Bagikan Artikel

Halo Sahabat, apakah Sahabat pernah memperhatikan tulisan kecil di sudut bawah kaca mobil Sahabat? Selain merk, tulisan tersebut memuat informasi mengenai tahun pembuatan dan jenis kaca tersebut. Biasanya jenis kaca standart yang dipakai oleh pembuat mobil ada dua macam, dibedakan dari sruktur dan fungsi yang berbeda, hal tersebut dimaksudkan agar keselamatan penumpang di dalam kendaraan dapat terjaga dengan baik. Untuk lebih jelasnya, mari kita mengenal jeinis-jenis kaca mobil yang lazim dipakai sebagai standart keselamatan berkendara sebagai berikut:

Kaca jenis Temperlite digunakan untuk bagian samping atau jendela, kaca jenis ini sangat kuat namun dapat dengan mudah dipecahkan dengan alat khusus atau pada titik tertentu pada saat keadaan darurat. Kaca jenis ini merupakan kaca biasa yang diperkeras dengan proses pemanasan dengan suhu hingga mencapai 650 derajat celcius, kemudian didinginkan seketika. Kaca jenis ini relatif sulit untuk dipecahkan, karena memiliki kekuatan tiga kali lebih kuat dari kaca biasa. Tapi bila tertembus benda tajam melebihi seperenam tebal kaca tersebut, maka akan pecah berkeping-keping menjadi butiran-butiran kecil. Kaca jenis ini dipakai di bagian samping mobil (jendela) dengan maksud agar ketika terjadi benturan dari samping tidak mudah pecah. Namun untuk kendaraan besar berpenumpang banyak seperti bus, kaca temperlite-nya mudah dipecahkan dengan menggunakan alat pemecah khusus yang biasanya menempel di dinding interior kendaraan.

Untuk kaca jenis Lamisafe atau Laminated Glass digunakan di bagian depan (windshield) dan belakang. Kaca ini merupakan kaca yang dibungkus diantara dua lapisan film, hal tesebut dimaksudkan agar kaca tidak pecah berhamburan dan melukai penumpang pada saat terjadi benturan depan. Pada saat terjadi kondisi darurat, kaca depan dan belakang dapat dengan mudah dilepas dengan cara menendangnya ke arah luar. Kaca tesebut akan lepas dalam keadaan utuh sehingga jalan untuk menyelamatkan diri tidak terganggu pecahan kaca. Kaca jenis ini juga dapat menahan sinar ultra violet hingga 96 persen. Untuk beberapa merk mobil tertentu, dalam membersihkan kaca jenis ini sangat tidak disarankan menggunakan obat anti jamur, karena dapat membuat kaca tersebut menjadi buram.

Demikian Sahabat, semoga dengan mengenal jenis-jenis kaca mobil dapat menambah pengetahuan Sahabat apabila terjadi kondisi darurat.

Images

Faktor Penyebab Volume Oli Mesin Berkurang

Sahabat Daihatsu, apakah sebelum berangkat tadi pagi Sahabat sempat cek volume oli mesin? Kalau Sahabat lupa atau bahkan tidak pernah cek volume oli mesin, kami sarankan agar mulai mengecek selalu volume oli mesin secara berkala ya. Caranya mudah kok Sahabat, tinggal tarik deep stick oli mesin yang ada di sebelah kiri atau kanan blok mesin. […]

Images

Merawat Aki

Selain smart phone, mobilmu juga dilengkapi dengan baterei. Kalau smart phone-mu ‘lowbat’, kamu tinggal cari colokan atau memasangkannya ke power bank. Nah, kalau yang ‘lowbat’ baterei mobilmu bagaimana? Mogok dan mesin tidak dapat dihidupkan. Baterei di mobilmu itu, disebut dengan Accu (Aki). Fungsinya untuk menyimpan dan mensuplai daya listrik ke seluruh komponen mobil, seperti lampu, […]

Images

Mencegah Kebakaran Mobil

Sahabat Daihatsu, pernahkah Sahabat mendengar berita ada mobil terbakar di tengah jalan?. Bagian mobil yang terbakar pun bermacam-macam, ada yang dari depan, tengah atau bagian kolong. Sebenarnya apabila kita sedikit peka pada kondisi mobil kita, kita dapat mencegah kebakaran mobil sebelum terjadi sehingga kita terhindar dari kerugian dan yang lebih penting lagi nyawa kita dan […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY