Bagikan Artikel

Sahabat Daihatsu, menjelang Hari Raya Idul Fitri yang akan jatuh pada tanggal 5-6 Mei 2019 nanti, aktivitas mudik sudah pasti akan menjadi tradisi wajib. Momen ini pun bagi sebagian besar masyarakat Indonesia akan digunakan untuk pulang ke kampung halaman, berkumpul bersama keluarga serta bersilaturahmi dengan sanak saudara yang jauh. Bukan hanya itu, kegiatan mudik juga dimanfaatkan untuk sekadar liburan bersama keluarga, apalagi liburan Lebaran tahun ini berdekatan atau bahkan berbarengan dengan liburan sekolah. Dan bagi mereka yang akan mudik, berkendara dengan mobil pribadi masih menjadi favorit.

Memang, mudik dengan mengendarai mobil pribadi jauh lebih hemat dan jauh lebih praktis ketimbang menggunakan transportasi publik seperti kereta dan pesawat. Meski perjalanan mudik masih dilakukan sekitar satu bulan lagi namun persiapan menjelang keberangkatan bisa dilakukan dari sekarang. Terutama mereka yang akan melakukan perjalanan jauh dengan mobil pribadi, banyak yang harus dipersiapkan mulai dari biaya, keamanan, rute perjalanan, barang bawaan, jumlah anggota keluarga yang ikut, dan sebagainya. Untuk menciptakan suasana nyaman dan aman saat perjalanan mudik maka jangan sampai salah dalam merencanakan biaya mudikmu.

 

Berikut ini adalah beberapa alasan dan tips bahwa mudik dengan mobil lebih hemat dan praktis :

Hemat biaya perjalanan

Sejatinya, harga tiket menjelang mudik Lebaran jauh lebih mahal ketimbang hari biasa karena tuslah. Hal ini disebabkan oleh jumlah permintaan yang tidak seimbang dengan penawaran. Biasanya harga tiket pesawat maupun kereta api akan meningkat seiring tingginya permintaan. Bandingkan jika kamu mengendarai mobil pribadi, biaya perjalanan akan lebih ringan karena kamu hanya perlu membeli bahan bakar dan beberapa logistik selama dalam perjalanan.

Praktis membawa barang bawaan

Saat mudik tiba seringkali barang bawaan menjadi tak terkontrol. Demi membawa buah tangan untuk sanak saudara di kampung halaman, tas dan koper rela terisi penuh. Hal ini berujung pada situasi bagasi yang penuh. Bayangkan kalau kamu menggunakan pesawat pasti akan terkena biaya tambahan untuk membeli bagasi. Sementara kalau naik kereta atau bis, kamu harus membatasi volume barang bawaan agar tidak membatasi ruang dudukmu dan juga penumpang lain.

Kenyamanan ekstra selama perjalanan

Berdesak-desakkan di terminal atau bandara, jadwal perjalanan yang terlambat hingga ruang duduk sempit tak akan kamu alami apabila menggunakan mobil pribadi untuk perjalanan mudikmu. Meski harus menempuh perjalanan jauh sekalipun saat mudik, kamu akan merasa lebih nyaman.

Proteksi keamanan lebih terjaga

Saat menempuh perjalanan jauh untuk mudik tak jarang pengendara sering terserang kantuk. Apabila kamu tidak berhenti sejenak di rest area, rasa kantuk tersebut bisa mengakibatkan kurangnya konsentrasi saat mengemudi. Selain itu, masih banyak faktor lain yang berpotensi menimbulkan bahaya mengemudi seperti kecepatan berkendara terlalu tinggi, pengereman mendadak hingga konsentrasi terganggu. Oleh karenanya, saat terserang kantuk beristirahatlah sejenak di rest area, rumah makan atau rumah ibadah. Tidurlah sekitar 15-30 menit, dan bila perlu minumlah kopi.

 

Bagaimana Sahabat, mudik dengan mobil pribadi masih lebih hemat dan praktis kan. Dan salah satu nilai tambahnya, kamu bisa mengajak keluargamu di kampung halaman berjalan-jalan dengan Daihatsumu di saat Hari Raya Idul Fitri nanti. Selamat mudik ya Sahabat!

 

 

 

Images

Tips Aman Mengajak Balita Berlibur Dengan Mobil

Halo Sahabat Wanita, untuk Sahabat wanita yang baru dikaruniai Si Kecil tentunya sudah tidak sabar untuk mengajaknya pergi berlibur menggunakan mobil pribadi ya. Selain pergi berlibur, Sahabat juga bisa memperkenalkan Si Kecil kepada keluarga besar di kampung halaman Sahabat. Sahabat Wanita, perlu Sahabat ketahui, selama dalam perjalanan menggunakan mobil pribadi, selain mengasuh SI Kecil agar […]

Images

Peran Si Wiper Belakang

Sahabat, salah satu kelengkapan tambahan mobil yang sangat membantu di musim hujan ini adalah wiper pada kaca belakang. Bahkan di beberapa model mobil, fitur ini sudah menjadi kelengkapan standar. Peranannya memang penting Sahabat, terutama untuk membersihkan kaca belakang agar pandangan kita tetap jelas sewaktu mundur atau sekadar memantau keadaan di belakang mobil kita. Namun pengoperasian […]

Images

YUK, USIR SERANGGA DARI DALAM MOBIL

Sahabat pernah melihat seekor serangga berjalan santai di atas dashboard? Semut misalnya? Mungkin kalau hanya satu atau dua ekor tidak menjadi masalah besar, tapi yang menjadi masalah besar adalah kalau si semut sudah bersarang di mobil Sahabat. Ada baiknya Sahabat mengingat-ingat, pernahkah Sahabat menumpahkan makanan atau minuman? Atau mungkin Sahabat pernah parkir dibawah pohon yang […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY