Bagikan Artikel

Sahabat, sudahkah kamu menemukan lokasi atau tujuan liburanmu bersama keluarga? Kalau sudah dan kamu berencana untuk menggunakan mobil pribadi, maka tidak ada salahnya untuk memeriksa kondisi mobilmu terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan agar perjalanan liburanmu lebih aman dan nyaman tanpa ada kendala apapun.

Nah, berikut ini ada beberapa tips sederhana pemeriksaan terakhir menjelang berangkat berlibur yang dapat kamu lakukan sendiri:

 

Periksa Ruang Mesin

Hidupkan mesin dan dengarkan suaranya, apakah terdengar normal atau tidak. Pastikan juga mengecek minyak rem, minyak kopling, cairan radiator, aki, oli mesin serta air wiper telah terisi sesuai dengan takarannya. Jika kamu masih awam untuk mengeceknya sendiri, kamu bisa datang ke bengkel resmi Astra Daihatsu.

Periksa Lampu-Lampu

Hidupkan lampu mobilmu dan perhatikan kondisinya. Periksa semua kondisi lampu senja, lampu utama, lampu jauh, lampu belakang, lampu rem, lampu sein, lampu mundur dan lampu kabut (fog lamp). Pastikan semuanya bekerja dengan baik.

Pastikan Wiper

Pastikan wiper mobilmu masih berfungsi dengan sempurna. Jangan lupa memastikan bagian karet wiper masih bagus dan mampu membersihkan dengan cepat. Gantilah dengan yang baru apabila sudah getas apalagi sobek.

Pastikan Ban Dalam Kondisi Layak

Kamu harus melihat bagian tapak dan kembangan ban apakah masih dalam kondisi baik atau tidak. Jangan segan untuk mengganti ban yang sudah tidak layak pakai agar perjalananmu nyaman, dan jauh dari kecelakaan akibat kondisi ban buruk. Pastikan pula tekanan angin ban sesuai dengan anjuran pabrikan di Buku Manual Kepemilikan Kendaraan.

Perkakas Pendukung

Jangan lupa membawa perkakas pendukung seperti dongkrak (kalau perlu bawalah 2 set dongkrak), ban cadangan, kunci palang, kotak P3K, kabel jumper aki serta alat darurat lainnya. Perangkat tersebut akan sangat dibutuhkan saat mobilmu mengalami kondisi darurat saat dalam perjalanan.

Pastikan AC Mobilmu Berfungsi Dengan Baik

Jangan lupa untuk memeriksa kondisi AC. AC justru lebih dibutuhkan pada saat hujan agar kaca mobilmu tidak berembun. Periksa juga semua panel pada dashboard serta tombol-tombol pada kabin apakah semua berfungsi dengan normal.

Lakukan Tes Drive

Agar kamu lebih yakin, lakukanlah test drive pada mobilmu sekurang-kurangnya 3 hari sebelum keberangkatan agar kamu bisa merasakan respon mobil baik setir, ban, suspensi dan lain-lainnya. Kalau masih ada yang kurang meyakinkan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan Service Advisor dari bengkel resmi Astra Daihatsu.

 

Demikian Sahabat, beberapa tips dan langkah sederhana pemeriksaan terakhir menjelang berangkat berlibur. Selamat berlibur ya Sahabat!

 

 

 

 

Images

Jangan Gunakan Rem Tangan Di Lampu Merah

Secara tidak sengaja, kamu sebagai pegendara mobil pasti pernah melakukan beberapa kebiasaan yang sebenarnya tidak dibenarkan. Salah satunya adalah saat kamu berhenti di lampu merah, kamu pasti ingin memberikan kesempatan kakimu untuk bersantai dari semua pedal terutama pedal rem dengan menggunakan parking brake atau rem tangan. Ternyata Sahabat, kebiasaan itu dinilai cukup membahayakan untuk pengemudi dan pengendara […]

Images

Mengenali Gejala Kerusakan Tie Rod

Apakah Sahabat merasakan adanya getaran saat membelokan stir? Getaran ini akan sangat terasa pada tangan Sahabat yang memegang stir, boleh jadi hal itu menjadi gejala kerusakan Tie Rod. Lantas, apakah Tie Rod itu? Tie Rod adalah bagian dari perangkat kaki-kaki berupa sejenis penghubung antara roda depan kanan dan kiri, sehingga keduanya dapat bergerak selaras saat […]

Images

Mengenali Gejala Kerusakan Shock Absorber

Hai Sahabat. Apakah ada diantara Sahabat yang merasakan kalau pengendalian mobilnya menjadi berkurang saat melaju melewati marka jalan atau permukaan jalan yang bergelombang? Mobil terasa berjalan terhuyung-huyung dan timbul suara-suara berisik dari arah roda saat melintasi lubang atau gundukan? Ada kemungkinan shock absorber mobil Sahabat sudah rusak atau lemah. Untuk dapat mengenali gejala kerusakan shock […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY