Bagikan Artikel

Halo Sahabat. Terutama untuk Sahabat yang memiliki Daihatsu Luxio dan GranMax Minibus / Blind Van. Bagaimana Sahabat? Memiliki Minibus dengan pintu geser ternyata sangat praktis dan menyenangkan ya. Bukaan pintu dapat maksimal terutama saat parkir di area parkir pusat-pusat perbelanjaan dan tempat rekreasi lainnya. Bukaan pintu geser yang maksimal ini sangat membantu saat Sahabat naik dan turun mobil sehingga lebih leluasa dan mudah. Pada umumnya mobil yang menggunakan pintu geser adalah mobil-mobil jenis Multi Purpose Van. Seperti yang sudah kita ketahui, pintu geser sangat membutuhkan perawatan exstra karena jika sampai macet akan sulit di perbaiki. Oleh karenanya merawat pintu geser sangat kita sarankan untuk pemilik Daihatsu Luxio dan GranMax Minibus / BV.  Agar pintu geser dapat selalu bekerja dengan baik, perlu beberapa langkah perawatan mudah seperti uraian di bawah ini:

1. Kondisi Rel Pintu Geser

Cara merawat pintu geser mobil yang paling mudah adalah dengan memperhatikan kondisi rel pintu geser, saat membersihkan sebaiknya menggunakan lap khusus yang lebih halus karena kotoran kecil saja bisa mempengaruhi kondisi rel pintu geser, gunakan lap bersih untuk membersihkannya jangan lupa semprotkan cairan pelumas khusus (bukan untuk rantai motor) untuk menghilangkan kotoran dan sisa pelumas lama. Jangan lupa perhatikan juga bagian-bagian dalam rel pintu geser barang kali ada kotoran seperti daun yang masuk dalam rel pintu geser.

2. Pelumas Gemuk

Cara merawat pintu geser mobil berikutnya adalah dengan mengolesi rel dengan gemuk (sejenis pelumas pasta yang menggandung paraffin), hindari penggunaan gemuk yang menggandung oli karena oli sendiri akan membuat debu mudah menempel. Oleskan secukupnya saja, karena bila berlebihan akan malah membuat rel terkesan jorok.

3. Bearing

Cara berikutnya adalah dengan memeriksa dan merawat kondisi bearing. Bila pintu geser mulai menggeluarkan bunyi yang tidak biasa maka sudah saatnya Sahabat melakukan perawatan pada bearing, lumasilah bearing dengan hati-hati usahakan jika pelumasnya menetes ke body mobil maka langsung bersihkan dengan kain halus lalu siram dengan air sabun kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan.

4. Hindari Benturan

Cara merawat pintu geser berikutnya adalah dengan menggurangi benturan, benturan yang dimaksud adalah jangan ada benturan keras saat menutup pintu mobil. Hentakan keras akan merusak bukan hanya pintu saja tapi bisa berakibatkan pada pengait pintu sehingga rusak ataupun patah, labih baik tutup pintu dengan tenaga secukupnya. Biasanya pintu geser modern dapat ditutup dengan mudah.

 

Selain memberikan kesan premium, pintu geser pada mobil MPV sangatlah membantu pada saat kita akan naik dan turun di area parkir yang terbatas seperti di pusat-pusat perbelanjaan atau pusat-pusat keramaian lainnya.  Bukaannya yang lebih lebar dibandingkan pintu swing biasa sangat membantu terlebih untuk orang berusia lanjut atau orang dengan kebutuhan khusus. Bagaimana Sahabat? Merawat pintu geser sangatlah mudah ya. Selamat mencoba Sahabat!

Images

Manfaat Kaca Film

Halo Sahabat, apakah ada diantara Sahabat yang belum memasang kaca film pada kaca mobil sahabat? Memasang kaca film juga memiliki beberapa manfaat yang baik karena pemasangan kaca film sebenarnya memiliki tiga fungsi utama bagi para penggunanya, antara lain keamanan, kenyamanan, serta estetikanya. Nah Sahabat, berikut ini adalah beberapa manfaat kaca film yang bisa Sahabat simak: […]

Images

Seputaran Shock Breaker

Sahabat, waktu melewati lubang mobilmu kok gedebukan? Suara kaki-kakinya berisik sekali ya. Wah jangan-jangan shock breaker-nya sudah kena tuh! Apa itu shock breaker? Shock breaker adalah sebuah komponen yang berfungsi menjaga kestabilan mobilmu, serta meredam guncangan saat mobilmu melintasi jalan bergelombang ataupun rusak. Kalau kita lihat fungsinya, bisa dibilang shock breaker memiliki peranan penting dalam menunjang mobilitas […]

Images

YUK, USIR SERANGGA DARI DALAM MOBIL

Sahabat pernah melihat seekor serangga berjalan santai di atas dashboard? Semut misalnya? Mungkin kalau hanya satu atau dua ekor tidak menjadi masalah besar, tapi yang menjadi masalah besar adalah kalau si semut sudah bersarang di mobil Sahabat. Ada baiknya Sahabat mengingat-ingat, pernahkah Sahabat menumpahkan makanan atau minuman? Atau mungkin Sahabat pernah parkir dibawah pohon yang […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY