Bagikan Artikel

Sahabat, waktu melewati lubang mobilmu kok gedebukan? Suara kaki-kakinya berisik sekali ya. Wah jangan-jangan shock breaker-nya sudah kena tuh! Apa itu shock breaker? Shock breaker adalah sebuah komponen yang berfungsi menjaga kestabilan mobilmu, serta meredam guncangan saat mobilmu melintasi jalan bergelombang ataupun rusak.

Kalau kita lihat fungsinya, bisa dibilang shock breaker memiliki peranan penting dalam menunjang mobilitas kendaraanmu. Oleh karenanya, komponen ini harus mendapatkan perhatian ekstra. Tujuannya adalah agar kamu dan penumpang selalu merasa nyaman saat berkendara.

Perawatan shock breaker mobil memang mencakup banyak hal. Namun, ada tiga cara paling mudah yang dapat kamu lakukan untuk menjaga shock breaker mobilmu agar tetap optimal dan awet. Seperti apa perawatannya? Yuk kita simak uraiannya di bawah ini.

 

1. Bersihkan dari kotoran

Posisinya yang berada di kolong mobil membuat shock breaker mudah sekali kotor. Terutama di musin penghujan, banyak kotoran yang dapat menempel di shock breaker. Misalnya tanah, pasir, debu bahkan aspal (tar).

Kotoran yang menempel pada shock breaker dikhawatirkan akan menggores bagian as shock breaker (berwarna chrome mengkilat) mobil kesayanganmu. Kalau kamu diamkan, dipastikan lama kelamaan dinding shock breaker juga akan lecet dan akhirnya tergerus. Inilah yang menyebabkan kebocoran pada shock breaker.

Selain itu, air hujan yang menempel juga bisa membuat karat di sejumlah bagian shockbreaker. Bahkan, karat tersebut bisa menyerang bagian ring tempat bushing karet dan baut dudukan shock breaker.

Agar terhindar dari masalah tersebut, ada baiknya kamu segera membersihkan bagian kaki-kaki mobil, khususnya setelah melintas di jalan dalam kondisi hujan. Bersihkan dengan air bersih dan sabun agar hasilnya lebih maksimal.

 

2. Selalu periksa karet pelindung (karet abu) shock breaker

Masuknya kotoran ke dalam atau bagian lain dari shock breaker berhubungan juga dengan kondisi karet pelindung shock braeker. Pastikan kamu selalu mengecek kondisi karet pelindung shock breaker agar tetap bersih dari kotoran. Jika karet pelindung sobek, otomatis kotoran akan mudah masuk ke dalam dinding shock breaker. Akibatnya bisa mengganggu kerja dari shock breaker mobilmu.

 

3. Jangan kelebihan muatan

Satu hal lagi yang harus kamu perhatikan untuk menjaga keawetan shock breaker adalah dengan membatasi muatan mobil. Jangan sampai, muatan mobil melebihi kapasitas yang telah ditentukan. Karena, shock breaker memiliki batasan beban maksimal yang sanggup ditahannya. Kalau dipaksakan, bukan tak mungkin shock breaker mobilmu akan mengalami kebocoran, bahkan ‘mati’ atau patah per.

 

Nah demikianlah Sahabat, beberapa tips perawatan dan seputaran shock breaker yang dapat kita simak. Semoga berguna ya Sahabat!

 

 

 

Images

Kalau Mogok Jangan Panik

Sahabat, seperti kita bersama ketahui mogok adalah mimpi buruk setiap pengemudi. Yang pertama kali terpikirkan olehmu biasanya adalah kehabisan bahan bakar. Tapi, saat dilihat ternyata indikator bahan bakar menunjukkan bahwa isi tangki mobilmu masih penuh. Kondisi ini pasti akan pengemudi merasa panik, terlebih lagi bagi yang kurang paham dengan mesin mobil. Sahabat, kalau mogok jangan panik, […]

Images

BERKENDARA JARAK JAUH

Halo Sahabat, tak terasa bulan ini sudah memasuki bulan November, artinya liburan akhir tahun sudah dekat tinggal satu bulan lagi. Di akhir tahun nanti, Pemerintah Indonesia menjanjikan bahwa akan ada banyak rute jalan bebas hambatan yang sudah dapat digunakan artinya berkendara saat jauh dengan menggunakan mobil pribadi akan lebih cepat dan menyenangkan. Sahabat, tidak ada […]

Images

Cara Mudah Membersihkan Filter AC

Sahabat, lazimnya semua mobil sudah dilengkapi dengan filter AC dalam kabin pada masa sekarang ini. Filter AC bertugas untuk selalu membuat udara di dalam kabin terasa nyaman saat kita hirup. Ini karena filter AC dalam kabin mempunyai fungsi utama menyaring udara yang keluar lewat lubang AC agar udara tetap bersih dan sehat pada saat kita […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY