Bagikan Artikel

Hai Sahabat, berkendara dengan menggunakan AC saat cuaca panas terik memang sangat nyaman ya. Pada masa sekarang ini, sebagian besar mobil yang dijual sudah dilengkapi dengan AC atau pendingin udara. Tidak seperti pada sekitar tahun 1980an dimana AC masih merupakan opsi tambahan yang sangat mahal harganya. Sahabat, tahukah kamu kalau di dalam sistem pendingin itu terdapat gas pendingin yang disebut sebagai freon. Fungsi dari freon ini sangatlah penting, karena kalau freon ini berkurang volumenya, maka kinerja dari sistem pendingin mobil pun tidak maksimal alias kurang dingin. Seperti yang diketahui bersama, freon AC akan mengalir di dalam pipa yang kemudian disirkulasikan oleh kompresor AC.

Untuk mengetahui apakah freon mobilmu masih dalam batasan volume idealnya, kamu pasti akan membawa mobilmu langsung ke bengkel. Tentu hal tersebut akan mengeluarkan banyak biaya, terlebih kalau terkena akal-akalan bengkel nakal. Untungnya, ada cara mudah yang bisa kamu lakukan sendiri untuk mengetahui kondisi freon mobilmu.

Sahabat, pemeriksaan paling mudah adalah dengan melihat pada bagian pipa yang ada lubang kacanya. Posisi lubang kaca sendiri pada umumnya terletak di balik kap mesin di atas semacam botol berwarna aluminium yang disebut ‘dryer’. Lubang tersebut dapat menunjukkan apakah freon AC masih bagus atau tidak.

Kalau freon kurang dari batas volume ideal atau bahkan sudah habis atau malah terdapat kebocoran, di dalam lubang kaca tersebut akan terlihat busa putih (butek). Sedangkan dalam keadaan normal tidak akan terlihat busa putih saat AC dihidupkan.

Cara tersebut seringkali dilupakan, karena dianggap tidak penting. Padahal dengan mempraktikkan cara tersebut, kamu dapat melihat kesehatan AC mobil. Tidak hanya itu saja, apabila setelah dilakukan pengecekan ternyata terdapat kebocoran pada pipa, selang atau evaporator (rumah tawon), freon akan cepat habis bahkan dalam hitungan jam, jadi percuma saja jika terus menerus menambah isi freon.

 

Images

Merawat Dashboard

Halo Sahabat, sudahkah kamu merawat dashboard mobilmu dengan baik? Dashboard meskipun letaknya di dalam kabin, tetap harus dirawat dengan baik. Posisi dashboard yang langsung terkena sinar matahari, dapat membuat warna dashboard berubah menjadi kusam atau retak, terutama saat kamu memarkir mobilmu dalam waktu yang lama di bawah terik sinar Matahari. Selain itu, debu di dalam […]

Images

Perkakas Tambahan Yang Penting Untuk Mobilmu

Sahabat, saat kita akan melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil untuk mudik atau sekedar liburan, ada baiknya kamu menambahkan beberapa perkakas untuk melengkapi perkakas wajib yang biasanya sudah merupakan bawaan mobil. Semua perkakas itu sebenarnya bersifat ‘jaga-jaga’ di situasi darurat yang bisa datang kapan saja. Oleh sebab itu, yuk kita siapkan beberapa perkakas tambahan yang penting […]

Images

Gejala Alternator Bermasalah

Halo Sahabat, sudah kenalan dengan yang namanya Alternator? Kalau belum, yuk kita kenalan dengan yang namanya Alternator. Alternator, atau yang masih disebut dengan ‘Dinamo’ oleh beberapa orang, adalah sebuah alat yang membangkitkan listrik untuk keperluan listrik pada mobil. Listrik tersebut diperlukan untuk menghidupkan lampu-lampu, AC, klakson, wiper, head unit audio dan video serta lain-lainnya. Alternator […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY