Bagikan Artikel

Sahabat, apakah kamu termasuk dalam golongan orang yang beranggapan bahwa parkir pararel itu sejenis ‘horror’? Saat kamu sedang mencari parkir di pusat-pusat perbelanjaan, terutama di akhir pekan dan masih tanggal muda, hampir dipastikan lahan parkir penuh. Jika sudah begitu, mau tidak mau kamu harus memarkir mobilmu secara paralel.

Saat kamu akan melakukan parkir paralel, biasanya selalu merasa dikejar waktu. Mengingat banyak mobil lain di belakangmu sudah mengantre untuk parkir. Belum lagi ulah pengendara yang tidak sabaran dan main klakson. Sebenarnya, parkir pararel itu mudah lho Sahabat apabila kamu mencoba beberapa tips sebagai berikut:

Baca juga: Hindari Parkir Di-Bawah Terik Matahari

Perhatikan Area Parkir

Pertama-tama, yang harus kamu lakukan adalah memastikan bahwa area parkir atau ruang kosong itu muat untuk mobilmu. Selanjutnya, posisikan mobilmu berhenti dengan posisi pilar B berada sejajar dengan bumper belakang mobil depan ruang kosong itu

Pilar B sendiri adalah satu titik yang posisinya berada di belakang pintu atau sejajar dengan penyangga safety belt bagian depan dari suatu mobil. Ini diperlukan karena pilar B itu biasanya adalah titik tengah rata-rata dari sebuah mobil.

 

Pahami Arah Belok

Setelah pilar B mobilmu berada sejajar dengan bumper belakang mobil depan, langkah selanjutnya adalah membelokkan stir terlebih dahulu. Membelokkan stir sebelum menjalankan mobil sangat penting dalam parkir paralel karena mobil memiliki radius putar tertentu. Hal itu diperlukan untuk mempersingkat radius putar mobil. Kalau tidak dilakukan, maka akan menyulitkan saat kamu masuk ke area kosong itu.

Saat kamu sudah membelokkan stir ke kiri (misalnya posisi parkir paralel berada di sebelah kiri jalan), pindahkan tuas perseneling ke R. Jalankan mobilmu untuk mundur perlahan-lahan, kemudian ketika ban depan mobil sudah berada sejajar dengan bumper belakang mobil di depan, mulailah ‘banting’ stir ke arah yang berlawanan dan sesuaikan dengan ruang pakir yang ada.

 

Kendalikan Rem Saat Parkir

Saat mundur memasuki ruang kosong itu, kamu harus benar-benar menguasai rem agar tidak menabrak mobil di belakang. Untuk itu, biasakanlah kakimu untuk selalu aktif mengoprasikan semua pedal yang ada.

Jika kamu melakukan teknik parkir mobil paralel itu dengan tepat, kamu pasti akan terhindar dari kesulitan dan menghemat waktu. Latihlah kemampuanmu di lingkungan rumahmu beberapa kali hingga lancar. Selamat mencoba ya Sahabat!

 

 

Images

Hal Yang Perlu Dilakukan Setelah Perjalanan Jauh Dengan Mobil

Halo Sahabat, kita jumpa lagi di tahun 2019. Bagaimana perjalanan liburan akhir tahunnya? Pasti lancar dan menyenangkan karena menggunakan Daihatsu ya. Sahabat meskipun perjalanan liburannya lancar, ternyata ada beberapa hal yang perlu dilakukan setelah perjalanan jauh dengan mobil. Seperti tubuh kita, setelah bekerja keras tentunya perlu istirahat cukup dan pemulihan stamina, demikian pula dengan mobil. […]

Images

Mengetahui Umur Ban

Halo Sahabat, apakah Sahabat pernah memperhatikan dinding atau sidewall ban Daihatsu milik Sahabat? Kalau Sahabat perhatikan, selain merk dan ukuran ban, di sana juga tercetak kode untuk waktu atau kapan ban itu dibuat. Dari situ lah, Sahabat dapat mengetahui umur ban Daihatsu milik Sahabat. Untuk membaca ukuran ban tidaklah sulit Sahabat, misalkan pada dinding ban […]

Images

Mengenal Jenis Jenis Kaca Mobil

Halo Sahabat, apakah Sahabat pernah memperhatikan tulisan kecil di sudut bawah kaca mobil Sahabat? Selain merk, tulisan tersebut memuat informasi mengenai tahun pembuatan dan jenis kaca tersebut. Biasanya jenis kaca standart yang dipakai oleh pembuat mobil ada dua macam, dibedakan dari sruktur dan fungsi yang berbeda, hal tersebut dimaksudkan agar keselamatan penumpang di dalam kendaraan […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY