Bagikan Artikel

Seorang pengendara yang baru pertama kali menggunakan transmisi otomatis atau matic, tentu harus melakukan penyesuaian agar tidak membahayakan ketika melaju di jalan raya. Persoalan yang kerap dialami pengguna pemula adalah kebiasaan menginjak pedal kopling ketika akan mengurangi kecepatan dengan menurunkan gigi transmisi.

Ketika yang digunakan adalah mobil matic, apa yang terjadi? Yups, kaki kiri menginjak pedal yang dikiranya pedal kopling, padahal yang diinjak adalah pedal rem. Kendaraan pun bisa berhenti mendadak.

Mengemudikan mobil matic dengan benar

Simak tip mengemudikan mobil matic agar perjalanan jadi semakin menyenangkan:

  1. Pahami benar bahwa mobil yang Sahabat kemudikan adalah mobil matic dengan dua pedal. Pedal kiri adalah rem dan pedal kanan adalah akselerator atau pedal gas. Karena itu, istrirahatkan kaki kiri. Jangan gunakan sama sekali. Kalau perlu, jauhkan kaki kiri dari pedal, misalnya dengan melipatnya di kursi.
  2. Pelajari posisi transmisi sesuai urutannya. Dari P, R, N D dan seterusnya. Hafalkan, agar saat harus berganti posisi, Sahabat bisa langsung melakukannya.
  3. Biasakan mengawali perjalanan dengan menginjak pedal rem, barulah memutar kunci kontak. Ini untuk keamanan, yang sistemnya dirancang oleh produsen, agar mobil tidak menyelonong dengan sendirinya.
  1. Tuas transmisi sebaiknya dipindahkan posisi dari D ke N apabila berada di jalanan macet yang memakan waktu di atas 0,5 menit. Ini akan menghemat kampas rem.
  2. Jangan pindahkan posisi dari D ke P di saat macet. Posisi P menyebabkan sistem berpikir bahwa kendaraan sedang di parkir, sehingga ada kemungkinan kunci pintu akan membuka secara otomatis.
  3. Happy Driving!
Images

Makanan Yang Cocok Untuk Berbuka Di Jalan

Halo Sahabat, bagaimana ibadah Puasamu hari ini? Semoga lancar ya! Sahabat, selama bulan Ramadhan, kondisi lalu lintas dan jalanan kerap tidak menentu. Ada saja waktu dimana jalanan macet selama berjam-jam. Akhirnya, kamu pun terpaksa harus berbuka Puasa di dalam mobil. Apalagi untuk para komuter yang berkantor relatif jauh dari rumahnya, berbuka puasa di dalam kendaraan […]

Images

Manfaat Kaca Film

Halo Sahabat, apakah ada diantara Sahabat yang belum memasang kaca film pada kaca mobil sahabat? Memasang kaca film juga memiliki beberapa manfaat yang baik karena pemasangan kaca film sebenarnya memiliki tiga fungsi utama bagi para penggunanya, antara lain keamanan, kenyamanan, serta estetikanya. Nah Sahabat, berikut ini adalah beberapa manfaat kaca film yang bisa Sahabat simak: […]

Images

Merawat Aki

Selain smart phone, mobilmu juga dilengkapi dengan baterei. Kalau smart phone-mu ‘lowbat’, kamu tinggal cari colokan atau memasangkannya ke power bank. Nah, kalau yang ‘lowbat’ baterei mobilmu bagaimana? Mogok dan mesin tidak dapat dihidupkan. Baterei di mobilmu itu, disebut dengan Accu (Aki). Fungsinya untuk menyimpan dan mensuplai daya listrik ke seluruh komponen mobil, seperti lampu, […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY