Bagikan Artikel

Sahabat, liburan sekolah dan Lebaran sebentar lagi akan tiba. Pada tahun 2019 ini, liburan sekolah dan Lebaran sngat berdekatan dan ada kemungkinan akan menjadi satu musim liburan yang lebih panjang dari biasanya. Oleh karena itu, yuk rencanakan liburan dan mudikmu dengan baik.

Sebagaimana sudah menjadi tradisi di Indonesia, liburan Lebaran atau yang biasa kita sebut dengan mudik, diisi dengan acara kumpul-kumpul keluarga besar di kampung halaman. Dan karena pada tahun ini liburan sekolah dan liburan Lebaran berdekatan maka dapat kita lanjutkan dengan berlibur ke berbagai tempat wisata.

Dengan telah beroprasinya banyak ruas jalan tol baru, maka mobil pribadi menjadi salah satu alat transportasi yang nyaman dan makin banyak diminati oleh keluarga Indonesia untuk digunakan pada saat berlibur dan mudik. Oleh karena itulah, mobilmu harus dalam kondisi siap dan aman saat akan digunakan untuk perjalanan jauh. Sebelum memulai perjalanan jauh ada baiknya kamu memeriksakan mobilmu ke bengkel-bengkel resmi Astra Daihatsu dan kalau odometermu menunjuk pada angka yang sudah dekat untuk service berkala, ada baiknya kamu melakukan service berkala lebih cepat agar saat liburan nanti kamu tidak direpotkan untuk melakukan service. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan beberapa hal berikut agar liburanmu dan keluarga berjalan lancar dan menyenangkan.

 

Rencanakan Rute Perjalananmu Dengan Baik
Sebelum berangkat, putuskan terlebih dahulu kota atau tempat lain yang akan kamu kunjungi. Buatlah prioritas dan buatlah rencana rute sekali jalan tidak bolak balik. Dengan begitu kamu dapat menghindari rute-rute yang terlalu jauh atau tempat yang tidak perlu kamu kunjungi.

Selalu Kenakan Sabuk Pengaman
Selama berkendara, kamu harus mengenakan sabuk pengaman terlepas dari apakah kamu bepergian antar kota atau di dalam kota. Hal itu juga berlaku untuk penumpang yang duduk di depan maupun yang di belakang.

Gunakan Kursi Anak (Child Car Seat)
Untuk kamu yang akan pergi liburan dan mudik dan membawa bayi atau anak kecil, selalu gunakan Child Car Seat. Menempatkan anak di pangkuan atau memakaikan sabuk pengaman orang dewasa kepada anak-anak dapat membahayakan mereka.

Gunakan Lampu Dengan Bijak
Jangan lupa untuk selalu menggunakan lampu sein ketika akan berbelok atau berpindah jalur,  dan jangan menyalakan lampu jauh dan fog lamp kecuali diperlukan. Gunakanlah lampu hazard hanya pada kondisi darurat dan hindari penggunaan yang bukan pada tempatnya (nyalakan lampu hazard pada saat hujan atau di dalam terowongan).

Pastikan Bahwa Kondisimu Dalam Kondisi Fit
Selain kondisi tubuh yang fit, kamu harus cukup tidur sebelum mengemudi. Bila kamu melakukan perjalanan panjang, berhentilah setiap dua atau tiga jam untuk beristirahat dan melakukan senam peregangan.

Selalu Siaga Pada Setiap Kondisi
Berhati-hati terhadap mobil yang diparkir di sepanjang sisi jalan atau sepeda motor dan pejalan kaki yang tiba-tiba bergerak ke arah jalan raya.

Perhatikan Batas Kecepatan
Berkendaralah dengan kecepatan yang normal. Perhatikan batas kecepatan minimal dan maksimal di setiap jalan tol. Biasanya, batas kecepatan minimal adalah 60Km/jam dan batas kecepatan maksimal adalah 80Km/jam. Mendahului hanya melalui jalur kanan dan selalu kembali ke jalur kiri. Jangan pernah melaju di bahu jalan karena konstruksi bahu jalan tidak dibuat untuk dilalui mobil dengan kecepatan tinggi.

Lengkapi Peralatanmu
Sebelum berlibur, periksalah kotak perlengkapanmu, beberapa item yang harus ada dan siap digunakan adalah:  kotak P3K, dongkrak kedua, ban cadangan, lampu cadangan, senter, kunci-kunci atau tool kit lainnya sebagai tindakan antisipasi selama perjalanan. Bila perlu kamu dapat mebawa pompa ban elektrik dan pengisi daya aki dengan ukuran kompak.

Pastikan Perjalanan Anda Tetap Menyenangkan
Perjalanan saat libur panjang sangat menguras tenaga dan emosi karena kemacetan lalu lintas dan memakan waktu hingga berjam-jam. Jangan terpancing dengan ulah pengendara agresif, hindari konfilik dan tempatkan kesopanan berkendara sebagai yang utama. Jangan lupa untuk selalu menyediakan juga makanan ringan dan minuman yang cukup agar penumpang tidak kelaparan dan dehidrasi dalam perjalanan. Bawa juga beberapa mainan kesenangan Si Kecil agar dia tidak merasa cepat bosan.

 

Itu dia Sahabat, beberapa tips sederhana yang dapat kamu lakukan sebelum memulai perjalanan liburan dan mudikmu. Selamat berlibur ya Sahabat!

 

 

 

 

 

 

Images

Cara Mudah Mengatasi Kaca Berembun

Sahabat, salah satu masalah berkendara di saat hujan adalah kaca mobil yang berembun. Embun pada kaca mobil terjadi karena adanya perbedaan suhu di dalam dan di luar mobil secara siknifikan. Selain itu, AC yang bermasalah juga bisa menjadi penyebabnya. Banyak orang menganggap sepele masalah kaca mobil yang berembun. Padahal, embun pada kaca mobil cukup membahayakan […]

Images

Manfaat Head Rest Yang Sebenarnya

Sahabat, kalau kamu perhatikan desain sebuah mobil itu tidak hanya soal keindahan saja. Tapi juga menyangkut soal teknologi keselamatan. Banyak komponen dari sebuah mobil mobil yang sengaja dibuat untuk mengurangi risiko saat terjadinya kecelakaan. Produsen sudah sangat memikirkan dengan matang agar pengemudi dan penumpang dapat dengan nyaman saat berkendara dan terhindar dari resiko fatal saat […]

Images

Mencegah Pecah Ban Di Jalan Tol

Halo Sahabat, sudah tahu belum kalau sebagian besar kondisi jalan Tol Trans Jawa itu menggunakan jenis beton cor sebagai permukaan jalannya atau dikenal dengan sebutan ‘Rigid Pavement’, tanpa dilapisi aspal? Kondisi itu ternyata membuat ban cepat aus dan panas sehingga potensi terjadinya pecah ban sangat besar. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kamu […]

Comments

No comments entry.

LEAVE A REPLY