Bagikan Artikel

Sahabat, saat kita akan melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil untuk mudik atau sekedar liburan, ada baiknya kamu menambahkan beberapa perkakas untuk melengkapi perkakas wajib yang biasanya sudah merupakan bawaan mobil.

Semua perkakas itu sebenarnya bersifat ‘jaga-jaga’ di situasi darurat yang bisa datang kapan saja. Oleh sebab itu, yuk kita siapkan beberapa perkakas tambahan yang penting untuk mobilmu.

 

Kit Sederhana Untuk Menghadapi Ban Bocor
Kit (sekumpulan alat-alat) sederhana ini cukup bermanfaat. Biasanya berisi kompresor udara dengan selang dan lem untuk menambal kebocoran ban jenis tubeless. Selain kompresor dan lem, biasanya kit ini juga dilengkapi dengan beberapa alat khusus untuk memasukkan lem ke dalam lubang ban yang bocor tadi. Pelajarilah dengan seksama buku petunjuknya agar memperoleh hasil yang diinginkan.

Dongkrak Kedua/Cadangan
Dongkrak memang sudah menjadi perkakas standar pada saat mobil keluar dari pabrik atau dealer. Ada baiknya kamu menambahkan satu dongkrak lagi sebagai ‘back up’ apabila dongkrak yang ada mengalami kegagalan fungsi, atau pada saat ban mobilmu terperosok ke dalam parit sehingga membutuhkan dua buah dongkrak.

Jaket berpendar
Kondisi darurat dapat terjadi baik siang maupun malam hari. Visibilitas jalan bagi setiap orang pun berbeda-beda apalagi di malam hari. Maka dengan membawa jaket berpendar alias jaket yang bisa memantulkan cahaya ketika terkena lampu akan sangat bermanfaat pada saat membetulkan mobil di malam hari.

Pengisi Daya
Pengisi daya untuk smartphone juga dirasa penting karena ketika kita kehabisan baterai smartphone dan cadangan daya di dalam powerbank juga habis, smartphone bisa dicolok ke lubang pengisi daya di mobilmu.

Bohlam Cadangan
Bohlam cadangan juga harus kamu siapkan, untuk berjaga-ajag apabila ada bohlam yang mati/putus saat dalam perjalanan. Kita juga harus sering memeriksa kondisi lampu apakah masih hidup atau sudah mati. Karena dapat membahayakan diri kita dan pengendara lain, contohnya pada saat mengerem dan bohlam lampu rem mati, bisa saja kita ditabrak dari belakang.

APAR (Alat Pemadam Api Ringan)
APAR menjadi salah satu peralatan yang sangat penting dan harus ada di dalam mobil pada saat perjalanan jauh. Saat terjadi kebakaran, misalnya akibat dari hubungan arus pendek kelistrikan mobil, APAR akan sangat membantu.

Itulah Sahabat, beberapa perkakas tambahan yang penting untuk mobilmu. Usahakan untuk melengkapinya sebelum berangkat liburan atau mudik. Selamat berlibur ya Sahabat!

 

 

Images

Berbuka Puasa Di Jalan

Hai Sahabat, selamat memasuki bulan Suci Ramadhan ya! Di awal-awal bulan Puasa, sebelum jadwal bukber (buka bersama) mendera, kamu pasti ingin selalu berbuka bersama keluarga di rumah. Tetapi, sempitnya waktu dan kemacetan jalan di sore hari membuat keinginan tersebut jarang dapat terpenuhi, khususnya untuk kamu-kamu yang tinggal di kota besar. Sering kali keinginan tersebut terhalang […]

Images

Mengenali Gejala Kerusakan Shock Absorber

Hai Sahabat. Apakah ada diantara Sahabat yang merasakan kalau pengendalian mobilnya menjadi berkurang saat melaju melewati marka jalan atau permukaan jalan yang bergelombang? Mobil terasa berjalan terhuyung-huyung dan timbul suara-suara berisik dari arah roda saat melintasi lubang atau gundukan? Ada kemungkinan shock absorber mobil Sahabat sudah rusak atau lemah. Untuk dapat mengenali gejala kerusakan shock […]

Images

Seputaran Shock Breaker

Sahabat, waktu melewati lubang mobilmu kok gedebukan? Suara kaki-kakinya berisik sekali ya. Wah jangan-jangan shock breaker-nya sudah kena tuh! Apa itu shock breaker? Shock breaker adalah sebuah komponen yang berfungsi menjaga kestabilan mobilmu, serta meredam guncangan saat mobilmu melintasi jalan bergelombang ataupun rusak. Kalau kita lihat fungsinya, bisa dibilang shock breaker memiliki peranan penting dalam menunjang mobilitas […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY