Bagikan Artikel

Seorang pengendara yang baru pertama kali menggunakan transmisi otomatis atau matic, tentu harus melakukan penyesuaian agar tidak membahayakan ketika melaju di jalan raya. Persoalan yang kerap dialami pengguna pemula adalah kebiasaan menginjak pedal kopling ketika akan mengurangi kecepatan dengan menurunkan gigi transmisi.

Ketika yang digunakan adalah mobil matic, apa yang terjadi? Yups, kaki kiri menginjak pedal yang dikiranya pedal kopling, padahal yang diinjak adalah pedal rem. Kendaraan pun bisa berhenti mendadak.

Mengemudikan mobil matic dengan benar

Simak tip mengemudikan mobil matic agar perjalanan jadi semakin menyenangkan:

  1. Pahami benar bahwa mobil yang Sahabat kemudikan adalah mobil matic dengan dua pedal. Pedal kiri adalah rem dan pedal kanan adalah akselerator atau pedal gas. Karena itu, istrirahatkan kaki kiri. Jangan gunakan sama sekali. Kalau perlu, jauhkan kaki kiri dari pedal, misalnya dengan melipatnya di kursi.
  2. Pelajari posisi transmisi sesuai urutannya. Dari P, R, N D dan seterusnya. Hafalkan, agar saat harus berganti posisi, Sahabat bisa langsung melakukannya.
  3. Biasakan mengawali perjalanan dengan menginjak pedal rem, barulah memutar kunci kontak. Ini untuk keamanan, yang sistemnya dirancang oleh produsen, agar mobil tidak menyelonong dengan sendirinya.
  1. Tuas transmisi sebaiknya dipindahkan posisi dari D ke N apabila berada di jalanan macet yang memakan waktu di atas 0,5 menit. Ini akan menghemat kampas rem.
  2. Jangan pindahkan posisi dari D ke P di saat macet. Posisi P menyebabkan sistem berpikir bahwa kendaraan sedang di parkir, sehingga ada kemungkinan kunci pintu akan membuka secara otomatis.
  3. Happy Driving!
Images

Camilan Aman Saat Menyetir Kendaraan

Hai Sahabat Daihatsu, apakah sudah makan siang? Kalau belum, segera deh bersantap. Tapi ingat ya, makan sebaiknya secukupnya. Apalagi siang hari. Makan yang berlebihan bisa membuat ngantuk. Hal ini bisa menjadi masalah apabila Sahabat sedang mengemudikan kendaraan. Dalam perjalanan panjang, perut terkadang berulah. Karena itu, saat dalam menempuh rute yang jauh, sebaiknya membawa camilan. Namun, […]

Images

Mengemudi Aman Dan Nyaman Saat Berlibur

Sahabat, perjalanan mudik ke kampung halaman atau berlibur dengan menggunakan kendaraan pribadi sudah pasti akan menempuh jarak yang jauh. Bahkan, waktu tempuh juga tidak bisa diprediksi, karena kondisi lalu lintas yang terkadang macet atau malah lancar. Dengan kondisi perjalanan seperti itu, kamu membutuhkan persiapan sangat matang, tidak hanya kondisi mobilmu tetapi juga pengemudinya. Tidak hanya […]

Images

HINDARI PARKIR DI BAWAH TERIK MATAHARI

Halo Sahabat, meskipun musim penghujan sudah dimulai, bukan berarti tidak ada panas sama sekali ya. Sahabat, salah satu cara paling mudah merawat interior dan exterior mobil sekaligus adalah dengan tidak memarkirnya langsung di bawah terik sinar Matahari. Selain membuat warna cat bodi cepat kusam, memarkir mobil di bawah terik Matahari secara langsung dapat membuat panel-panel […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY