Bagikan Artikel

Sebagai pengendara pemula, pasti kamu pernah mengalami kesulitan saat akan memarkirkan mobilmu, terutama untuk parkir mundur di rumah atau di pusat-pusat perbelanjaan. Parkir mundur memang dianggap sulit karena daya pandang yang kurang maksimal. Untuk kamu yang belum berpengalaman, kondisi ini dikhawatirkan bisa menyebabkan hal-hal yang tidak kita inginkan.

Namun demikian, sebagai pengendara pemula kamu harus melatih, membiasakan dan memaksakan diri untuk dapat melakukan parkir mundur dengan baik. Parkir mundur sangatlah mudah sebenarnya, yuk kita simak beberapa tips mudah berikut ini agar kamu dapat semakin piawai saat melakukan parkir mundur.

Baca juga: Parkir Pararel Itu Mudah

Kuasai Area Parkir

Letakkan tangan kananmu di posisi roda kemudi pada posisi jarum jam 12. Lepaskan tangan kiri, lalu menolehlah ke belakang untuk melihat area parkir yang ada dibarengi juga dengan melirik kanan-kiri untuk melihat kondisi tempat parkir dan ke mana kamu akan bergerak mundur.

Pahami Arah Berbelok

Trik lain yang dapat membantu kamu melakukan parkir mundur adalah dengan mengetahui arah kemudi saat mundur. Ini akan sangat membantu kamu menggerakkan bagian belakang mobilmu. Saat kamu ingin mobilmu mundur ke kanan, maka roda kemudi harus diputar ke kanan. Begitu juga sebaliknya. Hal ini memang akan sedikit rumit, tapi bila kamu sering berlatih parkir mundur, maka kamu akan semakin terbiasa.

Untuk kamu yang memiliki mobil jenis Hatchback, saat berlatih parkir mundur, berkendaralah dengan pintu bagasi yang terbuka. Ini akan memudahkan kamu untuk melihat ke arah mana mobilmu akan bergerak. Kalau kamu semakin sering melakukan latihan ini, maka kamu akan terbiasa dan semakin memahami pergerakan mobil saat mundur.

Gunakan Rem

Penggunaan rem akan membantu kamu saat mengendalikan mobilmu melakukan parkir mundur. Misalnya, ketika kamu menginjak pedal gas terlalu keras, tentu rem harus diinjak dengan teratur. Hal itu sangat diperlukan agar saat melakukan parkir mundur di gedung parkir tidak ada kejadian salah pedal yang mengakibatkan mobil mundur dan terjun bebas ke lantai bawah.

Lihat Ke Depan

Saat parkir mundur, perhatian kamu pasti lebih tertuju pada kondisi di belakang mobil. Namun, hal ini tidak menjadi alasan untuk tidak menoleh ke depan. Kamu harus tetap melihat depan meskipun dalam kondisi mobil mundur. Ini sama seperti ketika kamu wajib melihat spion saat melaju normal.

Bagian depan mobil juga harus dilihat secara sekilas saja. Ketika berbelok mundur, bisa saja moncong mobilmu menyenggol sesuatu di depan. Untuk itu, saat melihat ke depan, perhitungkan pula bahwa moncong mobil bebas dari halangan apapun ketika mobil mundur.

Jangan Tegang dan Terburu-buru

Jangan tegang dan ingin buru-buru selesai. Kedua hal itu memang selalu menghantui sebagian pengendara pemula saat parkir mundur. Sebaiknya, kamu santai saja dan jangan terburu-buru. Lakukan parkir mundur dengan perlahan namun pasti.

Itu dia Sahabat, beberapa trik yang membuat parkir mundur sangatlah mudah. Yuk latih terus kemampuan parkir mundurmu agar semakin piawai dalam berkendara!

 

 

 

Images

Manfaat Rotasi Ban

Sahabat sudah tentu setuju ya, bahwa ban adalah bagian yang sangat penting karena bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Oleh karenanya, Sahabat pasti juga menyadari bahwa, ban juga memegang peranan penting saat kita berkendara. Dengan demikian Sahabat sudah pasti harus merawat ban dengan baik agar perjalanan Sahabat bersama keluarga dan orang-orang terkasih menjadi aman dan lancar. […]

Images

Asuransi Kendaraan, Mengapa Penting?

Yippy… Tabungan sudah cukup dan bonus akhir tahun sebentar lagi dibagikan. Saatnya membeli Daihatsu baru di outlet-outlet jaringan Astra Daihatsu. Bagi Sahabat yang baru membeli kendaraan, mungkin bertanya-tanya: apa perlunya berasuransi? Saya kan nyetirnya hati-hati. Pertanyaan serupa barangkali juga masih suka terlontar dari Sahabat yang sudah pernah membeli kendaraan baru, dengan pertanyaan yang juga sama. […]

Images

Cara Mudah Mengatasi Kaca Berembun

Sahabat, salah satu masalah berkendara di saat hujan adalah kaca mobil yang berembun. Embun pada kaca mobil terjadi karena adanya perbedaan suhu di dalam dan di luar mobil secara siknifikan. Selain itu, AC yang bermasalah juga bisa menjadi penyebabnya. Banyak orang menganggap sepele masalah kaca mobil yang berembun. Padahal, embun pada kaca mobil cukup membahayakan […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY