Bagikan Artikel

Sahabat, menjelang akhir bulan Ramadhan, apalagi yang ditunggu-tunggu kalau bukan pulang mudik untuk bertemu dengan keluarga besar di kampung halaman. Tiket mudik biasanya harus dipesan dari jauh-jauh hari biar kamu tidak kehabisan tiket dan menghindari harga tiket yang melambung karena tuslah.

Sahabat, sebenarnya mudik dengan menggunakan mobil pribadi banyak kelebihannya lho. Di kampung halaman nanti, kamu tak perlu repot mencari atau menyewa mobil untuk membawa orang tuamu atau sanak keluarga lainnya berjalan-jalan. Nah untuk kamu yang memutuskan untuk mudik dengan menggunakan mobil pribadi, ini dia ada beberapa tips mudik yang harus kamu lakukan agar perjalananmu aman dan nyaman:

 

Periksa performa kendaraan sebelum berangkat

Tips mudik yang satu ini harus kamu lakukan jauh-jauh hari sebelum berangkat. Pastikan kamu sudah memeriksa kesiapan dan performa mobilmu untuk dibawa perjalanan jauh saat mudik nanti. Caranya adalah dengan memeriksakan mobilmu ke bengkel Astra Daihatsu terdekat, dan apabila angka di odometer sudah menunjuk angka yang dekat untuk service berkala, lakukanlah service berkala lebih awal agar saat mudik nanti kamu tidak direpotkan dengan service berkala.

Bawa perlengkapan lengkap

Ban serep, obeng, kunci-kunci dan berbagai perkakas lainnya adalah hal yang wajib kamu bawa saat mudik nanti. Meskipun kondisi mobilmu sudah prima untuk perjalanan jauh, tapi membawa perkakas juga dapat berguna untuk mengatasi masalah pada saat kondisi darurat.

Pastikan surat kelengkapan mobil

Jauh-jauh hari sebelum berangkat mudik, kamu harus memastikan bahwa surat_surat kendaraanmu lengkap dan masih berlaku. Juga berlaku untuk Surat Ijin Mengemudimu.

Cukup tidur sebelum berangkat

Tempat yang paling nyaman buat tidur ya sudah pasti di atas kasur pribadi di rumah. Dalam perjalanan mudik, kamu tidak akan bisa mendapatkan tidur berkualitas. Jadi, usahakan untuk cukup tidur sebelum berangkat mudik supaya kamu tidak lekas lelah.

Pilihlah baju yang nyaman

Sudah pasti kamu akan menngalami perjalanan yang panjang dan melelahkan, terlebih lagi kalau sampai terkena macet. Untuk membuatmu tetap nyaman selama perjalanan, usahakan untuk menggunakan baju yang nyaman, seperti celana katun, kaos dan juga jaket. Hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat atau tebal yang bisa membuatmu tidak leluasa bergerak.

Bawa makanan yang bisa tahan lama

Kalau kamu mudik naik pesawat dan kereta, mungkin kamu tidak perlu khawatir lagi soal makan siang atau makan malam karena bisa dipesan langsung di kereta atau pesawat tersebut. Tapi, kalau kamu mudik dengan menggunakan mobil pribadi, bawalah makanan yang tahan lama, khususnya untuk mengantisipasi kalau-kalau terjadi kemacetan dan sulit untuk mendapatkan makanan di sekitar.

Hindari merokok di dalam mobil

Meskipun kamu mudik dengan menggunakan mobil pribadimu, bukan berarti kamu bebas merokok. Apalagi kalau kamu mudik bersama dengan Si Kecil, hal ini pasti akan membuat penumpang lain tidak nyaman akibat asap bau dan asap rokokmu. Lagipula, aroma asap rokok pasti akan susah hilang dan menempel selamanya di interior mobilmu.

Jangan berangkat mepet Lebaran

Salah satu tips penting mudik yang perlu kamu perhatian adalah jangan berangkat mepet lebaran, maksudnya agar kamu dapat bepergian dengan santai dan menikmati liburanmu. Duduk berjam-jam di mobil pasti akan membuat tubuhmu pegal atau bahkan menimbulkan resiko pencernaan. Makanya, dengan berangkat jauh-jauh hari, kamu bisa melakukan perjalanan yang santai dengan beberapa kali istirahat.

Berhentilah saat merasa lelah

Setiap orang yang mudik pasti selalu ingin cepat sampai di tujuan. Tapi, bukan berarti kamu harus memaksakan diri untuk tetap melanjutkan perjalanan saat merasa lelah atau mengantuk. Sangat berbahaya dan bisa mengakibatkan hilang fokus sampai kecelakaan. Maka itu, sebagai pengemudi, usahakan untuk langsung menepi saat merasa mengantuk atau terlalu lelah. Cukup tidur 15 hingga 30 menit atau paling tidak pejamkan mata dan kalau minumlah kopi.

Kenali karakteristik daerah yang akan dilalui

Jalur yang dilalui para pemudik pasti memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Misalnya, ada daerah dengan jalanan rusak, jalanan yang berkelok, jalanan yang sulit signal, minim lampu dan bahkan daerah yang sering dilalui oleh hewan liar. Dengan memahami karakteristik daerah yang berbeda-beda tersebut, kamu bisa mengantisipasi hal yang akan terjadi agar sigap dan siap menghadapi segala kemungkinan.

Bawa peta manual untuk antisipasi kehilangan signal

Meskipun terdengar kuno, membawa peta manual akan sangat membantumu yang tidak hafal jalan saat melalui daerah yang susah signal. Jadi, kamu tidak perlu panik kalau signal GPSmu mendadak hilang.

 

Sahabat, semua tips di atas tadi dimaksudkan agar kamu mudik aman dan lancar dengan mobil pribadi. Kalau perlu, tambahkan lah sarana hiburan di mobilmu seperti televisi atau pemutar film agar Si Kecil tak bosan selama di perjalanan. Selamat mudik ya Sahabat!

Images

Makanan Yang Cocok Untuk Berbuka Di Jalan

Halo Sahabat, bagaimana ibadah Puasamu hari ini? Semoga lancar ya! Sahabat, selama bulan Ramadhan, kondisi lalu lintas dan jalanan kerap tidak menentu. Ada saja waktu dimana jalanan macet selama berjam-jam. Akhirnya, kamu pun terpaksa harus berbuka Puasa di dalam mobil. Apalagi untuk para komuter yang berkantor relatif jauh dari rumahnya, berbuka puasa di dalam kendaraan […]

Images

Pengharum Mobil Di Depan Grill AC? No…No!

Sahabat, mendengarkan musik saat terjebak kemacetan bisa menjadi salah satu penghilang rasa penat ya… Apalagi dengan hembusan sejuk dari udara AC ditemani semerbak wanginya parfum mobil kesukaan kamu. Eh, apakah kamu meletakkan pengharum itu di depan grill AC? Wah, sebaiknya jangan Sahabat. Anggapan bahwa meletakkan pengharum mobil di depan grill AC adalah langkah yang tepat […]

Images

Menggunakan Fog Lamp Dengan Bijak

Sahabat Daihatsu, di musim penghujan seperti sekarang ini, fog lamp atau lampu kabut menjadi kelengkapan yang sangat dibutuhkan pada saat berkendara. Menggunakan Fog lamp dengan bijak akan sangat membantu untuk menambah daya pengelihatan di saat kondisi hujan atau pada saat kondisi berkabut. Kelengkapan yang satu ini biasanya ditawarkan sebagai kelengkapan standar mobil type tertentu ketika […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY