Bagikan Artikel

Sahabat Daihatsu, menjelang Hari Raya Idul Fitri yang akan jatuh pada tanggal 5-6 Mei 2019 nanti, aktivitas mudik sudah pasti akan menjadi tradisi wajib. Momen ini pun bagi sebagian besar masyarakat Indonesia akan digunakan untuk pulang ke kampung halaman, berkumpul bersama keluarga serta bersilaturahmi dengan sanak saudara yang jauh. Bukan hanya itu, kegiatan mudik juga dimanfaatkan untuk sekadar liburan bersama keluarga, apalagi liburan Lebaran tahun ini berdekatan atau bahkan berbarengan dengan liburan sekolah. Dan bagi mereka yang akan mudik, berkendara dengan mobil pribadi masih menjadi favorit.

Memang, mudik dengan mengendarai mobil pribadi jauh lebih hemat dan jauh lebih praktis ketimbang menggunakan transportasi publik seperti kereta dan pesawat. Meski perjalanan mudik masih dilakukan sekitar satu bulan lagi namun persiapan menjelang keberangkatan bisa dilakukan dari sekarang. Terutama mereka yang akan melakukan perjalanan jauh dengan mobil pribadi, banyak yang harus dipersiapkan mulai dari biaya, keamanan, rute perjalanan, barang bawaan, jumlah anggota keluarga yang ikut, dan sebagainya. Untuk menciptakan suasana nyaman dan aman saat perjalanan mudik maka jangan sampai salah dalam merencanakan biaya mudikmu.

 

Berikut ini adalah beberapa alasan dan tips bahwa mudik dengan mobil lebih hemat dan praktis :

Hemat biaya perjalanan

Sejatinya, harga tiket menjelang mudik Lebaran jauh lebih mahal ketimbang hari biasa karena tuslah. Hal ini disebabkan oleh jumlah permintaan yang tidak seimbang dengan penawaran. Biasanya harga tiket pesawat maupun kereta api akan meningkat seiring tingginya permintaan. Bandingkan jika kamu mengendarai mobil pribadi, biaya perjalanan akan lebih ringan karena kamu hanya perlu membeli bahan bakar dan beberapa logistik selama dalam perjalanan.

Praktis membawa barang bawaan

Saat mudik tiba seringkali barang bawaan menjadi tak terkontrol. Demi membawa buah tangan untuk sanak saudara di kampung halaman, tas dan koper rela terisi penuh. Hal ini berujung pada situasi bagasi yang penuh. Bayangkan kalau kamu menggunakan pesawat pasti akan terkena biaya tambahan untuk membeli bagasi. Sementara kalau naik kereta atau bis, kamu harus membatasi volume barang bawaan agar tidak membatasi ruang dudukmu dan juga penumpang lain.

Kenyamanan ekstra selama perjalanan

Berdesak-desakkan di terminal atau bandara, jadwal perjalanan yang terlambat hingga ruang duduk sempit tak akan kamu alami apabila menggunakan mobil pribadi untuk perjalanan mudikmu. Meski harus menempuh perjalanan jauh sekalipun saat mudik, kamu akan merasa lebih nyaman.

Proteksi keamanan lebih terjaga

Saat menempuh perjalanan jauh untuk mudik tak jarang pengendara sering terserang kantuk. Apabila kamu tidak berhenti sejenak di rest area, rasa kantuk tersebut bisa mengakibatkan kurangnya konsentrasi saat mengemudi. Selain itu, masih banyak faktor lain yang berpotensi menimbulkan bahaya mengemudi seperti kecepatan berkendara terlalu tinggi, pengereman mendadak hingga konsentrasi terganggu. Oleh karenanya, saat terserang kantuk beristirahatlah sejenak di rest area, rumah makan atau rumah ibadah. Tidurlah sekitar 15-30 menit, dan bila perlu minumlah kopi.

 

Bagaimana Sahabat, mudik dengan mobil pribadi masih lebih hemat dan praktis kan. Dan salah satu nilai tambahnya, kamu bisa mengajak keluargamu di kampung halaman berjalan-jalan dengan Daihatsumu di saat Hari Raya Idul Fitri nanti. Selamat mudik ya Sahabat!

 

 

 

Images

Periksa Kondisi Mobilmu Sebelum Dan Sesudah Dipakai Berlibur

Sahabat Daihatsu, musim liburan akhir tahun ajaran sekolah akan segera tiba. Ditambah lagi dengan sudah mulai beroprasinya jalan tol Trans Jawa yang membuat perjalanan liburan dengan menggunakan mobil pribadi semakin cepat dan nyaman, maka liburan dengan menggunakan mobil pribadi menjadi sangat diminati dan memang lebih praktis. Mengapa lebih praktis? Karena di tempat tujuanmu nanti, kamu […]

Images

Mengenali Gejala Kerusakan Shock Absorber

Hai Sahabat. Apakah ada diantara Sahabat yang merasakan kalau pengendalian mobilnya menjadi berkurang saat melaju melewati marka jalan atau permukaan jalan yang bergelombang? Mobil terasa berjalan terhuyung-huyung dan timbul suara-suara berisik dari arah roda saat melintasi lubang atau gundukan? Ada kemungkinan shock absorber mobil Sahabat sudah rusak atau lemah. Untuk dapat mengenali gejala kerusakan shock […]

Images

Makanan Yang Cocok Untuk Berbuka Di Jalan

Halo Sahabat, bagaimana ibadah Puasamu hari ini? Semoga lancar ya! Sahabat, selama bulan Ramadhan, kondisi lalu lintas dan jalanan kerap tidak menentu. Ada saja waktu dimana jalanan macet selama berjam-jam. Akhirnya, kamu pun terpaksa harus berbuka Puasa di dalam mobil. Apalagi untuk para komuter yang berkantor relatif jauh dari rumahnya, berbuka puasa di dalam kendaraan […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY