Bagikan Artikel

Sahabat, sudahkah kamu menemukan lokasi atau tujuan liburanmu bersama keluarga? Kalau sudah dan kamu berencana untuk menggunakan mobil pribadi, maka tidak ada salahnya untuk memeriksa kondisi mobilmu terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan agar perjalanan liburanmu lebih aman dan nyaman tanpa ada kendala apapun.

Nah, berikut ini ada beberapa tips sederhana pemeriksaan terakhir menjelang berangkat berlibur yang dapat kamu lakukan sendiri:

 

Periksa Ruang Mesin

Hidupkan mesin dan dengarkan suaranya, apakah terdengar normal atau tidak. Pastikan juga mengecek minyak rem, minyak kopling, cairan radiator, aki, oli mesin serta air wiper telah terisi sesuai dengan takarannya. Jika kamu masih awam untuk mengeceknya sendiri, kamu bisa datang ke bengkel resmi Astra Daihatsu.

Periksa Lampu-Lampu

Hidupkan lampu mobilmu dan perhatikan kondisinya. Periksa semua kondisi lampu senja, lampu utama, lampu jauh, lampu belakang, lampu rem, lampu sein, lampu mundur dan lampu kabut (fog lamp). Pastikan semuanya bekerja dengan baik.

Pastikan Wiper

Pastikan wiper mobilmu masih berfungsi dengan sempurna. Jangan lupa memastikan bagian karet wiper masih bagus dan mampu membersihkan dengan cepat. Gantilah dengan yang baru apabila sudah getas apalagi sobek.

Pastikan Ban Dalam Kondisi Layak

Kamu harus melihat bagian tapak dan kembangan ban apakah masih dalam kondisi baik atau tidak. Jangan segan untuk mengganti ban yang sudah tidak layak pakai agar perjalananmu nyaman, dan jauh dari kecelakaan akibat kondisi ban buruk. Pastikan pula tekanan angin ban sesuai dengan anjuran pabrikan di Buku Manual Kepemilikan Kendaraan.

Perkakas Pendukung

Jangan lupa membawa perkakas pendukung seperti dongkrak (kalau perlu bawalah 2 set dongkrak), ban cadangan, kunci palang, kotak P3K, kabel jumper aki serta alat darurat lainnya. Perangkat tersebut akan sangat dibutuhkan saat mobilmu mengalami kondisi darurat saat dalam perjalanan.

Pastikan AC Mobilmu Berfungsi Dengan Baik

Jangan lupa untuk memeriksa kondisi AC. AC justru lebih dibutuhkan pada saat hujan agar kaca mobilmu tidak berembun. Periksa juga semua panel pada dashboard serta tombol-tombol pada kabin apakah semua berfungsi dengan normal.

Lakukan Tes Drive

Agar kamu lebih yakin, lakukanlah test drive pada mobilmu sekurang-kurangnya 3 hari sebelum keberangkatan agar kamu bisa merasakan respon mobil baik setir, ban, suspensi dan lain-lainnya. Kalau masih ada yang kurang meyakinkan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan Service Advisor dari bengkel resmi Astra Daihatsu.

 

Demikian Sahabat, beberapa tips dan langkah sederhana pemeriksaan terakhir menjelang berangkat berlibur. Selamat berlibur ya Sahabat!

 

 

 

 

Images

TIPS MERAWAT TRANSMISI OTOMATIS

Sahabat, mobil dengan transmisi otomatis semakin diminati pada masa sekarang ini. Salah satu faktornya adalah karena kondisi jalan di kota-kota besar yang bertambah macet. Mengendarai mobil dengan transmisi otomatis memang lebih praktis dan menyenangkan di tengah-tengah kemacetan, karena kita tidak perlu repot-repot menginjak kopling dan memindah-mindahkan gigi perseneling. Untuk Sahabat yang memiliki mobil dengan transmisi […]

Images

Mudik Nyaman Dengan Bayi Dan Balita

Sahabat, perjalanan panjang mudik membawa bayi dan balita dengan mobil pribadi pasti akan memberikan tantangan tersendiri. Risiko terjebak macet, bosan, bayi dan balitamu rewel, bukan tak mungkin akan kamu hadapi. Bagaimana agar perjalanan mudik nyaman bagi bayi dan balitamu? Mudah-mudahan uraian berikut ini dapat membuat perjalanan mudikmu bersama bayi dan balita menjadi lebih nyaman. Saat […]

Images

Tambah Peredam Agar Kabin Lebih Senyap

Sahabat Daihatsu, salah satu faktor penunjang kenyamanan dalam berkendara adalah kesenyapan kabin dimana suara berisik dari luar dapat nyaris tidak terdengar dari dalam kabin. Salah satu cara untuk meminimalisir suara berisik masuk ke dalam kabin adalah dengan tambahkan peredam suara agar kabin lebih senyap. Dengan kabin yang lebih senyap, sudah pasti tingkat kenyamanan akan bertambah […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY