Bagikan Artikel

Sahabat, kamu sudah mengenal komponen yang bernama tali kipas atau fan belt? Tali kipas merupakan komponen yang sangat penting pada sebuah mesin mobil. Komponen ini berupa sabuk atau tali berbahan karet tahan panas yang terus berputar selama mesin mobilmu bekerja. Fungsinya sebagai penerus putaran mesin untuk menggerakkan power steering, AC, water pump, alternator, dan lainnya.

Kalau kita lihat dari tugasnya, tali kipas memiliki umur penggunaan yang relatif singkat. Ini dikarenakan tali kipas yang selalu bekerja mengikuti putaran mesin. Bayangkan kalau tali kipas tersebut tiba-tiba putus di tengah jalan saat kamu sedang bekendara, dapat dipastikan mobilmu akan mogok.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu harus memerhatikan kondisi tali kipas mobilmu. Ada banyak cara melihat tanda-tanda kalau tali kipas mobilmu harus diganti, dan cara paling mudah mendeteksi tali kipas mobilmu mulai rusak adalah mulai terdengarnya suara aneh yang berasal dari ruang mesin.

Suara aneh itu muncul saat mesin dihidupkan di pagi hari. Suara yang timbul biasanya suara berdecit. Bunyi ini muncul akibat tali kipas selip, karena sudah ‘melar’ dan sudah tidak dapat lagi bergerak mengikuti putaran pulley dengan sempurna.

Selain itu, tanda-tanda fan belt sudah waktunya diganti bisa kamu lihat secara fisik. Karena terbuat dari karet dan menahan gesekan serta panas mesin terus menerus, tali kipas akan terlihat pecah-pecah atau rengat di bagian dalam.

Untuk mengetahui rengat atau tidaknya tali kipasmu, kamu bisa membalikkannya. Kalau terlihat ada retakan halus di bagian dalam, itu artinya tali kipasmu harus diganti. Jika gejala tersebut kamu diamkan, dapat beresiko putus di jalan.

Di sisi lain, sebenarnya ada solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi tali kipas yang mulai berdecit atau mulai retak halus, yaitu dengan menambahkan pelumas khusus tali kipas agar tidak terlalu kering. Tapi harus kamu ingat, cara itu sifatnya hanya sementara.

Untuk menghindari resiko tali kipas putus, kita sarankan untuk melakukan pergantian tali kipas secara rutin di bengkel resmi Astra Daihatsu. Idealnya pergantian tali kipas dilakukan setiap 30.000 – 40.000 kilometer.

 

 

 

 

Images

Membersihkan Nozzle Penyemprot Air Kaca Depan

Halo Sahabat, bagaimana apakah curah hujan di tempat Sahabat sudah semakin tinggi? Sahabat dalam kondisi musim hujan, pada saat mengemudi kita akan lebih sering menggunakan wiper. Debu dan kotoran yang menempel terkadang malah membuat kaca menjadi buram pada saat awal hujan dimulai atau pada saat kita mulai mengaktifkan wiper. Ditambah, kotoran dari cipratan kendaraan di […]

Images

Perkakas Wajib Saat Perjalanan Jauh

Selain pemeriksaan secara menyeluruh di bengkel resmi Astra Daihatsu, sebelum berangkat liburan atau mudik ada baiknya kamu mempersiapkan perkakas di mobil dengan baik. Kenapa? Karena insiden dapat terjadi di waktu dan tempat yang tak diharapkan. Seperti ban bocor, aki soak dan lain sebagainya. Kamu sebaiknya dapat mengatasi seraya menunggu bantuan datang dengan bantuan beberapa perkakas […]

Images

Parkir Mundur Sangatlah Mudah

Sebagai pengendara pemula, pasti kamu pernah mengalami kesulitan saat akan memarkirkan mobilmu, terutama untuk parkir mundur di rumah atau di pusat-pusat perbelanjaan. Parkir mundur memang dianggap sulit karena daya pandang yang kurang maksimal. Untuk kamu yang belum berpengalaman, kondisi ini dikhawatirkan bisa menyebabkan hal-hal yang tidak kita inginkan. Namun demikian, sebagai pengendara pemula kamu harus […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY