Bagikan Artikel

Sahabat, mobil dengan transmisi otomatis semakin diminati pada masa sekarang ini. Salah satu faktornya adalah karena kondisi jalan di kota-kota besar yang bertambah macet. Mengendarai mobil dengan transmisi otomatis memang lebih praktis dan menyenangkan di tengah-tengah kemacetan, karena kita tidak perlu repot-repot menginjak kopling dan memindah-mindahkan gigi perseneling.

Tips merawat transmisi otomatis

Untuk Sahabat yang memiliki mobil dengan transmisi otomatis, berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat agar tetap awet dan nyaman digunakan:

  1. Rutin Periksa dan Ganti Oli Transmisi
    Sahabat, penggantian oli transmisi biasanya dilakukan berdasarkan jarak tempuh. Umumnya oli transmisi otomatis diganti setiap 50 ribu Km. Tapi kalau Sahabat pengguna mobil yang aktif, sebaiknya lebih sering mengganti oli, semisal setiap 40 ribu Km.Sahabat juga perlu memeriksa warna oli transmisi otomatis. Oli yang dalam keadaan baik berwarna merah. Kalau oli berwarna hitam, segeralah ganti oli. Sementara kalau Sahabat melihat oli berwarna cokelat susu tandanya oli Sahabat tercampur air. Agar lebih aman, selalu lakukan perawatan berkala di bengkel resmi Astra Daihatsu agar kondisi Oli Transmisi selalu terjaga.
  2. Pindahkan Ke N Saat Lampu Merah
    Saat Sahabat berhenti di lampu merah, tempatkan posisi tuas transmisi pada posisi netral (N). Jika Sahabat sering membiarkan tuas transmisi di posisi Drive (D) sama saja Sahabat membiarkan kanvas kopling mobil terus bergesekan. Kondisi kanvas yang aus mengganggu kinerja transmisi otomatis.
  3. Jangan Tancap Gas Mendadak
    Saat mulai berjalan, jangan langsung menginjak pedal gas dalam-dalam. Hal tersebut dapat mengganggu kualitas katup solenoid. Sistem di perangkat transmisi otomatis membutuhkan beberapa detik untuk menghasilkan tekanan dari oli ke konverter torsi. Jika proses tersebut belum selesai dan sudah menerima tekanan besar, sudah dipastikan katup solenoid akan rusak.

Selamat berkendara ya Sahabat, tetap sabar dan saling menghormati antar sesama pengguna jalanan adalah yang utama. Happy driving!

Images

Maksimalkan Usia Pakai Aki

Sahabat, aki berperan sangat penting pada saat mobil pertama kali dihidupkan, karena aki adalah satu-satunya sumber listrik untuk menghidupkan motor starter. Rata-rata aki mobil dapat bertahan selama 2 sampai 5 tahun tergantung pada merek dan perilaku pemakainya. Namun begitu, usia aki bisa kita maksimalkan Sahabat… Simak tips sederhananya di bawah ini: Pastikan semua peralatan elektronik […]

Images

Memanaskan Mesin Mobil Dengan Benar

Halo Sahabat. Kamu pastinya sudah tau kan kalau memanaskan mobil sebelum kita gunakan bepergian merupakan suatu menu wajib. Memang, ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa memanaskan mobil sudah tidak diperlukan lagi untuk mobil-mobil lansiran baru. Tapi perlu kamu ingat, mesin mobil akan bekerja secara optimal di suhu ideal yang sudah ditetapkan oleh pabrikan. Tujuannya jelas […]

Images

Mencuci Mobil Dengan Baik

Hai Sahabat, di musim penghujan ini tentunya Sahabat akan lebih sering mencuci mobil ya. Setelah dipakai berhujan-hujan, tentunya tampilan mobil menjadi kurang sedap dipandang akibat kotoran dan lumpur yang menempel di sekujur bodi mobil. Meskipun Sahabat sudah sering mencuci mobil, ada kemungkinan cara yang digunakan masih kurang tepat. Nah bagaimana sih, cara mencuci mobil dengan […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY