Bagikan Artikel

Sahabat, kamu sudah mengenal komponen yang bernama tali kipas atau fan belt? Tali kipas merupakan komponen yang sangat penting pada sebuah mesin mobil. Komponen ini berupa sabuk atau tali berbahan karet tahan panas yang terus berputar selama mesin mobilmu bekerja. Fungsinya sebagai penerus putaran mesin untuk menggerakkan power steering, AC, water pump, alternator, dan lainnya.

Kalau kita lihat dari tugasnya, tali kipas memiliki umur penggunaan yang relatif singkat. Ini dikarenakan tali kipas yang selalu bekerja mengikuti putaran mesin. Bayangkan kalau tali kipas tersebut tiba-tiba putus di tengah jalan saat kamu sedang bekendara, dapat dipastikan mobilmu akan mogok.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu harus memerhatikan kondisi tali kipas mobilmu. Ada banyak cara melihat tanda-tanda kalau tali kipas mobilmu harus diganti, dan cara paling mudah mendeteksi tali kipas mobilmu mulai rusak adalah mulai terdengarnya suara aneh yang berasal dari ruang mesin.

Suara aneh itu muncul saat mesin dihidupkan di pagi hari. Suara yang timbul biasanya suara berdecit. Bunyi ini muncul akibat tali kipas selip, karena sudah ‘melar’ dan sudah tidak dapat lagi bergerak mengikuti putaran pulley dengan sempurna.

Selain itu, tanda-tanda fan belt sudah waktunya diganti bisa kamu lihat secara fisik. Karena terbuat dari karet dan menahan gesekan serta panas mesin terus menerus, tali kipas akan terlihat pecah-pecah atau rengat di bagian dalam.

Untuk mengetahui rengat atau tidaknya tali kipasmu, kamu bisa membalikkannya. Kalau terlihat ada retakan halus di bagian dalam, itu artinya tali kipasmu harus diganti. Jika gejala tersebut kamu diamkan, dapat beresiko putus di jalan.

Di sisi lain, sebenarnya ada solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi tali kipas yang mulai berdecit atau mulai retak halus, yaitu dengan menambahkan pelumas khusus tali kipas agar tidak terlalu kering. Tapi harus kamu ingat, cara itu sifatnya hanya sementara.

Untuk menghindari resiko tali kipas putus, kita sarankan untuk melakukan pergantian tali kipas secara rutin di bengkel resmi Astra Daihatsu. Idealnya pergantian tali kipas dilakukan setiap 30.000 – 40.000 kilometer.

 

 

 

 

Images

Mencuci Mobil Dengan Baik

Hai Sahabat, di musim penghujan ini tentunya Sahabat akan lebih sering mencuci mobil ya. Setelah dipakai berhujan-hujan, tentunya tampilan mobil menjadi kurang sedap dipandang akibat kotoran dan lumpur yang menempel di sekujur bodi mobil. Meskipun Sahabat sudah sering mencuci mobil, ada kemungkinan cara yang digunakan masih kurang tepat. Nah bagaimana sih, cara mencuci mobil dengan […]

Images

Pengharum Mobil Di Depan Grill AC? No…No!

Sahabat, mendengarkan musik saat terjebak kemacetan bisa menjadi salah satu penghilang rasa penat ya… Apalagi dengan hembusan sejuk dari udara AC ditemani semerbak wanginya parfum mobil kesukaan kamu. Eh, apakah kamu meletakkan pengharum itu di depan grill AC? Wah, sebaiknya jangan Sahabat. Anggapan bahwa meletakkan pengharum mobil di depan grill AC adalah langkah yang tepat […]

Images

Merawat Dashboard

Halo Sahabat, sudahkah kamu merawat dashboard mobilmu dengan baik? Dashboard meskipun letaknya di dalam kabin, tetap harus dirawat dengan baik. Posisi dashboard yang langsung terkena sinar matahari, dapat membuat warna dashboard berubah menjadi kusam atau retak, terutama saat kamu memarkir mobilmu dalam waktu yang lama di bawah terik sinar Matahari. Selain itu, debu di dalam […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY