Bagikan Artikel

Sahabat Daihatsu, musim liburan akhir tahun ajaran sekolah akan segera tiba. Ditambah lagi dengan sudah mulai beroprasinya jalan tol Trans Jawa yang membuat perjalanan liburan dengan menggunakan mobil pribadi semakin cepat dan nyaman, maka liburan dengan menggunakan mobil pribadi menjadi sangat diminati dan memang lebih praktis. Mengapa lebih praktis? Karena di tempat tujuanmu nanti, kamu tidak perlu repot-repot mencari angkutan umum pada saat bepergian di sana.

Saat liburan nanti, ada baiknya periksa kondisi mobil sebelum dan sesudah dipakai berlibur. Karena beberapa komponen dipastikan sudah berkurang performanya dan mungkin ada juga beberapa bagian yang sudah mulai bermasalah. Pemeriksaan sebelum berangkat, kita sarankan agar dilakukan supaya di perjalananmu nantinya lancar, aman dan tidak terkendala. Sedangkan pemeriksaan setelah berlibur, diperlukan untuk mengembalikan mobilmu ke kondisi prima dan siap untuk dipakai beraktifitas harian kembali.  Setidaknya, ada enam komponen mobilmu yang harus kamu periksa, antara lain:

 

Radiator

Memeriksa radiator merupakan hal paling mendasar ketika kamu akan dan sudah melakukan perjalanan jarak jauh. Cobalah periksa apakah air radiator masih cukup banyak dan berada di ambang batas maksimal. Seperti kita ketahui, radiator merupakan komponen mobil yang berfungsi untuk mendinginkan suhu mesin mobil.

Ban mobil

Perjalanan jarak jauh sudah pasti akan ‘memakan’ ban mobil. Kita perlu memeriksanya sebelum dan sesudah melakukan perjalanan panjang berlibur. Periksalah dengan seksama apakah ban mobilmu masih layak pakai, dan jangan sampai lupa untuk memeriksa tekanan angin ban apakah sudah sesuai dengan Buku Manual Kepemilikan Kendaraan Bermotor.

Kopling

Untuk mobil dengan transmisi manual, memeriksa kopling adalah sebuah keharusan sebelum dan sesudah digunakan untuk perjalanan jarak jauh apalagi kalau terkena macet dan melalui banyak tanjakan curam. Untuk memeriksa apakah ada kendala pada bagian kopling atau tidak, caranya sangatlah mudah.

Coba rasakan apakah ada perbedaan pada saat perpindahan gigi, apakah sering terjadi slip atau justru transmisi susah dipindahkan. Jika terjadi demikian, maka segera ganti kampas kopling mobilmu di Bengkel Resmi Astra Daihatsu.

Oli Mesin, Gardan Dan Oli Transmisi

Bagian penting lainnya adalah oli mesin, gardan (untuk mobil dengan sistim gerak roda belakang seperti Xenia, GranMax atau Luxio) dan transmisi. Coba periksa apakah ketiganya masih layak pakai. Periksalah di bengkel-bengkel resmi Astra Daihatsu dan kalau kalau odometermu sudah menunjukkan angka yang dekat dengan waktu penggantian oli, gantilah saat itu juga agar perjalanan liburanmu tidak direpotkan dengan keharusan mengganti oli.

Aki

Komponen lain yang juga tidak kalah penting untuk diperiksa adalah aki (accu). Apabila aki yang digunakan adalah aki basah, coba periksa apakah kekurangan air atau tidak. Bukan hanya itu, periksa juga bagian terminal dan kualitas air aki. Biasanya, aki dalam kondisi baik memiliki angka 12 sampai 13 Volt jika diukur menggunakan voltmeter saat mesin dalam kondisi mati.

Rem

Sahabat, jangan pernah mengabaikan pengecekan rem sebelum dan sesudah menempuh perjalanan jauh. Lakukan pemeriksaan ketebalan kampas serta volume minyak rem, lihat juga apakah ada ciri-ciri kebocoran atau tidak. Jangan karena lupa melakukan pemeriksaan, rem mobil tidak bisa difungsikan saat dikendarai. Berbahaya!

 

Demikian Sahabat, beberapa tips dan langkah sederhana untuk memeriksa kondisi mobilmu sebelum dan sesudah berlibur bersama keluarga. Selamat berlibur ya Sahabat!

Images

Bahaya Kelebihan Atau Kekurangan Angin Ban

Sahabat, tentunya kamu sudah faham bahwa ban adalah satu-satunya bagian dari mobilmu yang bersentuhan langsung dengan permukaan aspal. Oleh karenanya, ban mobilmu juga membutuhkan perawatan dan perhatian dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan selalu memperhatikan dan mengontrol tekanan angin ban. Penting untuk kamu ketahui, tekanan angin pada ban mobil berbeda-beda. Roda depan dan belakang, […]

Images

TIPS MERAWAT TRANSMISI OTOMATIS

Sahabat, mobil dengan transmisi otomatis semakin diminati pada masa sekarang ini. Salah satu faktornya adalah karena kondisi jalan di kota-kota besar yang bertambah macet. Mengendarai mobil dengan transmisi otomatis memang lebih praktis dan menyenangkan di tengah-tengah kemacetan, karena kita tidak perlu repot-repot menginjak kopling dan memindah-mindahkan gigi perseneling. Untuk Sahabat yang memiliki mobil dengan transmisi […]

Images

Jangan Gunakan Rem Tangan Di Lampu Merah

Secara tidak sengaja, kamu sebagai pegendara mobil pasti pernah melakukan beberapa kebiasaan yang sebenarnya tidak dibenarkan. Salah satunya adalah saat kamu berhenti di lampu merah, kamu pasti ingin memberikan kesempatan kakimu untuk bersantai dari semua pedal terutama pedal rem dengan menggunakan parking brake atau rem tangan. Ternyata Sahabat, kebiasaan itu dinilai cukup membahayakan untuk pengemudi dan pengendara […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY