Bagikan Artikel

Halo Sahabat, apakah Sahabat pernah memperhatikan tulisan kecil di sudut bawah kaca mobil Sahabat? Selain merk, tulisan tersebut memuat informasi mengenai tahun pembuatan dan jenis kaca tersebut. Biasanya jenis kaca standart yang dipakai oleh pembuat mobil ada dua macam, dibedakan dari sruktur dan fungsi yang berbeda, hal tersebut dimaksudkan agar keselamatan penumpang di dalam kendaraan dapat terjaga dengan baik. Untuk lebih jelasnya, mari kita mengenal jeinis-jenis kaca mobil yang lazim dipakai sebagai standart keselamatan berkendara sebagai berikut:

Kaca jenis Temperlite digunakan untuk bagian samping atau jendela, kaca jenis ini sangat kuat namun dapat dengan mudah dipecahkan dengan alat khusus atau pada titik tertentu pada saat keadaan darurat. Kaca jenis ini merupakan kaca biasa yang diperkeras dengan proses pemanasan dengan suhu hingga mencapai 650 derajat celcius, kemudian didinginkan seketika. Kaca jenis ini relatif sulit untuk dipecahkan, karena memiliki kekuatan tiga kali lebih kuat dari kaca biasa. Tapi bila tertembus benda tajam melebihi seperenam tebal kaca tersebut, maka akan pecah berkeping-keping menjadi butiran-butiran kecil. Kaca jenis ini dipakai di bagian samping mobil (jendela) dengan maksud agar ketika terjadi benturan dari samping tidak mudah pecah. Namun untuk kendaraan besar berpenumpang banyak seperti bus, kaca temperlite-nya mudah dipecahkan dengan menggunakan alat pemecah khusus yang biasanya menempel di dinding interior kendaraan.

Untuk kaca jenis Lamisafe atau Laminated Glass digunakan di bagian depan (windshield) dan belakang. Kaca ini merupakan kaca yang dibungkus diantara dua lapisan film, hal tesebut dimaksudkan agar kaca tidak pecah berhamburan dan melukai penumpang pada saat terjadi benturan depan. Pada saat terjadi kondisi darurat, kaca depan dan belakang dapat dengan mudah dilepas dengan cara menendangnya ke arah luar. Kaca tesebut akan lepas dalam keadaan utuh sehingga jalan untuk menyelamatkan diri tidak terganggu pecahan kaca. Kaca jenis ini juga dapat menahan sinar ultra violet hingga 96 persen. Untuk beberapa merk mobil tertentu, dalam membersihkan kaca jenis ini sangat tidak disarankan menggunakan obat anti jamur, karena dapat membuat kaca tersebut menjadi buram.

Demikian Sahabat, semoga dengan mengenal jenis-jenis kaca mobil dapat menambah pengetahuan Sahabat apabila terjadi kondisi darurat.

Images

Tambah Peredam Agar Kabin Lebih Senyap

Sahabat Daihatsu, salah satu faktor penunjang kenyamanan dalam berkendara adalah kesenyapan kabin dimana suara berisik dari luar dapat nyaris tidak terdengar dari dalam kabin. Salah satu cara untuk meminimalisir suara berisik masuk ke dalam kabin adalah dengan tambahkan peredam suara agar kabin lebih senyap. Dengan kabin yang lebih senyap, sudah pasti tingkat kenyamanan akan bertambah […]

Images

Mengetahui Umur Ban

Halo Sahabat, apakah Sahabat pernah memperhatikan dinding atau sidewall ban Daihatsu milik Sahabat? Kalau Sahabat perhatikan, selain merk dan ukuran ban, di sana juga tercetak kode untuk waktu atau kapan ban itu dibuat. Dari situ lah, Sahabat dapat mengetahui umur ban Daihatsu milik Sahabat. Untuk membaca ukuran ban tidaklah sulit Sahabat, misalkan pada dinding ban […]

Images

Mengenali Gejala Kerusakan Shock Absorber

Hai Sahabat. Apakah ada diantara Sahabat yang merasakan kalau pengendalian mobilnya menjadi berkurang saat melaju melewati marka jalan atau permukaan jalan yang bergelombang? Mobil terasa berjalan terhuyung-huyung dan timbul suara-suara berisik dari arah roda saat melintasi lubang atau gundukan? Ada kemungkinan shock absorber mobil Sahabat sudah rusak atau lemah. Untuk dapat mengenali gejala kerusakan shock […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY