Bagikan Artikel

Halo Sahabat, sudahkah kamu merawat dashboard mobilmu dengan baik? Dashboard meskipun letaknya di dalam kabin, tetap harus dirawat dengan baik. Posisi dashboard yang langsung terkena sinar matahari, dapat membuat warna dashboard berubah menjadi kusam atau retak, terutama saat kamu memarkir mobilmu dalam waktu yang lama di bawah terik sinar Matahari. Selain itu, debu di dalam mobil yang menempel pada dashboard, juga mempengaruhi penampilan dashboard hingga terlihat kusam.

Oleh karenanya, sebagai pemilik mobil, kamu wajib melakukan perawatan rutin untuk menjaga dashboard mobilmu agar tetap dalam tampilan yang bersih dan segar. Yuk kita simak beberapa langkah mudah dan sederhana berikut ini, supaya dashboard mobilmu tetap terawat dengan baik:

 

Pasang Lapisan Pelindung

Langkah ini bisa dibilang dapat menjaga dashboard mobilmu terlihat bersih sekaligus awet. Kamu hanya tinggal menyemprotkan pembersih dashboard yang mempunyai bahan dasar air. Setelah itu lap kembali dengan kain halus dan bersih. Kemudian pasang pelindung dashboard agar terlindungi dari paparan sinar matahari, kotoran, dan juga debu. Perlu diingat untuk memasang pelindung harus perhatikan pula tata letak lubang-lubang AC dan airbag mobilmu, jangan sampai pelindung tersebut menghalangi jalur keluarnya. Pelindung dashboard sendiri banyak dijual pada bengkel-bengkel mobil dan juga toko variasi.

 

Gunakan LapMicrofiber

Untuk membersihkan kotoran dan debu pada dashboard mobilmu, cukup dengan menggunakan lap microfiber yang dijual di bengkel atau toko perawatan kendaraan. Perlu diingat saat menggunakan lap tersebut, cukup gunakan sedikit air. Pada dasarnya microfiber dapat menyerap air dengan baik oleh karena itu jangan beri terlalu banyak air, cukup dibuat lembab saja. Kemudian, secara perlahan bersihkan bagian dashboard yang diinginkan.

 

Gunakan Sikat Gigi Atau Kuas Halus

Ada beberapa bagian pada dashboard yang sulit terjagkau oleh tangan, seperti celah-celah kecil dan lubang-lubang AC. Oleh karena itu kamu bisa memanfaatkan sikat gigi atau kuas halus yang dapat masuk pada lubang kecil tersebut. Agar lebih maksimal kamu bisa beri sedikit percikan air dan sedikit sabun pada ujungnya. Tujuannya agar kotoran dapat menempel pada sikat atau kuas. Perlu diingat, pilihlah sikat gigi yang memiliki tekstur bulu lembut, agar tidak menggores permukaan dashboard mobilmu.

 

Semprot Menggunakan Cairan Pembersih

Langkah selanjutnya, setelah permukaan dashboard bebas dari debu dan noda. Semprotkan cairan pembersih pada dashboard mobilmu. Cairan pembersih dashboard dapat berupa cairan atau foam, yang bisa kamu beli di toko perawatan dan variasi mobil. Sebagai catatan jangan gunakan cairan pembersih yang mengandung silicone, dan juga sabun cuci atau pembersih rumah tangga, karena dapat membuat permukaan dashboard belang. Pada dasarnya dashboard terbuat dari bahan khusus yang sensitif terhadap pembersih biasa.

 

Bagaimana Sahabat? Mudahkan membersihkan dashboard mobilmu. Yuk kita coba mulai melakukannya di akhir pekan ini sembari ngabuburit. Selamat mencoba ya Sahabat!

Images

Pemeriksaan Terakhir Menjelang Berangkat Berlibur

Sahabat, sudahkah kamu menemukan lokasi atau tujuan liburanmu bersama keluarga? Kalau sudah dan kamu berencana untuk menggunakan mobil pribadi, maka tidak ada salahnya untuk memeriksa kondisi mobilmu terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan agar perjalanan liburanmu lebih aman dan nyaman tanpa ada kendala apapun. Nah, berikut ini ada beberapa tips sederhana pemeriksaan terakhir menjelang berangkat […]

Images

Mensiasati Depresiasi Harga Mobil

Sahabat, salah satu faktor pertimbangan saat akan membeli mobil baru adalah ‘resale value’ atau harga jual kembali. Pada saat kita memutuskan untuk membeli mobil baru, kita sepenuhnya sadar bahwa apabila nanti mobil tersebut kita jual, harganya sudah pasti turun atau mengalami depresiasi. Depresiasi harga mobil dipengaruhi oleh banyak faktor penyebab, mulai dari keluarnya model baru, […]

Images

Mencegah Pecah Ban Di Jalan Tol

Halo Sahabat, sudah tahu belum kalau sebagian besar kondisi jalan Tol Trans Jawa itu menggunakan jenis beton cor sebagai permukaan jalannya atau dikenal dengan sebutan ‘Rigid Pavement’, tanpa dilapisi aspal? Kondisi itu ternyata membuat ban cepat aus dan panas sehingga potensi terjadinya pecah ban sangat besar. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kamu […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY