Bagikan Artikel

Halo Sahabat, apakah Sahabat pernah memperhatikan tulisan kecil di sudut bawah kaca mobil Sahabat? Selain merk, tulisan tersebut memuat informasi mengenai tahun pembuatan dan jenis kaca tersebut. Biasanya jenis kaca standart yang dipakai oleh pembuat mobil ada dua macam, dibedakan dari sruktur dan fungsi yang berbeda, hal tersebut dimaksudkan agar keselamatan penumpang di dalam kendaraan dapat terjaga dengan baik. Untuk lebih jelasnya, mari kita mengenal jeinis-jenis kaca mobil yang lazim dipakai sebagai standart keselamatan berkendara sebagai berikut:

Kaca jenis Temperlite digunakan untuk bagian samping atau jendela, kaca jenis ini sangat kuat namun dapat dengan mudah dipecahkan dengan alat khusus atau pada titik tertentu pada saat keadaan darurat. Kaca jenis ini merupakan kaca biasa yang diperkeras dengan proses pemanasan dengan suhu hingga mencapai 650 derajat celcius, kemudian didinginkan seketika. Kaca jenis ini relatif sulit untuk dipecahkan, karena memiliki kekuatan tiga kali lebih kuat dari kaca biasa. Tapi bila tertembus benda tajam melebihi seperenam tebal kaca tersebut, maka akan pecah berkeping-keping menjadi butiran-butiran kecil. Kaca jenis ini dipakai di bagian samping mobil (jendela) dengan maksud agar ketika terjadi benturan dari samping tidak mudah pecah. Namun untuk kendaraan besar berpenumpang banyak seperti bus, kaca temperlite-nya mudah dipecahkan dengan menggunakan alat pemecah khusus yang biasanya menempel di dinding interior kendaraan.

Untuk kaca jenis Lamisafe atau Laminated Glass digunakan di bagian depan (windshield) dan belakang. Kaca ini merupakan kaca yang dibungkus diantara dua lapisan film, hal tesebut dimaksudkan agar kaca tidak pecah berhamburan dan melukai penumpang pada saat terjadi benturan depan. Pada saat terjadi kondisi darurat, kaca depan dan belakang dapat dengan mudah dilepas dengan cara menendangnya ke arah luar. Kaca tesebut akan lepas dalam keadaan utuh sehingga jalan untuk menyelamatkan diri tidak terganggu pecahan kaca. Kaca jenis ini juga dapat menahan sinar ultra violet hingga 96 persen. Untuk beberapa merk mobil tertentu, dalam membersihkan kaca jenis ini sangat tidak disarankan menggunakan obat anti jamur, karena dapat membuat kaca tersebut menjadi buram.

Demikian Sahabat, semoga dengan mengenal jenis-jenis kaca mobil dapat menambah pengetahuan Sahabat apabila terjadi kondisi darurat.

Images

Jangan Gunakan Rem Tangan Di Lampu Merah

Secara tidak sengaja, kamu sebagai pegendara mobil pasti pernah melakukan beberapa kebiasaan yang sebenarnya tidak dibenarkan. Salah satunya adalah saat kamu berhenti di lampu merah, kamu pasti ingin memberikan kesempatan kakimu untuk bersantai dari semua pedal terutama pedal rem dengan menggunakan parking brake atau rem tangan. Ternyata Sahabat, kebiasaan itu dinilai cukup membahayakan untuk pengemudi dan pengendara […]

Images

HINDARI PARKIR DI BAWAH TERIK MATAHARI

Halo Sahabat, meskipun musim penghujan sudah dimulai, bukan berarti tidak ada panas sama sekali ya. Sahabat, salah satu cara paling mudah merawat interior dan exterior mobil sekaligus adalah dengan tidak memarkirnya langsung di bawah terik sinar Matahari. Selain membuat warna cat bodi cepat kusam, memarkir mobil di bawah terik Matahari secara langsung dapat membuat panel-panel […]

Images

Mensiasati Depresiasi Harga Mobil

Sahabat, salah satu faktor pertimbangan saat akan membeli mobil baru adalah ‘resale value’ atau harga jual kembali. Pada saat kita memutuskan untuk membeli mobil baru, kita sepenuhnya sadar bahwa apabila nanti mobil tersebut kita jual, harganya sudah pasti turun atau mengalami depresiasi. Depresiasi harga mobil dipengaruhi oleh banyak faktor penyebab, mulai dari keluarnya model baru, […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY