Bagikan Artikel

Selain pemeriksaan secara menyeluruh di bengkel resmi Astra Daihatsu, sebelum berangkat liburan atau mudik ada baiknya kamu mempersiapkan perkakas di mobil dengan baik. Kenapa? Karena insiden dapat terjadi di waktu dan tempat yang tak diharapkan. Seperti ban bocor, aki soak dan lain sebagainya. Kamu sebaiknya dapat mengatasi seraya menunggu bantuan datang dengan bantuan beberapa perkakas penting. Berikut ini adalah perkakas wajib saat perjalanan jauh, yang harus ada di mobilmu.

 

Dongkrak

Kalau ban mobilmu bocor di tengah jalan, sudah pasti kamu butuh dongkrak. Dongkrak harus selalu disimpan di dalam mobil setelah digunakan. Dongkrak tak hanya berfungsi untuk mengganti ban saja, tapi juga sangat bermanfaat untuk melakukan perbaikan darurat terutama untuk komponen yang terdapat di bagian kolong mobil. Dongkrak juga bisa digunakan untuk membantu mengembalikan ban mobil yang terperosok ke parit, kembali ke jalan.

Kunci Roda Dan Tool Set

Kunci roda masing-masing mobil bisa saja berbeda. Itu sebabnya, sama seperti dongkrak, pastikan kunci roda mobilmu selalu disimpan di dalam mobil setelah digunakan. Simpan juga tool set berupa obeng dan kunci soket dalam beberapa ukuran. Peralatan ini bermanfaat untuk mengencangkan baut maupun komponen mobil lainnya. Tak hanya orang yang suka ‘ngoprek’ mobil sendiri yang wajib punya peralatan ini. Karena mengencangkan baut aki atau mengencangkan clamp selang radiator, adalah pekerjaan sederhana yang harusnya bisa dilakukan oleh siapa saja.

Kabel Jumper

Saat aki mobilmu soak dan bengkel mobil terdekat sudah tutup karena libur lebaran. Kabel jumper akan menjadi sangat berguna. Kamu bisa meminta waktu pemilik kendaraan lain yang parkir di tempat kamu beristirahat untuk membantu. Cukup hubungkan kabel jumper dari aki mobilmu ke aki mobil  lain yang berkondisi baik dan mobilmu bisa hidup kembali. Diamkan mesin untuk hidup langsam beberapa lama dan berikan waktu kepada alternator untuk mengisi kembali energi baterai. Setelah beberapa lama, matikan mesin dan diamkan. Lalu coba hidupkan kembali. Kalau mesin menyala normal berarti aki mobilmu masih sehat. Lanjutkan perjalanan kembali! Kalau mesin susah hidup, berarti aki mobilmu sudah lemah. Kamu bisa melakukan jumper kembali untuk sementara dan membawa mobil ke bengkel mobil atau rest point darurat yang banyak disediakan brand mobil sepanjang jalur mudik selama lebaran untuk menukar dengan aki yang baru.

Peralatan Lainnya

Selain beberapa perkakas penting tadi, ada juga beberapa perkakas lain yang wajib disimpan di mobilmu. Saat malam hari, senter akan sangat berguna mulai dari mencari cincin yang jatuh di dalam kabin mobil sampai menerangi ruang mesin saat melakukan perbaikan. Selain senter, penting juga untuk membawa botol kosong. Botol ini bisa digunakan untuk membawa bahan bakar jika mobilmu kehabisan bensin di tengah jalan. Atau bisa kamu gunakan untuk mengisi air radiator kalau air radiatormu sangat kurang volumenya.

 

Itulah Sahabat, beberapa perkakas wajib saat perjalanan jauh yang harus ada di mobilmu. Selamat berlibur ya Sahabat!

Images

Memilih Velg After Market

Kamu pastinya selalu ingin agar mobilmu tampil keren dan lain daripada yang lain kan. Hal tersebut bisa kamu lakukan dengan modifikasi sederhana yaitu dengan mengganti velg bawaan dengan velg after market. Tapi Sahabat, memilih velg after market tidak bisa dilakukan sembarangan. Banyak pertimbangan yang perlu kamu ketahui. Kenapa? Karena velg dan ban mobil sangat berkaitan dengan faktor […]

Images

Merawat Pintu Geser

Halo Sahabat. Terutama untuk Sahabat yang memiliki Daihatsu Luxio dan GranMax Minibus / Blind Van. Bagaimana Sahabat? Memiliki Minibus dengan pintu geser ternyata sangat praktis dan menyenangkan ya. Bukaan pintu dapat maksimal terutama saat parkir di area parkir pusat-pusat perbelanjaan dan tempat rekreasi lainnya. Bukaan pintu geser yang maksimal ini sangat membantu saat Sahabat naik […]

Images

Mengatasi Goresan Ringan Pada Mobil

Sahabat, salah satu resiko berkendara adalah kecelakaan ringan. Sebagai contoh adalah ‘senggolan’ dengan kendaraan lain. Kondisi tersebut biasanya mengakibatkan goresan atau baret pada bodi mobilmu. Baret pada mobilmu tentunya akan mengurangi nilai estetika dan dapat membuat suasana hati menjadi buruk. Untuk mengatasi goresan ringan pada mobil, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan dengan mudah. […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY