Bagikan Artikel

 

Hai Sahabat Komunitas, apa kabarnya? Pasti kabar baik ya! Hari ini ada rencana touring kemana? Kemanapun tujuan touring bersama dengan Komunitas harus tetap mengutamakan keselamatan ya. Sahabat, berkendara menggunakan mobil secara beriring-iringan tidaklah mudah. Ada banyak hal yang harus diperhatikan agar keselamatan penumpang di tiap mobil yang berada dalam rombongan tersebut tetap selamat. Sahabat juga tidak boleh hanya mementingkan keselamatan rombongan saja, Sahabat juga harus membuat pengguna jalan lainnya tetap merasa nyaman dan aman. Berikut ini adalah beberapa tips touring bersama komunitas yang mungkin berfaedah untuk Sahabat:

  1. Sebagai pengemudi Sahabat diharuskan untuk memahami dan menguasai mobil yang digunakannya untuk iring-iringan. Kondisi mobil tersebut juga harus prima baik mesin, pengereman, dan lainnya.
  2. Apabila mobil-mobil yang melakukan iring-iringan berbeda dimensinya satu sama lainnya, pastikan mobil dengan dimesi kecil berada di barisan depan kemudian yang berdimensi sedang dan yang paling belakang adalah yang berdimensi besar. Tujuannya adalah untuk meminimalisir blindspot.
  3. Jaga kecepatan setiap mobil yang ada di dalam rombongan tetap sama. Kecepatan aman maksimal saat melakukan iring-iringan adalah 60 km/jam. Sahabat juga harus menjaga jarak aman antar kendaraan. Pastikan juga tiap pengemudi memiliki kemampuan reaksi mengerem dengan baik dan dapat melakukan pengamatan dengan cermat. Jangan lupa untuk menentukan titik dimana rombongan iring-iringan harus beristirahat.
  4. Pastikan semua pengemudi dalam iring-iringan mengetahui arah dan tujuan lokasi berikut route yang diambil, carilah route paling pendek dan paling sedikit persimpangan atau traffic light. Jangan pernah menerobos lampu merah sekalipun persimpangan dalam keadaan sepi.
  5. Ada baiknya, Sahabat juga mengenali daerah tujuan tersebut beserta perilaku pengemudi atau pengguna jalan di daerah tersebut. Ada baiknya Sahabat menghindari daerah dengan lalu lintas padat atau banyak memiliki titik-titik keramaian.

Sahabat, semoga tips aman touring bersama komunitas di atas tadi dapat bermanfaat ya. Selain itu, pastikan Sahabat sudah mendownload aplikasi Astra Daihatsu Mobile di smartphone Sahabat, karena dapat dipakai untuk memanggil layanan Emergency Road Assistance pada saat terjadi keadaan darurat selama 24 jam 7 hari seminggu bahkan di hari libur dan hari raya sekalipun. Aplikasi tersebut dapat Sahabat download dari App Store dan Play Store secara gratis. Untuk Sahabat yang belum men-download aplikasi Astra Daihatsu Mobile, silahkan klik link berikut ini: http://bit.ly/2Oq3ptd

Images

Periksa Kondisi Mobilmu Sebelum Dan Sesudah Dipakai Berlibur

Sahabat Daihatsu, musim liburan akhir tahun ajaran sekolah akan segera tiba. Ditambah lagi dengan sudah mulai beroprasinya jalan tol Trans Jawa yang membuat perjalanan liburan dengan menggunakan mobil pribadi semakin cepat dan nyaman, maka liburan dengan menggunakan mobil pribadi menjadi sangat diminati dan memang lebih praktis. Mengapa lebih praktis? Karena di tempat tujuanmu nanti, kamu […]

Images

Bepergian Aman untuk Sahabat Wanita

Bepergian degan mobil pribadi memang lebih nyaman daripada menggunakan kendaraan umum. Namun jika Sahabat adalah seorang wanita, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan agar bisa berkendara dengan aman . Simak tips berikut yang spesial untuk Sahabat wanita: Periksa Sebelum Bepergian Penting bagi Sahabat wanita untuk selalu memeriksa kendaraan sebelum bepergian, seperti kondisi ban, bahan bakar, […]

Images

Maksimalkan Usia Pakai Aki

Sahabat, aki berperan sangat penting pada saat mobil pertama kali dihidupkan, karena aki adalah satu-satunya sumber listrik untuk menghidupkan motor starter. Rata-rata aki mobil dapat bertahan selama 2 sampai 5 tahun tergantung pada merek dan perilaku pemakainya. Namun begitu, usia aki bisa kita maksimalkan Sahabat… Simak tips sederhananya di bawah ini: Pastikan semua peralatan elektronik […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY