidak kita inginkan. Namun demikian, sebagai pengendara pemula kamu harus […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY